Tips Menyuburkan Tanaman Hias Aglonema dengan Menggunakan Bawang Merah

4 Dec 2023 13:00 244 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Menyuburkan Tanaman Hias Aglonema Dengan Menggunakan Bawang Merah

Bawang merah dikenal sebagai salah satu bahan bumbu di dapur yang banyak mengandung kalium, magnesium, fosfor dan sejumlah nutrisi penting lainnya yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman hias khususnya tanaman hias aglonema. Dalam hal ini bawang merah memiliki manfaat utama adalah untuk memberikan rangsangan pertumbuhan tanaman aglonema baik itu pada akar, batang maupun daunnya. Selain itu bawang merah juga memegang peranan penting dalam menyuburkan tanaman khususnya aglonema.

Dilansir dari kanal YouTube @Kualan Adventure Rabu (15/November/2023), berikut di bawah ini adalah cara penggunaan bawang merah yang memiliki khasiat luar biasa bagi tanaman hias khususnya tanaman hias aglonema yang saat ini sedang viral di media sosial karena memiliki banyak penggemar sehingga bisa dijual dengan harga mahal.

Cara penggunaan bawang merah untuk membuat tanaman hias aglonema tumbuh subur dan memiliki daun yang cantik adalah sebagai berikut : dengan fokus menggunakan bawang merah yaitu dengan memanfaatkan daging yang sudah dikupas dari kulitnya. Untuk membuat larutan, iris atau haluskan daging bawang merah dan tambahkan ke dalam air bersih secukupnya dengan takaran seimbang 1:1. Takaran bawang merah yang direndam bergantung pada penggunaan berapa banyak tanaman aglonema yang akan dipupuk atau disiram dengan larutan ini. Diamkan larutan tersebut selama maksimal 24 jam untuk mencampurkan cairan bawang merah ini dengan air. Ingat sangat penting penggunaan takaran yang pas. Jangan berlebihan dimana ini penting untuk memperhatikan penggunaan takaran yang sesuai agar nantinya tidak merusak tanaman. Penggunaan yang berlebihan dapat mengakibatkan racun bagi tanaman aglonema. Jangan lupa hindari kontak langsung dengan daun atau tunas-tunas kecil karena cairan bawang merah dapat menyebabkan daun aglonema yang baru tumbuh menjadi menguning lalu layu.

Perhatikan juga masalah frekuensi penggunaan. Disarankan menggunakan larutan bawang merah secara rutin namun tidak setiap hari. Bagi tanaman aglonema yang berusia dewasa dengan ukuran besar, cukup gunakan larutan ini seminggu sekali saja. Untuk tanaman yang lebih kecil, gunakan dua minggu sekali sudah cukup.

Perhatian selanjutnya adalah penyiraman pada pagi hari. Larutan bawang merah lebih baik disiram pada waktu pagi hari karena tanaman aglonema cenderung sedang berfotosintesis pada waktu ini, sehingga nutrisi dapat secara langsung diserap oleh tanaman.

Jika sudah dilakukan dengan cara yang benar maka hasil yang diamati adalah efek dari penggunaan bawang merah akan terlihat dalam beberapa minggu atau bahkan satu bulan. Tunas baru dan daun yang lebih subur akan mulai muncul. Pastikan untuk tidak terlalu sering menyiram tanaman dengan larutan bawang merah agar tidak membahayakan pertumbuhan tanaman.

Pemanfaatan yang lainnya adalah dengan kulit bawang merah, cangkang telur dan air cucian beras. Dikutip dari Channel YouTube hobi bunga, Selasa (3/5/2022), berikut ini cara membuat pupuk alami untuk aglonema agar tumbuh rimbun dan subur beserta cara pengaplikasiannya. Siapkan kulit bawang merah yang masih agak basah sebanyak satu genggam atau sekitar lima sampai delapan gram. Gunakan kulit bawang merah lebih tajam hasilnya. Dalam hal ini kulit bawang berfungsi sebagai zat perangsang tumbuh (ZPT) yang merangsang pertumbuhan akar, daun, maupun tunas dari tanaman hias aglonema. Selanjutnya siapkan cangkang telur atau kulit telur yang sudah tidak terpakai sebanyak tiga sampai empat cangkang telur. Pastikan cangkang telur telah dijemur terlebih dahulu guna menghilangkan sisa lengket dari telur. Cangkang telur mengandung lebih dari 90 persen kalsium yang berguna untuk memperkuat batang, daun dan mengokohkan akar tanaman aglonema. Juga cangkang telur membuat pH netral pada media tanam. Karena pH yang terlalu asam atau keasaman yang terlalu tinggi pada media tanam akan dapat merusak tanaman. Tetapi jika keasaman kurang akan membuat tanaman kerdil. Jadi dalam hal ini cangkang telur menjadikan pH atau keasaman pada media tanam menjadi netral. Bahan terakhir yang perlu disiapkan adalah dua liter air cucian beras. Air cucian beras mengandung vitamin B1 dalam jumlah besar yang dapat merangsang tunas, pertumbuhan akar, dan juga menghilangkan stress ada tanaman.

Cara membuat : rendam lima hingga delapan gram kulit bawang merah dalam satu liter air selama 1 hari hingga air rendaman kulit bawang merah berubah menjadi sedikit kemerah-merahan. Lalu tumbuk hingga halus tiga sampai empat cangkang telur yang sudah dijemur. Masukkan cangkang telur yang sudah dihaluskan ke dalam air cucian beras kemudian aduk rata sampai tercampur. Jika sudah tercampur dengan sempurna lalu aduk lagi dengan merata.

Cara pengaplikasiannya adalah tinggal siramkan air larutan dari air cucian beras, cangkang telur dan air kulit bawang ke media tanam aglonema. Satu liter air untuk empat pot tanaman aglonema. Lakukan pemupukan alami ini secara rutin setiap hari satu sampai dua minggu sekali.

Dengan penggunaan yang tepat maka bawang merah dapat menjadi pupuk alami yang efektif untuk membantu pertumbuhan dan kesehatan tanaman hias aglonema.

Semoga bermanfaat.

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel