Perkawinan Silang Kucing Ras dengan Kucing Kampung Menghasilkan Keturunan yang Unik

8 Feb 2024 09:44 401 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perkawinan Silang Kucing Ras Dengan Kucing Kampung Menghasilkan Keturunan Yang Unik

Kucing ras yang kawin dengan kucing kampung akan menghasilkan keturunan yang memiliki karakteristik unik tetapi menjadi semakin menarik. Melalui proses ini akan muncul perpaduan antara keindahan dari dua jenis kucing berbeda, menciptakan kucing yang menonjolkan ciri-ciri khusus berasal dari masing-masing ras.

Kucing diketahui memang sudah menjadi hewan peliharaan favorit masyarakat karenanya tidak sedikit yang memelihara berbagai jenis baik itu kucing ras maupun kucing kampung. Dalam perjalanannya, hewan peliharaan kesayangan ini kerap terjadi pencampuran saat adanya perkawinan salah satunya adalah kucing ras kawin dengan kucing kampung. Keturunan dari hasil kawin silang tersebut dikenal dengan nama kucing mix dome. Lantaran pencampuran antara induk betina dan jantan. Ada pandangan bahwa kucing ini dianggap setara dengan kucing-kucing mahal pada umumnya yang biasa ditemukan di lingkungan rumah. Namun pada kenyataannya kucing mix dome memiliki perbedaan yang mencolok dan memiliki keindahan serta keistimewaan tersendiri daripada ras kucing lainnya. Tentu saja perlu diakui bahwa kucing mix dome dan kucing ras merupakan dua jenis kucing yang secara esensial berbeda.

Kucing ras asli mencakup kategori kucing yang resmi diakui, tercatat dan memiliki sejarah keturunan yang jelas. Ras kucing asli atau murni umumnya dipelihara meliputi jenis seperti kucing persia, kucing angora, kucing sphinx, kucing munchkin, kucing maine coon, kucing siam, kucing Scottish fold, kucing british shorthair dan yang lainnya. Membedakan antara kucing ras asli dan mix dome membutuhkan kecermatan dalam mengamati berbagai aspek mulai dari bentuk tubuh, bentuk wajah, ketebalan bulu hingga warna bulu dan pola corak bulu yang dimilikinya. Dengan hal ini anda dapat memahami bahwa kucing ras asli memiliki karakteristik tertentu yang diwariskan secara genetik. Sedangkan kucing mix dome adalah diketahui sebagai hasil perkawinan silang antara kucing berbagai ras dengan kucing kampung, sehingga menampilkan kombinasi yang unik dan memiliki khas tertentu. Nyatanya kucing mix dome atau kucing campuran memiliki sejumlah keunggulan antara lain meliputi penampilan fisik yang lucu dan memiliki bulu-bulu lebih kaya warna dan dijual dengan harga yang terjangkau. Selain itu perawatan dan pemeliharaan kucing mix dome juga dinilai lebih mudah dibandingkan dengan kucing ras asli. Kucing ras campuran yang merupakan hasil dari persilangan dengan kucing kampung biasa menunjukkan karakter yang beragam. Beberapa mungkin memiliki sifat pendiam, lebih aktif, ramah atau agak malas dan bahkan ada yang tergolong selalu manja kepada pemiliknya sehingga memberikan kesan yang lucu dan menggemaskan.

Nah jika anda menginginkan untuk memelihara hewan peliharaan yang lucu, setia, manja serta bisa dijadikan teman bermain bersama di rumah seharian maka memilih kucing mix dome dapat menjadi pilihan yang sangat tepat. Amati ciri-ciri kucing mix dome, anda dapat menemukan bahwa umumnya mereka tidak akan terlalu jauh berbeda dengan kucing ras aslinya. Sebagai contoh adalah keturunan ini seringkali menunjukkan ciri khas berupa bulu ekor yang lebat dan panjang, menciptakan tampilan yang memukau. Meskipun begitu jika anda memperhatikan bagian tubuhnya, anda akan melihat bahwa postur tubuhnya lebih mengikuti sifat genetik dari induk kucing kampung yang menjadi salah satu bagian dari persilangan ini.

Berikut ini adalah ciri-ciri dari kucing ras yang kawin dengan kucing kampung : memiliki beragam sifat yang unik, memiliki bulu tebal yang lembut, halus dan indah, ukuran tubuh lebih ideal, warna bola mata yang beragam dan cantik, harga jual terjangkau dan perawatan yang praktis dilakukan di rumah saja.

Merawat kucing mix dome melibatkan perhatian pada bulunya, apakah termasuk ke dalam kategori short hair (bulu pendek), medium hair (bulu sedang) atau long hair (bulu panjang). Dalam konteks perawatan kucing dengan bulu pendek, dianjurkan untuk menyikatnya setiap minggu guna mengurangi bulu yang rontok, kucing dengan bula sedang membutuhkan penyikatan menggunakan sisir khusus kucing bertujuan untuk menjaga agar bulunya tetap berkilau dan tidak kusut. Kucing dalam hal ini memiliki kemampuan untuk membersihkan diri secara mandiri sehingga saat merawat kucing mix dome perlu diingat bahwa proses memandikannya sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering kecuali perawatan yang lainnya.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel