Kucing Kurilian Bobtail Asal Rusia yang Menggemaskan

26 Oct 2023 12:35 1221 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Kucing Kurilian Bobtail Asal Rusia Yang Menggemaskan

Kurilian Bobtail adalah salah satu ras kucing dengan ciri khas ekor pendeknya yang mengembang dan unik. Dikutip dari laman Cats.com, Kurilian Bobtail berasal dari Kepulauan Kuril yang menjadi asal muasal namanya. Trah ini juga berasal dari Semenanjung Kamchatka Rusia dan Pulau Sakhalin yang terletak di wilayah geografis yang sama. Kucing ini adalah ras kucing alami artinya mereka dikembangkan melalui seleksi alam dari waktu ke waktu bukan melalui manipulasi manusia dalam bentuk apa pun.

Ras ini mendapatkan popularitas di Rusia sejak pertengahan abad ke-20 namun di luar Rusia, Eropa dan Jepang mereka belum mendapat pengakuan resmi dari Cat Fanciers Association. Ukuran Kurilian Bobtail lebih besar dari beberapa ras kucing dimana mereka pada umumnya diklasifikasikan sebagai hewan berukuran sedang hingga besar.

Dilansir dari laman WebMD, bentuk tubuhnya unik dengan tipe yang disebut semi-cobby artiya mereka memiliki tulang yang besar dan tubuh yang tebal serta dada yang lebar.

Kaki ras kucing ini cukup panjang dengan bentuk cakar yang membulat. Kepala besar dengan telinga segitiga berukuran sedang dan sedikit condong ke depan. Ekor adalah salah satu ciri paling khas dari ras Kurilian Bobtail yaitu ekor pendek yang merupakan hasil mutasi alami.

Kurilian Bobtail memiliki bulu yang lembut, halus dan cukup tebal. Ada varietas berambut pendek dan panjang yang bisa datang dalam berbagai macam warna dan pola. Ras kucing Kurilian Bobtail memiliki kepribadian yang mandiri dan menyenangkan. Mereka juga termasuk kategori ras kucing pintar. Kucing-kucing ini adalah pemburu tikus yang hebat tetapi tidak pernah agresif terhadap keluarganya, termasuk sang pemilik.

Kucing-kucing ini bisa menjadi sahabat yang lembut dan dapat dipercaya dimana mereka akan senang meringkuk di pangkuan anda atau berpelukan di tempat tidur sesering mungkin.

Dilansir dari laman the Spruce Pets, berikut ini beberapa tips untuk merawat kucing Kurilian Bobtail antara lain sebagai berikut : perhatikan perawatan diri, aktivitas fisik, serta makan dan nutrisi.

Kurilian Bobtail termasuk ke dalam kelompok kucing yang sangat cerdas dan suka mempelajari hal-hal baru. Mereka bisa dengan mudah diajari trik-trik tertentu. Secara umum ras kucing jenis ini mudah untuk diajak hidup bersama dan sifatnya menyenangkan untuk diajak bergaul. Kurilian Bobtail secara alami cukup aktif. Anda dapat membantu mereka menyalurkannya ke keluarga dengan menyediakan tempat untuk memanjat dan bertengger seperti pohon kucing dan kondominium kucing di rumah. Untuk permainan bisa memanfaatkan tongkat bulu, tikus mainan dan mainan interaktif lain. Sediakan pula tiang garukan untuk perilaku menggaruk alaminya.

Bulu-bulu Kurilian Bobtail yang halus tidak mudah kusut, sehingga mudah dirawat. Menyikat setiap minggu dengan dikat yang licin akan membantu menghilangkan rambut rontok. Anda juga hanya perlu memandikannya sesekali untuk menjaga bulu-bulu cantiknya tetap bersih dan lembut. Pangkas kuku setiap dua minggu, dan periksa bagian dalam telinganya setiap minggu. Jika telinga tampak kotor, bersihkan dengan pembersih telinga hewan peliharaan dengan menggunakan kapas dan atau kain kasa.

Jangan lupa untuk menjaga berat badan Kurilian Bobtail tetap ideal dengan mengurangi timbulnya masalah kesehatan tertentu seperti diabetes, penyakit jantung dan radang sendi. Beri makan Kurilian Bobtail anda dalam jumlah yang terukur pada waktu makan teratur (dua kali sehari untuk kucing dewasa). Hindarilah memberi makan dengan meninggalkan makanan sepanjang hari karena ini dapat menyebabkan mereka terus ngemil dan menyebabkan penambahan berat badan. Obesitas merupakan kekuatiran kucing pada umumnya dimana kucing dalam hal ini tidak boleh diberi makan berlebihan atau dibiarkan kelebihan berat badan.

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel