Para Gadis Harus Waspada dengan Love Bombing

9 Oct 2023 14:00 330 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Para Gadis Harus Waspada Dengan Love Bombing

Waspadai kemunculan love bombing yang mungkin saja hadir dalam hubungan anda. Love bombing biasanya ditandai dengan perilaku manipulative oleh pasangan setelah anda mendapatkan perlakukan penuh cinta. Meskipun kadang-kadang semua hal yang diberikan dengan penuh cinta itu hanyalah taktik manipulatif. Anda akan dibuat jatuh cinta sedalam-dalamnya hingga bisa bisa mengendalikan kehidupan anda. Perilaku inilah yang populer dengan istilah love bombing. Ada beberapa alasan mengapa seseorang melakukan love bombing dimana salah satunya adalah adanya gangguan kepribadian narsistik. Gangguan kepribadian ini ditandai dengan keinginan untuk memanipulasi seseorang dengan memberikan berbagai pujian dan perhatian agar mereka terlihat sebagai pasangan yang sempurna. Orang-orang dengan kepribadian narsistik sangat pandai untuk menunjukkan bahwa mereka layak untuk dikagumi dan diakui. Bagian terpahitnya adalah kata-kata cinta yang diungkapkan semata-mata hanya untuk mendapatkan apa yang mereka mau seperti karir, uang, seks, pujian dan perhatian. Jadi semakin anda terbuai oleh rayuannya maka semakin mulus pula motif yang telah mereka rencanakan.

Tanda-Tanda Love Bombing Harus Diwaspadai

Pada awalnya memang terasa sulit untuk membedakan antara cinta yang benar-benar tulus atau love bombing. Namun ada beberapa tanda yang bisa dikenali untuk mencegah pelaku love bombing mengendalikan hidup anda. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1/ Komunikasi satu arah

Apabila pasangan anda lebih banyak berbicara tentang diri mereka sendiri dan kurang mengacuhkan keinginan atau kebutuhan anda, ini bisa menjadi salah satu tanda love bombing. Komunikasi satu arah ini bukan hanya tidak sehat, tetapi juga menciptakan celah bagi mereka untuk mengontrol apa pun tentang diri anda.

2/ Terlalu banyak memberi hadiah

Meskipun menyenangkan ketika anda mendapat hadiah dari orang tercinta, anda perlu curiga saat hadiah yang diberikan terlalu banyak dan terkesan berlebihan. Pelaku love bombing biasanya tidak mau mendengarkan penolakan dari anda atas hadiah yang mereka berikan. Cara ini adalah taktik manipulatif yang digunakan oleh pelaku agar anda merasa berutang budi kepada mereka. Ketika sudah merasa berutang budi kepada mereka biasanya seseorang akan lebih mudah mengabulkan keinginan orang lain.Meskipun demikian tidak semua orang yang suka memberikan hadiah adalah pelaku love bombing karena bisa jadi karena ia tahu bahwa bahasa cinta anda adalah receiving gifts maka ia senang memberikan hadiah kepada anda. Jadi dalam hal ini ciptakan komunikasi yang baik bersama pasangan agar tidak ada kesalahpahaman.

3/ Selalu melontarkan kalimat pujian

Pujian yang terus-menerus dilontarkan oleh pasangan di awal kencan bisa menjadi tanda-tanda love bombing. Beberapa kalimat yang umumnya digunakan oleh pelaku love bombing diantaranya adalah kamu bikin aku nyaman, akau mau hidup denganmu selamanya, kamu sempurna banget untuk melengkapi hidupku atau Cuma sama kamu aku bisa jatuh cinta seperti ini. Jika kalimat ini diucapkan setelah menjalani hubungan romantis yang lama tentu saja membuat hati berbunga-bunga namun jika terlontar di awal kencan dan dalam waktu yang sangat singkat maka hal ini patut dicurigai karena terkesan tidak tulus.

4/ Menginginkan komitmen dalam waktu yang singkat

Baru saja berkenalan tetapi sudah membuat rencana besar seperti pernikahan ? Bisa jadi ini adalah tanda love bombing. Hubungan yang nyata membutuhkan waktu untuk berkembang termasuk di dalamnya mengenal karakter pasangan lalu mempertimbangkan kemungkinan untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius. Terburu-buru merencanakan masa depan hanya akan menciptakan ekspektasi yang tinggi dan beresiko menimbulkan kekecewaan yang mendalam. Perilau ini juga erat hubungannya dengan sikap anda yang terlampau percaya sehingga mudah dikendalikan oleh pelaku dalam segala hal termasuk pemerasan dan pelecehan seksual.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Terjebak Dalam Love Bombing

Ketika sedang jatuh cinta ada banyak orang yang kurang menyadari apa saja yang telah mereka lakukan demi pasangan. Hal ini seringkali membuat seseorang terjebak dalam hubungan yang sifatnya toksik karena tidak mampu mengendalikan rasa cinta yang begitu menggebu-gebu dan memenuhi apa pun keputusan yang dibuat oleh pasangannya. Sebuah hubungan bisa dikatakan sehat akan memberikan kebebasan pada satu sama lain untuk mengekspresikan perasaan atau melakukan hal yang disukai. Tentu bukanlah hal yang salah jika memberikan perhatian dan cinta. Tetapi perlu disadari perhatian yang terlalu berlebihan bisa membuat seseorang merasa terkekang. Jika anda merasakan hal yang demikian, ajaklah pasangan untuk membuka komunikasi dimana kalian berdua bisa mengutarakan segala hal yang mengganjal di hati baik itu ungkapan cinta yang terasa mencurigakan maupun batasan dalam bergaul yang membuat anda merasa terganggu. Anda bisa melihat bagaimana karakter pasangan yang sesungguhnya dari cara mereka bereaksi terhadap unek-unek yang anda utarakan. Jika ia terbuka dan menjelaskan apa yang menyebabkan dia berperilaku seperti itu, mungkin anda dan pasangan bisa sama-sama mencari jalan keluarnya.

Apabila anda atau orang-orang terdekat memiliki kecenderungan untuk melakukan love bombing maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Semoga bermanfaat.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel