Apakah Sehat Bagi Kucing Jika Diberi Makan Roti

7 Nov 2023 19:15 381 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apakah Sehat Bagi Kucing Jika Diberi Makan Roti

Roti adalah salah satu jenis makanan yang bahan-bahannya mengandung karbohidrat. Maka dari itu, banyak orang yang suka mengkonsumsi roti sebagai makanan pokok pengganti nasi.

Bagi pemilik kucing terkadang anda berkeinginan untuk memberikan makanan yang anda konsumsi ke kucing-kucing peliharaan anda di rumah. Tak terkecuali saat sedang mengkonsumsi roti. Namun apakah boleh kucing-kucing peliharaan di rumah makan roti terlalu sering ? Berikut penjelasan dari kami yang perlu and abaca ulasannya di bawah ini.

Dilansir dari Petco, Minggu (29/10/2023) perlu dipahami bahwa kucing peliharaan merupakan jenis hewan karnivora obligat yang artinya kebutuhan nutrisinya akan terpenuhi dari produk hewani. Sementara itu roti merupakan makanan yang terbuat dari tumbuhan, baik itu tepung terigu, beras maupun gandum. Maka dari itu, memberikan roti ke kucing peliharaan anda di rumah tidak memberikan manfaat apapun.

Meskipun demikian anda tetap bisa memberikan makan roti ke kucing-kucing anda hanya saja jumlahnya tidak boleh berlebihan dan tidak boleh terlalu sering. Karena ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan sebelum memberikan roti ke kucing.

Pertama adalah kondisi kucing yang berbeda-beda. Terdapat kucing yang tidak mengalami masalah saat mengkonsumsi roti namun ada juga kucing mengalami gangguan pencernaan ketika makan roti. Beberapa gangguan pencernaan yang biasanya dialami kucing setelah makan roti yaitu diare, sembelit dan muntah. Aapabila kucing anda mengalami masalah tersebut setelah makan roti, maka hentikan pemberian roti ke kucing. Selain itu apabila kucing memiliki gangguan kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung atau penyakit ginjal maka jangan berikan roti.

Kedua adalah perhatikan kandungan dalam roti. Jangan berikan roti yang mengandung bahan atau rasa khusus ke kucing. Bahan-bahan yang dimaksudkan adalah bawang bombay, bawang putih, daun bawang, coklat, kismis, dan bahan makanan lain yang beresiko beracun bagi kucing. Selain itu, kucing juga jangan sampai memakan roti kacang karena kacang bisa beracun pada kucing jika dimakan berlebihan. Bahan lain yang harus dihindari yaitu xylitol dan pemanis. Aturan tersebut membuat anda harus teliti dalam melihat komposisi roti sebelum diberikan ke kucing.

Ketiga adalah jangan berikan roti mentah yang mengandung ragi. Menurut para ahli ragi bisa menyebabkan penumpukan gas di sistem pencernaan kucing. Akibatnya adalah kucing anda bisa merasa perut kembung, melilit dan menyebabkan munculnya gangguan pencernaan lainnya. Tak jarang kucing juga akan mengalami penurunan koordinasi, kesulitan bernapas, koma hingga kematian.

Kucing anda makan roti sebenarnya tidak masalah, asalkan jumlahnya tidak banyak dan frekuensinya tidak terlalu sering sebab roti sebenarnya tidak memberikan nutrisi yang dibutuhkan kucing hanya memberikan rasa kenyang saja. Pahami bahwa 90 persen kalori kucing harus berasal dari makanan khusus kucing. Maka dari itu, sebelum memberikan roti ke kucing, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan. Jika anda ingin memberikan roti ke kucing, maka batasi porsinya menjadi satu potong saja, setelah memberikan makan roti amati tingkah laku kucing anda. Apabila terdapat gejala gangguan kesehatan, maka hentikan pemberian roti ke kucing dan segera periksakan kucing ke dokter hewan.

Menurut penjelasan dari Dutch, kucing bisa memakan roti tawar yang sudah matang sempurna misalnya roti putih atau roti gandum. Selain itu roti yang tidak mengandung bahan tambahan apapun cukup aman untuk dikonsumsi kucing. Sedangkan roti yang mengandung perasa atau bahan tambahan lain seperti bawang putih, kismis, cokelat dan lain sebagainya tidak aman untuk kucing. Termasuk roti pisang, meskipun rasanya enak namun roti ini tidak bisa diberikan ke kucing.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel