Kolaborasi Astra, Google dan Amazon Menghasilkan Ekosistem Digital Yang Kuat

29 Jan 2024 16:05 933 Hits 3 Comments Approved by Plimbi

Kolaborasi Astra, Google Dan Amazon Menghasilkan Ekosistem Digital Yang Kuat

Pada tanggal 7 November 2023 Astra melakukan penandatanganan dua perjanjian untuk melakukan kerjasama yaitu dengan Google Cloud Platform melalui Datalabs dan juga dengan Amazon Web Services guna kelancaran operasional perusahaan di masa depan. Kolaborasi yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mengeksplorasi adanya perkembangan teknologi baru dalam memperkuat ekosistem digital Astra melalui berbagai inisiatif digital yang diterapkan dalam Grup Astra.

Turut hadir dalam seremoni yang berlangsung di Menara Astra di Jakarta adalah Direktur Astra Bapak Santosa, Country Manager, Enterprise, and Public Sector Google Cloud Indonesia Bapak Anang Efendi, Presiden Direktur PT. Data Labs Analytics Bapak Mendi Susanto dan Head of Enterprise Amazon Web Services Indonesia Bapak Fanly Tanto.

Chief of Group Digital Strategy Astra Bapak Paul Soefianto menjelaskan lebih lanjut bahwa kerjasama yang telah ditandatangani tanggal 7 November lalu bersama dengan Google Cloud Platform dan Amazon Web Services memiliki tujuan untuk memperkuat ekosistem digital yang ada dalam Grup Astra setelah sebelumnya Astra juga telah menjalin kerjasama dengan Microsoft Azure. Dengan adanya kolaborasi terbaru ini, Grup Astra akan mendapatkan akses terhadap teknologi terbaik yang ada di pasar disertai dengan adanya akses terhadap servis yang ada di Google Cloud Platform dan Amazon Web Services. Dengan demikian, Grup Astra dapat meningkatkan pelayanan terbaik untuk seluruh pelanggan Astra. Kerjasama yang dilakukan ini diharapkan mampu mewujudkan kerjasama yang dapat memperkuat kolaborasi antara Google Cloud dan Astra. Dengan menghadirkan solusi Generative AI masa kini, demokratisasi data dan analisa data yang didukung dengan sistem keamanan terpercaya dari Google Cloud, maka tujuan bersama bisa diwujudkan untuk memperkuat transformasi digital dan menciptakan nilai tambah baru bagi pelanggan Astra.

Sementara itu Vice President & Managing Director ASEAN at Amazon Web Services, Conor McNamara mengaku bahwa antusias dapat bermitra dengan Astra sebagai salah satu perusahaan yang inovatif. Disertai harapan semoga kolaborasi ini dapat memperkuat transformasi digital di seluruh lini bisnis Grup Astra dalam membangun masa depan yang lebih bagus. Kolaborasi dengan Google Cloud Platform dan Amazon Web Services ini mencakup penyediaan multi-cloud, eksplorasi artificial intelligence and machine learning, demokratisasi data (sentralisasi data & keamanan data), optimasi penggunaan daya dan komputasi yang ramah lingkungan untuk inovasi keberlanjutan serta pengembangan karyawan Astra dalam pelatihan Google Cloud Platform dan Amazon Web Services.

Melalui kolaborasi dengan Google Cloud Platform, pihak Astra mendapatkan akses terhadap teknologi terbaru dari Google dan turut serta memanfaatkan ekosistem Google lainnya seperti Google Ads, YouTube, Geogle Search dan Maps guna memperoleh insight sesuai dengan kebutuhan Group Astra. Komitmen Astra dalam memperkuat ekosistem digital untuk masa kini dan masa depan Indonesia adalah sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa serta mendukung Sustainable Developtment Goals (SDGs) Indonesia.

Kolaborasi yang dilakukan berjalan antusias karena dapat bermitra dengan Astra sebagai salah satu perusahaan yang inovatif. Semoga kolaborasi ini mampu memperkuat transformasi digital di seluruh lini bisnis Group Astra dalam membangun masa depan yang lebih baik dan semakin berkembang. Kolaborasi dengan Google Cloud Paltform dan Amazon Web Services ini mencakup penyediaan multi-cloud, eksplorasi artificial intelligence dan machine learning, demokratisasi data (sentralisasi data & keamanan data(, optimasi penggunaan daya dan komputasi yang ramah lingkungan untuk inovasi keberlanjutan serta adanya pengembangan karyawan/wati Astra dalam pelatihan-pelatihan teknologi Google Cloud Platform dan Amazon Web Services.

Semoga sukses.

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel