Ini Alasan Penting Mengapa Anda Rutin Backup Data

17 Nov 2023 18:10 1149 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Ini Alasan Penting Mengapa Anda Rutin Backaup Data

Bukan rahasia umum lagi jika perangkat seperti PC, laptop atau HP menjadi perangkat yang digunakan oleh banyak orang untuk menyimpan data-data penting mereka namun sayangnya tidak banyak orang yang terlalu peduli dengan keamanan data mereka dan selalu menganggap jika data mereka akan selalu aman. Padahal melakukan backup data sangatlah penting guna mengantisipasi data yang tidab-tiba hilang, entah karena terkena virus atau yang lainnya. Berikut ini beberapa alasan mengapa harus rutin mencadangkan data di perangkat anda.

1/ Data hilang

Data hilang menjadi salah satu alasan paling jelas mengapa melakukan backup sangat penting. Anda mungkin merasa jika data di penyimpanan perangkat anda aman, namun anda tidak tahu kapan penyimpanan itu bisa tiba-tiba bermasalah. Memang ada banyak aplikasi recovery di luar sana yang bisa mengembalikan data yang hilang karena terhapus misalnya, namun rata-rata mahal dan tidak bisa benar-benar mengembalikan semua data yang hilang.

2/ Backup sangat efisien

Melakukan backup bisa sangat membantu apabila anda tidak senagja menghapus file atau folder. Dengan backup maka anda menjadi bisa mendapat akses cepat ke data anda yang terhapus. Backup juga bisa menghemat waktu apabila anda tiba-tiba ingin menginstal ulang sistem operasi di perangkat anda. Alih-alih menginstal aplikasi secara manual setelah install ulang, anda bisa menggunakan aplikasi backup untuk melakukannya secara otomatis untuk kebutuhan anda.

3/ Kebocoran data

Berdasarkan laporan dari Identity Theft Resource Center, 422 juta orang terdampak kebocoran data di tahun 2022. Ini tidak hanya melibatkan perseorangan, tetapi juga perusahaan besar seperti Twitter, Microsoft dan American Airlines. Jika anda kebetulan memiliki usaha kecil dan semua data penting yang berhubungan dengan pekerjaan ada di suatu perangkat, disarankan untuk melakukan backup guna mengantisipasi kebocoran data atau semacamnya.

4/ Kerugian finansial

Kerugian finansial menjadi salah satu dampak yang bisa diperoleh jika tidak rutin melakukan backup data, terutama jika perangkat anda berisi data-data penting yang berhubungan dengan bank atau semacamnya. Parahnya lagi, jika sampai perangkat anda terkena ransomware, hacker yang menyerang perangkat anda akan meminta uang tebusan dengan jumlah besar jika anda ingin mendapatkan kembali semua data yang hilang.

5/ Membuat pikiran menjadi lebih tenang

Data yang hilang bisa saja menyebabkan kebocoran data, kerugian finansial dan memakan waktu berharga anda. Tidak hanya itu, hilangnya data juga bisa membuat pikiran menjadi frustasi dan stress. Melakukan backup data dapat membuat pikiran anda menjadi lebih tenag karena anda tahu ketika tiba-tiba data anda hilang maka anda masih bisa melakukan recovery karena sebelumnya anda telah mencadangkan data terlebih dahulu dan ini akan mempengaruhi pikiran di rumah menjadi tenang karena urusan kantor sudah dapat anda atasi dengan aman.

Semoga bermanfaat.

Tags Teknologi

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel