Mengenal Lebih Dekat Tentang Ras Kucing Tanpa Bulu

23 Oct 2023 19:25 493 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Lebih Dekat Tentang Ras Kucing Tanpa Bulu

Apakah anda adalah penggemar memelihara hewan bernama kucing ? Kucing menjadi salah satu hewan yang memiliki cukup banyak ras di dunia ini. Selain ras aslinya, beberapa jenis kucing dihasilkan oleh adanya perkawinan silang antar ras, sehingga menghasilkan jenis yang baru rata-rata berbentuk lucu dan semakin menggemaskan.

Tidak ada angka pasti untuk menentukan jumlah dari ras kucing yang ada di dunia ini. Sebab jumlahnya akan bervariasi tergantung pada sumber yang digunakan yaitu dari hasil perkawinan silang yang dilakukan apakah sukses.

Dilansir dari laman Pets Radar, Asoiasi Pemelihara Kucing (CFA) mengakui sekitar 45 ras Asosiasi Kucing Internasional (TICA) mengakui ada sekitar 73 ras.

Kemudian Federation Internatinal Feline mengakui 48 ras berbeda yang telah dipecah menjadi empat kategori. Masing-masing asosiasi mengkualifikasikan ras kucing dengan cara yang berbeda-beda. Dan ini menjadi alasan utama mengapa setiap asosiasi memiliki jumlah ras yang berbeda-beda. Misalnya ada asosiasi tidak mengakui ras hibrida atau yang memiliki genetika kontroversial. Ada juga yang mencantumkan beberapa jenis kucing berbeda di bawah satu klasifikasi. Sedangkan yang lain tidak akan menerima ras ke dalam daftar ras, sampai garis keturunan mereka dapat ditelusuri kembali ke sejumlah generasi berikutnya.

Dari berbagai banyak ras kucing yang ada, salah satu yang paling unik adalah ras kucing tanpa bulu seperti Minskin, Sphynx atau Donskoy. Dilansir dari laman Daily Paws, berikut ini adalah hal yang perlu anda ketahui sebelum memelihara ras kucing tanpa bulu.

1/ Belum tentu hypoallergenic

Mungkin sebagian dari anda berpikir bahwa seseorang yang biasanya alergi terhadap kucing bisa dengan aman bermain dengan kucing tanpa bulu. Sayangnya ras kucing tanpa bulu kadang-kadang bisa juga menyebabkan hypoallergenic meskipun pada umumnya tingkat kemungkinan terjadi sangat sedikit. Memiliki sedikit atau tidak ada bulu yang rontok memang membantu, tetapi kucing yang tidak berbulu masih menghasilkan allergen yang umum ditemukan pada bulu dan air liur. Sebab ada begitu banyak komponen alergi dan sebagian orang dapat bereaksi terhadap allergen pada kulit kucing.

2/ Bukan hanra ras Sphynx

Ketika membicarakan mengenai kucing tanpa bulu, ras pertama yang akan disebut adalah kucing Sphynx. Dimana diketahui bahwa kucing Sphynx adalah ras tak berbulu yang paling populer namun ia bukanlah satu-satunya dari jenis kucing unik tersebut.  Beberapa ras kucing tidak berbulu lainnya adalah Peterbald, Donskoy, Minskin, Elf Cat, Dwelf, Ukrainian Levkoy dan Bambino.

3/ Kepribadian kucing tanpa bulu

Kepribadian setiap ras kucing tentulah berbeda-beda begitu pula dengan ras kucing tanpa bulu yang memiliki kepribadian yang sangat berbeda. Misalnya ras kucing tanpa bulu Sphynx, mereka memiliki sifat super sibuk yang lebih mirip anjing peliharaan. Namun Sphynx juga termasuk kucing yang suka pelukan dengan penuh kasih sayang dimana mereka akan selalu ingin berada di dekat pemiliknya.

4/ Cara perawatan kucing tanpa bulu

Jika memelihara ras kucing tanpa bulu, anda tidak perlu terlalu sering memandikannya sebab hal ini dapat membuat kulitnya menjadi kering. Anda juga perlu memberikan makanan bergizi dan berkualitas tinggi untuk membantu menjaga kulit mereka agar tidak berminyak. Anda membutuhkan perawatan khusus yang mungkin berbeda dari perawatan kucing pada umumnya. Oleh karena itu anda harus memastikan dokter hewan yang memahami ras tanpa bulu untuk membicarakan bagaimana perawatan yang tepat.

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel