Lakukan Ini Sebelum Minum Kopi di Pagi Hari Rasanya Lebih Nikmat

8 Feb 2024 09:05 348 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Lakukan Ini Sebelum Minum Kopi Di Pagi Hari Rasanya Lebih Nikmat

Minum secangkir kopi panas di waktu pagi hari dipercaya ampuh buat meningkatkan energi serta stamina guna menjalani aktivitas. Untuk alasan inilah maka tak mengherankan bila sebagian orang selalu mendambakan kopi selepas bangun tidur. Namun sebenarnya ada beberapa hal yang mesti dilakukan terlebih dahulu sebelum menyeruput secangkir kopi di pagi hari untuk memperoleh manfaat maksimal dari minum kopi itu sendiri.

Menurut ahli diet fungsional dan pakar kesehatan pencernaan Abigail Hueber dilansir dari Wellandgood menjelaskan bahwa mendukung rutinitas minum kopi pagi anda dengan beberapa praktik strategis dapat membawa perubahan besar dalam pencernaan, stress, keseimbangan hormon, energi dan banyak lagi manfaat kesehatan lainnya. Ia menambahkan saat seseorang langsung meraih secangkir kopi selepas bangun tidur, maka ini dapat mengaktifkan pelepasan hormon stress termasuk adrenalin dan kortisol yaitu salah satu hormon penting yang dikeluarkan tubuh di waktu pagi hari. Namun kafein yang didapat dari kopi saat perut kosong dapat menyebabkan pelepasan kortisol yang berlebihan. Lantas apa yang perlu dilakukan sebelum minum kopi di pagi hari ?

1/ Rehidrasi tubuh

Ketika tidur pada waktu malam hari, tubuh mengalami dehidrasi dalam semalam. Jadi sebelum menikmati kopi pagi, perlu untuk meminum minuman yang kaya mineral untuk memulihkan elektrolit tubuh. Menurut Hueber, mineral yang dimaksudkan di sini adalah potasium dan natrium yang bisa membantu mengarahkan air ke dalam tubuh untuk hidrasi optimal, serta memainkan peran utama dalam mendukung segala sesuatu mulai dari adrenal hingga gula darah dan bahkan keseimbangan hormon anda. Selain itu ia juga menyarankan untuk mencampurkan 240 ml minuman kaya potasium seperti air kelapa muda, jus lidah buaya, jeruk bali atau jus jeruk pada umumnya dengan sedikit garam untuk hidrasi pagi sebelum minum kopi.

2/ Makan serat dan protein

Kopi saat perut kosong bisa merangsang kortisol yang dapat meningkatkan gula darah. Hueber mengatakan bahwa peningkatan gula darah bisa memicu peradangan dan membuat gula darah anda naik turun sepanjang hari sehingga mengurangi energi anda. Tetapi ketika anda memulai hari dengan serat dari sumber makanan utuh, anda dapat membantu menyeimbangkan gula darah. Hueber menyarankan untuk mengkonsumsi setengah cangkir buah beri, pisang, jeruk atau kurma dengan mentega dan almond sebelum kopi pagi.

3/ Olahraga

Meskipun diketahui kafein membantu membuat latihan yang berat terasa lebih mudah, namun minum kopi sebelum pergi ke tempat latihan membuat anda merasa cemas selama berolahraga. Karena dalam hal ini kopi terutama kopi hitam dan olahraga merupakan stimulant GI dimana meminum kopi sebelum sesi berkeringat dapat membuat anda berlari ke kamar mandi sesering mungkin. Jika penundaan kafein ini terlihat tidak realistik, disarankan untuk mencoba mengurangi konsumsi kopi beberapa teguk sebelum latihan seperti biasa.

4/ Tunggu 90 menit setelah bangun tidur

Menunggu 90 menit setelah bangun tidur untuk dapat menyeruput secangkir kopi di pagi hari adalah skenario ideal. Menunda kafein selama 90 menit pertama setelah bangun tidur memberikan kesempatan hormon untuk seimbang. Hueber menjelaskn lebih lanjut bahwa dalam satu jam pertama setelah bangun tidur, idealnya kadar kolesterol anda naik dan turun secara akut dalam respons yang dikenal sebagai respons kebangkitan kortisol atau CAR. Naik turunnya kostisol ini mewakili sistem saraf yang sehat dan ini sebenarnya mempunyai pengaruh besar terhadap kesehatan kekebalan tubuh anda dan bahkan resiko perkembangan autoimun.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel