Bagimana Cara Buat Apple ID Baru Atau Akun iCloud di HP Atau Laptop

13 Nov 2023 15:50 814 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Bagimana Cara Buat Apple ID Baru Atau Akun iCloud Di HP Atau Laptop

Bagi para pengguna iPhone, Macbook dan perangkat Apple lainnya perlu mengetahui bagaimana cara membuat Apple ID baru. Karena setiap pengguna perangkat Apple membutuhkan Apple ID atau biasa dikenal dengan istilah akun iCloud buat mengakses layanan Apple. ID Apple atau akun iCloud diperlukan agar bisa mengakses berbagai layanan Apple seperti mengunduh aplikasi di App Store, menyimpan data di iCloud, melacak lokasi perangkat di Find My dan masih banyak lagi yang lainnya.

ID Apple tidak didapatkan secara otomatis ketika pengguna mengaktifkan perangkat Apple. Sama seperti akun pengguna lainnya, Apple ID juga perlu dibuat secara manual. Lalu bagaimana cara membuat Apple ID ?

Bagi anda yang belum memiliki akun iCloud atau ingin menambahkannya kembali, cara membuat Apple ID baru secara umum bisa dilakukan langsung di menu pengaturan HP iPhone. Atau bisa juga dengan mengunjungi website apple.com di browser laptop.

Bila berminat untuk daftar akun iCloud maka berikut adalah penjelasan mengenai cara membuat Apple ID baru di HP dan laptop.

1/ Buat Apple ID baru di HP

Bila pengguna memakai HP iPhone maka untuk membuat Apple ID baru caranya adalah silahkan buka menu pengaturan perangkat. Lalu pilih banner Apple ID yang berada di bagian paling atas halaman menu pengaturan iPhone. Kemudian klik opsi tidak memiliki Apple ID atau lupa dan pilih buat Apple ID. Selanjutnya masukkan nama, tanggal lahir, dan alamat e-mail yang masih aktif. Setelah itu silahkan buat dan verifikasi password. Masukkan nomor telepon yang aktif untuk mengaktifkan sistem keamanan ekstra autentikasi dua faktor dan menerima kode verifikasi. Terakhir adalah masukkan kode verifikasi yang dikirim via SMS dan Apple ID berhasil dibuat.

2/ Buat Apple ID baru di laptop

Silahkan para pengguna kunjungi situs web ini : https://www.appleid.apple.com melalui browser di laptop. Selanjutnya pilih opsi create your Apple ID. Kemudian lengkapi data-data seperti nama, tanggal lahir, kewarganegaraan, alamat e-mail yang masih aktif, password dan nomer teleopn yang aktif. Kode verifikasi akan dikirm via SMS lke nomer telepon yang anda gunakan. Terakhir adalah masukkan kode verifikasi untuk mengaktivasi akun iCloud atau ID Apple.

Sebagian pengguna baru iPhone, iPad atau Macbook mungkin bakal sedikit kebingungan dengan beberapa istilah layanan Apple, seperti Apple ID atau iCloud tersebut di atas. Tak jarang kedua layanan tersebut disamakan padahal sejatinya berbeda. Apple ID adalah akun pengguna khusus untuk perangkat Apple saja. Bila di perangkat berbasis Android, Apple ID bisa dikatakan mirip dengan akun Google, akun Samsung, akun MI dan sebagainya. Fungsi dari Apple ID adalah untuk mengakses layanan utama Apple seperti mengunduh aplikasi di App Store, mengunduh lagu atau musik di iTunes, mengaktifkan fitur pencarian perangkat Find My dan masih banyak yang lainnya. Tanpa Apple ID maka perangkat Apple seperti iPhone, iPad atau Macbook tak akan bisa mengakses layanan tersebut. Sedangkan iCloud adalah layanan berbasis Cloud buatan Apple yang didesain khusus untuk perangkatnya saja dimana secara bentuk layanan, iCloud bisa dikatakan mirip dengan platform seperti Gdrive, Dropbox dan lain sebagainya. Dengan iCloud pengguna bisa mencadangkan dan memulihkan data-data pada perangkat Apple yang menjadi miliknya di Cloud kapan saja.

Semoga bermanfaat.

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel