Cara Mengubah Durasi Slideshow Screensaver Pada Apple OS X

7 Jan 2013 19:00 2967 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apple OS X memiliki banyak fitur menarik. Salah satu fitur kecil dan sederhana yang menarik adalah *screensaver*. Cara lain untuk memanfaatkan *screensaver* adalah dengan memilih beberapa gambar di dalam Finder dan menggunakannya. Anda juga dapat mengatur *screensaver* untuk menyeret dan memilih sebuah sumber dari foto tersebut tetapi tidak dapat mengubah durasi dari transisi itu sendiri.

Apple OS X memiliki banyak fitur menarik. Salah satu fitur kecil dan sederhana yang menarik adalah screensaver. Cara lain untuk memanfaatkan screensaver adalah dengan memilih beberapa gambar di dalam Finder dan menggunakannya. Sebagai bagian dari OS X, Apple sendiri menyediakan sejumlah opsi screensaver untuk menampilkan fotografi atau gambar lainnya yang tersimpan di dalam iTunes Anda ataupun library Aperture saat sedang tidak berada di depan komputer. Opsi ini sangat menyenangkan untuk digunakan. Tetapi ada beberapa pengaturan yang terdapat untuk melakukannya.

Anda dapat mengatur screensaver untuk menyeret dan memilih sebuah sumber dari foto tersebut tetapi tidak dapat mengubah durasi dari transisi itu sendiri. Pengaturan awal durasi dari screensaver sendiri sekitar 3 detik. Tetapi beberapa orang tentu berharap dapat memiliki waktu cukup panjang untuk menampilkan foto atau gambar dalam screensaver.

Pengaturan durasi tersebut sejatinya tidak tersedia di dalam sistem Apple OS x sendiri. Tetapi Anda masih dapat melakukannya secara manual setelah melakukan perubahan setting foto untuk screensaver. Hal pertama yang Anda butuhkan untuk menjalankannya adalah sebuah program yang mampu mengedit daftar properti. Sebuah solusi cepat untuk melakukannya adalah menggunakan teks editor yang mampu mendukung otentikasi atau pembuktian keaslian sebuah produk seperti program dari TextWrengler. Program tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan editing sistem data tanpa melakukan perubahan permissions itu sendiri.

Setelah mengunduh editor teks, luncurkan lah program tersebut dan pilih Open dari menu File. Kemudian navigasikan ke tahapan selanjutnya dan carilah file bernama EffectDescriptios.plist. Lalu ikutilah langkah-langkah berikut: System - Library - PrivateFrameworks - Slideshows.framework - Versions - A - Resources - Content. Di dalam file tersebut, carilah key entry bernama JustASlide dan lokasikan entry tersebut di bawah data bernama mainDuration. Di dalam data tersebut berisi ribuan lines, maka Anda dapat mengetahuinya cara melakukan pencarian untuk data JustASlide dan gulirkan ke bawah sekitar 20 baris untuk mengetahui keberadaan entry mainDuration.

Anda akan melihat default dari mainDuration berada pada barisan ketiga. Tapi Anda dapat melakukan perubahan bersamaan dengan penyimpanan data. Saat file tersebut masuk ke dalam sistem Anda akan akan diberondong pertanyaan mengenai keaslian data tersebut. Setelah itu, saat screensaver aktif, Apple OS X akan membacanya sebagai nilai baru dan mendiamkan foto untuk beberapa waktu sebelum melakukan pergantian. Anda dapat terus mengakses file tersebut untuk menyesuaikan nilai dari transisi yang telah dilakukan serta melakukan editing agar tidak merusak sistem yang telah ada. Dengan beragam pengaturan serta perubahan konfigurasi, pastikan bahwa sistem Anda telah melakukan backup sebelum mengimplementasikannya. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel