Fakta Bahwa Negara Ini Satu-Satunya Memiliki Area Hanya Perairan Saja

7 Nov 2023 14:12 434 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fakta Bahwa Negara Ini Satu-Satunya Memiliki Area Hanya Perairan Saja

Apakah anda mengenal sebuah negara di dunia ini yang tidak memiliki tanah ? Apakah bisa ? Ternyata ada sebuah negara yang areanya hanya terdiri dari wilayah perairan saja namanya adalah Sovereign Military Hospitaller Order of Saint John of Jerusalem of Rhodes of Malta atau yang populer dengan nama Sovereign Military Order of Malta.

Panasaran dengan negara unik yang ternyata benar-benar ada bukan dalam bentuk negara dogeng ? Silahkan menyimak ulasan singkat dari kami tersebut di bawah ini.

Kami kutip dari situs The Culture Trip, SMOOM adalah ordo ksatria Katolik Roma yang didirikan pada tahun 1099 di daerah Yerusalem. Pendirinya adalah Beato Gerard.

Dalam catatan sejarah ordo ini memiliki tanah dan tinggal di Israel, Siprus, Yunani, Italia, dan Malta itu sendiri. Ketika zaman di dunia semakin modern, ordo menjadi makan ditinggalkan namun negara ini masih memiliki anggota sampai saat ini sehingga ordo ksatria tertua yang masih ada di dunia tetap terjaga kelestariannya.

Anda mungkin masih merasa asing dengan negara yang satu ini ? Tapi SMOOM memang tak banyak yang mengetahui keberadaannya di dunia oleh orang-orang awam. Meskipun begitu negara ini diakui keberadaannya oleh PBB dan menjalin hubungan diplomatik formal dengan 107 negara. Dimana hampir sama dengan negara lainnya, SMOOM memiliki sebuah bendera dan sebuah lambang negara tersendiri adalah salib putih dengan latarbelakang warna merah darah. Bahasa resmi mereka adalah Bahasa Italia, dan mata uangnya adalah Scudo Malta. Namun dikabarkan mata uang mereka saat ini sudah tidak berlaku di beberapa negara lain.

SMOOM juga memiliki pemerintahan, huku, populasi, bahkan paspor dan plat nomer mobil sendiri. Pemerintahannya adalah monarki elektif dengan dipimpin oleh seorang Pangeran dan Grand Master. Populasinya ada dua orang sedangkan anggotanya sekitar 13.000 orang dan 80.000 lainnya adalah sukarelawan. Negara SMOOM diketahui baru diberi tanah pada tahun 1998. Dan bagi anda yang tertarik untuk berkunjung guna mengetahu lebih dekat kondisi budaya wisata di sini bisa mendatangi beberapa area yang dieksplor melalui Google.

Meskipun tidak memiliki tanah, SMOOM dapat dikunjungi oleh para wisatawan untuk berlibur dan ternyata ini adalah tempat yang nyaman untuk liburan karena di sini anda bisa menenmukan beberapa objek wisata yang menarik dijual murah oleh pengelolanya. Dimana diketahui meskipun negara ini tidak memiliki tanah ada beberapa tempat yang menjadi wilayah khusus diperuntukkan untuk kunjungan para wisatawan mancanegara, yakni :

1/ Palazzo Malta di Roma Italia

Palazzo Malta adalah ibukota dari SMOOM dimana tempat ini dikenal dengan nama populer adalah Palazzo di daerah Malta atau Palazzo dell’Ordine di Malta. Palazzo Malta adalah sebuah bangunan yang berfungsi sebagai markas terpenting dari negara ini. Di bagian luar bangunan terdapat bendera SMOOM yang berkibar dengan anggun ditiup angin.

2/ Villa Malta di Roma Italia

Villa Malta atau Villa del Priorato di Malta adalah kompleks perumahan bagi para biarawan agung dari SMOOM dimana meskipun letaknya berada di perbatasan Italia, tempat ini dan Palazzo Malta memiliki status ekstrateritorial. Ini disebabkan karena Italia merupakan salah satu dari 107 negara yang mengakui bahwa SMOOM adalah nyata juga Villa Malta menjadi kedutaan besar SMOOM untuk Italia.

3/ Benteng St. Angelo di Vittoriosa Republik Malta

Selain di Italia, kawasan SMOOM juga terletak di Kota Vittoriosa (Birgu) Republik Malta. Di area ini terletak Benteng St. Angelo yang merupakan wilayah terbesar dari SMOOM jika dibandingkan dengan yang lainnya. Sebagian dari Benteng St. Angelo tepatnya di bagian atas benteng disewa oleh SMOOM dengan masa sewa 99 tahun.

Semoga tertarik mengunjungi negara yang tidak memiliki tanah tersebut di atas.

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel