Bagaimana Cara Presentasi Bisnis yang Tepat Agar Menarik Investor

16 Oct 2023 10:12 572 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagaimana Cara Presentasi Bisnis Yang Tepat Agar Menarik Investor

Memiliki suatu proyek dalam bisnis yang menarik menjadi tugas bagi para pengusaha. Bagi perusahaan yang sedang membutuhkan investor, tentu harus melakukan presentasi. Investor tidak akan memberinya uang secara Cuma-Cuma apalagi untuk bisnis yang belum jelas tujuannya. Seperti mendapatkan uang kaget atau dana segar dalam jumlah banyak merupakan makanan yang lezat bagi pengusaha. Hal ini dapat diperoleh jika dalam mempresentasikan bisnis dilakukan dengan baik sehingga investor akan tertarik.

Tips Agar Presentasi Bisnis Menarik

1/ 10 menit presentasi

Manfaatkan waktu presentasi sebaik mungkin. Seperti 10 menit saja (tidak terlalu lama). Waktu yang terlalu lama akan membuat investor malas mendengarkan dan memberi uangnya. Jika presentasi dilakukan dengan menggunakan slide power point, maka usahakan jangan terpaku dalam satu slide saja. Pindahkan ke slide lain dengan durasi sekitar 2-3 menit pada masing-masing slidenya.

2/ Kenakan pakaian yang meyakinkan

Pepatah Jawa mengatakan ajining raga saka busana. Isi dari dalam diri seseorang dapat digambarkan dari busana yang dipakainya. Kenakanlah pakaian yang rapi dan meyakinkan akan kemampuan anda.  Gambarkan sisi profesionalitas melalui busana yang anda kenakan. Kerapian dalam berbusana akan sangat mendukung presentasi menjadi lebih menarik.

3/ Profil perusahaan

Jelaskan profil perusahaan secara jelas seperti bergerak di bidang apa perusahaannya atau capaian yang pernah didapatkan oleh perusahaan. Jelaskan profit dari perusahaan sebaik mungkin. Dimana penjelasan profit perusahaan akan membuat hati para investor lebih yakin untuk menginvestasikan uangnya.

4/ Penjelasan yang fokus

Berikan penjelasan pada presentasi bisnis tentang bisnis yang akan dijalankan. Melalui prosesnya bagaimana ke depannya seperti apa, dimana marketplacenya hingga seberapa besar profitnya. Investor juga menginginkan keuntungan baik dalam bentuk bagi hasil maupun pembagian kepemilikan perusahaan. Penjelasan yang tepat akan membuat investor semakin yakin.

5/ Bangunlah hubungan emosional

Dalam melakukan presentasi bisnis juga perlu adanya hubungan emosional. Bangunlah hubungan emosional yang baik sehingga investor akan merasa terinspirasi dengan bisnis yang ditawarkan.

6/ Uraikan strategi pemasaran

Jantung dari bisnis adalah pemasaran. Suatu bisnis akan berhasil jika startegi pemasarannya tepat dan juga tidak salah langkah. Dengan menguraikan startegi pemasaran yang jelas akan membuat investor semakin tertarik karena kedepannya bisnis tersebut diharapkan memiliki keuntungan yang banyak.

7/ Jangan terlalu kaku

Pakai bahasa yang lebih fleksibel dan jangan terlalu kaku. Ceritakan saja apa yang akan dilakukan dengan santai. Namun tetap menjaga kesopanan dan etika berbicara sehingga calon investor tetap merasa dihargai.

8/ Siapkan antisipasi jawaban

Sebelum melakukan presentasi bisnis, lakukan persiapan apa saja yang kemungkinan akan terjadi. Siapkan jawaban-jawaban terhadap pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh calon investor dengan baik. Sehingga pada saat persentasi tidak perlu memikirkan jawaban apa untuk pertanyaan tersebut.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel