Tips Praktis Menebang Pohon Besar Dekat Rumah Agar Aman

15 Nov 2023 17:50 546 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Tips Praktis Menebang Pohon Besar Dekat Rumah Agar Aman

Pohon-pohon besar yang berada di dekat pagar halaman rumah keberadaannya biasanya membantu rumah menjadi teduh. Tetapi di sisi lain pohon-pohon besar yang berada posisinya di dekat rumah pasti akan mengganggu karena akarnya bisa saja masuk ke dalam rumah dan merusak pagar halaman. Bisa saja kondisi buruk ini dicegah dengan memanggil tukang potong pohon agar memotong pohon ini dengan menggunakan gergaji besi atau gergaji mesin. Namun akar pohon tersebut belum tentu mati dan masih memungkinkan tumbuh tunas-tunas baru sehingga tetap berbahaya bagi rumah terutama akarnya yang bisa mengangkat lantai rumah seperti halnya merusak pagar halaman anda.

Cara membasmi pohon besar dekat rumah saat ini banyak dicari orang tanpa perlu menebangnya. Adanya pepohona besar di pekarangan rumah mempunyai beberapa manfaat, seperti membuat suasana lebih sejuk dan asri. Pohon juga dapat dijadikan sebagai penyejuk alami. Namun tidak sedikit orang-orang justru merasa terganggu dengan adanya pohon besar di sekitar pekarang rmah dekat dengan teras lantaran menyebabkan banyaknya semut, menjadi sarang lebah, dan daunnya yang selalu berguguran membuat pekarangan terlihat kotor dan akar-akar besar bisa saja merobohkan pagar atau merusak lantai.

Ada cara yang bisa anda lakukan untuk membasmi pohon besar seperti ini apalagi pohon yang akan anda gunakan tidak produktif lagi atau memang tidak berguna. Kami akan memberikan penjelasan yang singkat tentang bagaimana cara membasmi pohon besar yang ada di sekitar rumah atau dimana saja sehingga bisa mati sampai ke akarnya seperti yang dirangkum dari channel YouTube Mbah Menur. Simak ya bersama-sama.

Sediakan bahan-bahan yang dibutuhkan sebagai berikut :

1/ Oli kotor atau oli bekas secukupnya saja

2/ Air aki secukupnya saja

3/ Kuas baru

4/ Wadah ukuran besar

Langkah pembuatan adalah :

Siapkan wadah yang tidak terlalu besar kemudian isikan dengan oil bekas atau oil kotor. Oil bekas bisa anda ambil dari sepeda motor ketika anda mengganti oli dan oli lamanya anda bawa pulang. Masukkan 1 botol air aki ke dalam oil bekas terjadi di dalam wadah kemudian anda aduk rata. Sebelum mengoleskannya ke batang pohon, maka batang pohon harus dikupas terlebih dahulu kira-kira dengan ukuran 40 CM. Setelah dikupas kemudian oleskan cairan yang sudah anda buat tadi ke batang pohon. Biarkan sampai nanti pohon mati sendiri yang ditandai dengan gugur daun dan pelapukan terjadi pada batang sehingga tidak akan tumbuh tunas baru lagi. Lakukan ini pada setiap pohon sehingga akarnya tidak mengganggu kemana-mana.

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan herbisida. Berdasarkan buku yang berjudul pembangunan pertanian membangun kemandirian pangan dalam masa bencana dan pandemic, tim dosen Faperta UGM membasmi pohon besar dekat pagar rumah dengan cara memberikan bahan yang dapat digunakan untuk mematikan pohon seperti garam. Garam yang dipakai harus mempunyai konsentrasi tinggi supaya dapat diserap akar pohon melalui proses asmosis. Jika konsentrasi garam lebih tinggi maka air yang ada di dalam pohon akan keluar. Inilah yang menyebabkan pohon menjadi kekeringan dan mati.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel