Tips Ampuh Mengusir Hama Tikus, Kecoak, Lalat dan Nyamuk Dengan Gula

16 Nov 2023 19:15 328 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Ampuh Mengusir Hama Tikus, Kecoak, Lalat Dan Nyamuk Dengan Gula

Salah satu bahan dapur seperti gula dengan rasa manis dan aroma wangi menjadi salah satu hal yang bisa mengundang hama masuk ke dalam rumah. Serangga dan hewan pengerat menyukai gula dan remah-remahan manis sebagai sumber makanannya. Oleh karena itu, mereka akan berdatangan menuju area rumah yang terdapat gula dari aromanya yang manis. Meskipun begitu, gula ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengusir hama-hama tersebut dari rumah terutama gudang dan dapur. Cara ini ampuh dilakukan dengan mengkombinasikan gula dengan bahan-bahan yang tidak disukai hama. Lalu bagaimana cara menggunakan gula untuk mengusir hama dari rumah ?

1/ Gula dan baking soda mengusir tikus

Dikutip dari Majalah Punch (10/6/2017) lalu disebutkan bahwa gula dapat menjauhkan tikus dari tempat yang sering mereka kunjungi saat dikombinasikan dengan baking soda dimana gula atau coklat menjadi umpan yang menarik perhatian tikus sementara baking soda kue bisa beracun bagi tikus. Caranya adalah campurkan satu cangkir tepung, satu cangkir gula atau cokelat bubuk, dan satu cangkir baking soda hingga tercampur merata. Masukkan campuran tersebut ke dalam wadah lalu letakkan di area yang sering dilewati oleh hama. Perhatikan kotoran tikus karena kemungkinan besar menunjukkan area yang terserang hama tersebut. Saat tidak ada lagi kotoran tikus, artinya bahwa hewan pengerat tersebut mungkin telah mati.

2/ Gula dan baking soda usir kecoak

Campuran gula dan baking soda juga bisa digunakan untuk membasmi kecoak seperti halnya pada tikus, gula dalam hal ini sebagai umpan sementara baking soda beracun. Dikutip dari House Digest (4/6/2023), campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan yang sama kemudian masukkan ke wadah kecil dan taruh ke tempat yang diserang kecoak. Di sekitar wadah tersebut letakkan juga wadah berisikan air bersih. Bau gula akan menarik perhatian kecoak sementara baking soda kue akan membunuh serangga tersebut.Namun air juga diperlukan untuk membuat perut kecoak pecah sehingga hama tersebut terbunuh.

3/ Gula dan cuka usir lalat buah

Aroma buah yang matang akan mengundang serangga mengerubungi pohonnya. Namun dikutip dari Weekend (31/12/2012), gula dan cuka bisa digunakan untuk mengusirnya. Ada dua cara menggunakannya. Pertama-tama rendam kulit pisang dalam campuran gula dan cuka dengan perbandingan yang sama. Cara kedua adalah campurkan 0,25 ons ragi dengan 4 sdt gula dan 12 ons air atau tambahkan cuka sari apel. Masukkan rendaman dalam wadah ditutup plastik. Buat lubang di permukaan plastik sebagai jalan masuk serangga. Aroma manis akan menarik serangga masuk ke wadah dan tenggelam.

4/ Gula merah usir nyamuk

Diberitakan oleh CNET (16/8/2023), buatlah perangkap menggunakan botol yang diisi gula untuk menangkap serangga. Caranya adalah larutkan seperempat cangkir gula merah menggunakan secangkir air panas lalu tambahkan sedikit sabun cuci piring dan satu gram ragi. Masukkan cairan tersebut ke botol terbuka. Letakkan botol tadi di area gelap yang teduh agar bisa bekerja lebih baik. Jika tidak bisa, tutup atau cat plastik tersebut agar berwarna gelap.

Lakukan keempat cara tersebut di atas dengan teratur di area yang disukai untuk membuat sarang seperti gudang dan dapur bahkan di kamar tidur atau WC sehingga rumah anda terbebas dari sarang hama seperti tikus, kecoak, lalat dan nyamuk. Selain menggunakan bahan yang seadanya yang murah juga bahan ini mudah didapat dan tidak menyebabkan beracun pada anak-anak.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel