Tips Membuat Pohon Mangga di Halaman Berbuah Lebat

6 Feb 2024 15:52 114 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Membuat Pohon Mangga Di Halaman Berbuah Lebat

Mangga atau mempelam adalah nama salah satu jenis buah yang terbanyak ada di Indonesia, dimana diketahui bahwa mangga termasuk ke dalam genus mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dan family anacardiaceae dan kata mangga itu sendiri berasal dari Bahasa Tamil yaitu mankay yang berarti man adalah pohon mangga dank ay adalh buah. Pohon ini pertama kali berasal dari daerah di sekitar perbatasan India dengan Burma, dan mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekitar 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah seperti pelem atau poh, di Jawa, poh di Bali dan paok di Sasak. Pohon mangga berperawakan besar yang rata-rata dapat mencapai tinggi hingga 30 m atau lebih meski kebanyakan mangga pekarangan hanya sekitar 15 m atau kurang. Batang tegak bercabang kuat, dengan daun-daun lebat membentuk tajuk yang indah berbentuk kubah, oval atau memanjang dengan diameter sampai 10 m. Kulit batangnya tebal dan kasar dengan banyak celah-celah kecil dan sisik-sisik bekas tangkai daun. Warna kulit batang yang sudah tua biasanya cokelat keabuan, kelabu tua hingga hampir hitam. Buah mangga pada dasarnya merupakan golongan buah rendah kalori, dimana dalam satu buah mangga hanya terkandung sekitar 100-110 kalori, kendati demikian buah ini kaya akan antioksidan (polifenol dan betakaroten) serta sejumlah nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan. Dalam sebutir buah mangga terkandung aneka nutrisi berikut : serat, karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin E, folat, kalsium, magnesium, lkalium dan fosfor.

Untuk dapat memastikan buah mangga di halaman rumah anda berbuah lebat dan banyak maka pastikan memberikan perawatan secara optimal seperti perhatikan penyiraman secara teratur, pemupukan sesuai dengan jadwal dan penempatan pohon di lokasi yang mendapatkan sinar matahari cukup. Pemangkasan yang tepat juga sangat diperlukan guna merangsang pertumbuhan cabang-cabang baru, selain itu pertahankan kebersihan area sekitar pohon untuk mencegah penyakit dan hama.

Memiliki pohon mangga berbuah lebat di halaman rumah adalah impian semua ibu-ibu rumah tangga dan akan menjadi kebanggaan semua anggota keluarga seperti halnya petani buah mangga yang membudidayakan pohon mangga dalam skala besar di kebun mangga.

Pohon mangga berbuah lebat tentaunya menjadi kebanggaan tersendiri apalagi kalau buah mangga tersebut berbuah lebat sampai mendekati tanah. Nah tersebut di bawah ini kami berikan beberapa tips berkebun untuk meningkatkan produktivitas tanaman mangga agar berbuah lebat dan banyak. Semau telah dilansir melalui YouTube @Berkebun ID.

Pupuk dan nutrisi tepat : pastikan memberikan pupuk yang tepat dan hindari pupuk nitrogen berlebihan guna mencegah pertumbuhan tanaman yang berlebihan dan minim buah.

Pemangkasan running : pemangkasan cabang sejak tanaman mangga kecil dapat merangsang pertumbuhan cabang baru, membuat tanaman semakin rimbun dan berbuah lebih banyak.

Perawatan ranting tempat bunga muncul : rawatlah ujung-ujung ranting sebagai tempat munculnya bunga. Pastikan bersih, terkena sinar matahari, dan lakukan penyemprotan insektisida secara berkala.

Pengendalian pengairan : atur penyiraman dengan bijak, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit air, hindari kekurangan air yang dapat menghentikan pembungaan dan pembuahan.

Sediakan pollinator : pastikan penyerbukan optimal dengan menyediakan pollinator seperti lebah. Angin yang tepat dan lingkungan yang mendukung penyerbukan juga menjadi kunci keberhasilan buah yang lebat.

Semoga bermanfaat.

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel