Inovasi dan Strategi Transmart Soloraya yang Tetap Eksis

23 Oct 2023 22:25 607 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Inovasi Dan Strategi Transmart Soloraya Yang Tetap Eksis

Seperti diberitakan di beberapa media sosial bahwa Vice President Corporate Communications PT. Trans Retail Indonesia, Satria Hamid mengatakan bahwa tiga gerai Transmart di wilayah Soloraya tidak akan ditutup.

Justru saat ini mereka tengah menyiapkan sejumlah strategi salah satunya adalah lewat lini bisnis yang ramah lingkungan, untuk di daerah Solo mereka tidak aka nada penutupan toko, jelas Satria kepada Solopos.com, Senin (16/10/2023).

Dia menyebut pihaknya memang melakukan penutupan beberapa gerai terbaru di Transmart Lebak Bulus. Dimana diketahui bahwa ada beberapa faktor yang dipertimbangkan saat menutup gerai misalnya penutupan Transmart Lebak Bulus disebabkan karena pemilik lahan ingin mengembangkan konsep pusat perbelanjaan baru. Di samping itu, penutupan beberapa gerai juga sebagai upaya menyegarkan toko antara lain dengan meresesi toko, membuat toko menjadi lebih compact.

Lebih lanjut Satria menjelaskan ada beberapa penyortiran terhadap produk-produk agar sesuai dengan tipologi toko. Mereka tetap melakukan sesuai arahan ritel Transmart yang sudah menjadi usaha lokal dari perusahaan asing. Jadi DNA mereka adalah bagaimana mereka bisa menjadi ujung tombak guna menciptakan tren yang bagus.

Misalnya adalah mengembangkan lini bisnis ramah lingkungan lewat pengurangan dampak polusi dan emisi karbon dengan menyediakan sepeda listrik. Di samping sepeda listrik, pihaknya juga akan menciptakan tren untuk motor listrik.

Satria mengungkapkan lebih lanjut bahwa Transmart selalu mendukung program-program pemerintah terkait dengan subsidi kendaraan listrik. Hal ini akan dilakukan secara bertahap di seluruh gerai Transmart agar menjadi distributor resmi. Oleh sebab itu masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan akses subsidi dari pemerintah tersebut. Mereka ingin menciptakan tren menjadi leader di industri ritel dengan juga melakukan inovasi. Jadi kata kuncinya adalah inovasi dan kreativitas.

Hal ini sebagai salah satu langkah untuk tetap bertahan di tenagh gempuran produk-produk dari e-commerce. Menurutnya adalah hal ini cukup berpengaruh sehingga ia berharap ada persamaan same in the equal field. Karena misalnya untuk penyediaan produk-produk elektronik dimana pihaknya harus menyediakan produk yang bergaransi resmi dan berstandar.

Satria mengungkapkan bahwa Transmart juga bekerja sama dengan BukaLapak melalui AlloFresh dengan menonjolkan ekosistem yang dibangun dengan Bank Mega, Bank Mega Syariah dan Allo Bank.

Menurut dia, dengan adanya fasilitas tawaran promo maupun diskon dari 10% hingga 20% maka masyarakat mempunyai preferensi berbelanja yang lebih beragam. Mereka menawarkan sebuah solusi uang bertujuan untuk masyarakat guna memanfaatkan program-program ini sehingga bisa mengatur keuangan keluarga. Inovasi di unit ekosistem bisnis ini bisa menambah benefit di masyarakat jadi bisa dikalkulasikan lebih murah atau lebih hemat. Pihaknya juga melakukan kerjasama dengan stakeholders setempat sesuai kearifan lokal masing-masing daerah. Misalnya saja saat ada even Solo Great Sale / SGS 2023 ini Transmart menyediakan diskon hingga 50%  untuk produk-produk tertentu. Ia juga menyambut baik program tersebut.

Sementara itu Chief Marketing Communication (Marcom) Solo Paragon Mall, Veronica Lahji menambahkan bahwa gerai-gerai Transmart di Solo Paragon Mall juga masih cukup ramai kunjungan dan diminati oleh masyarakat.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel