Menekuni Bisnis Digital

9 Oct 2023 11:55 247 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menekuni Bisnis Digital

Saat ini bisnis di bidang digital sudah mengalami perkembangan yang sangat menjanjikan sehingga annda yang berminat haruslah mudah melakukan adaptasi di dalamnya. Ada banyak ide bisnis untuk era digital ini yang di dalamnya mencakup segala hal tentang bagimana menjual perangkat lunak atau e-book juga semua jenis bisnis yang menjual produk-produk atau layanan secara online. Ini bisa anda lakukan melalui aplikasi atau situs web seperti toko online. Maka dari itu melalui artikel kami kali ini akan membantu melihat beberapa ide bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk memulai sebuah bisnis dan hal-hal yang perlu disiapkan bertujuan untuk memudahkan dan membantu anda membuka usaha bersangkutan.

1/ Berjualan melalui toko online atau marketplace

Toko online adalah cara pertama untuk menjual, membeli dan memasarkan produk atau jasa melalui sistem elektronik. Sistem elektronik yang dimaksudkan dapat berupa internet, TV atau jaringan teknis lainnya. Dalam waktu yang bersamaan, pasar dalam hal ini adalah platform yang digunakan sebagai perantara antara para penjual dan pembeli produk-produk atau layanan. Secara garis besar, marketplace dilengkapi dengan banyak fitur seperti memilih metode pembayaran yang berbeda-beda, perkiraan pengiriman, filter produk berdasarkan harga dan lain sebaginya. Beberapa contoh marketplace khususnya di Indonesia yang saat ini sedang populer adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibi, Bukalapak dan lain sebagainya.

 

2/ Afiliasi marketing

Afiliasi marketing adalah serangkaian proses pemasaran produk atau layanan orang lain yang dilakukan secara individu maupun bisnis guna memperoleh bayaran. Metode yang digunakan cukup sederhana dimana yang harus anda lakukan adalah mendaftar ke program afiliasi seperti Afiliasi Shopee atau Involve Asia. Selanjutnya anda akan menerima kode atau tautan rujukan guna selanjutnya dapat mempublikasikan mode atau tautan di media soisal atau situs web anda.

 

3/ Membuat aplikasi

Aplikasi pada umumnya diakses melalui smartphone, tablet, laptop atau perangkat lainnya. Aplikasi ini khusus dirancang dengan menggunakan program berbasis bahasa tertentu. Misalnya adalah anda bisa membuat aplikasi hiburan seperti aplikasi game yang menarik. Juga anda dapat membuat aplikasi lain yang bermanfaat bagi orang yang mengunduhnya.

 

4/ Membuat youtube

Ide bisnis digital yang terakhir adalah membuat youtube. Dimana diketahui saat ini ada banyak orang yang memanfaatkan youtube untuk menjadi terkenal atau mengumpulkan penghasilan. Siapa pun bisa membuat youtube karena kebanyakan orang-orang sudah memiliki smartphone yang bisa digunakan untuk membuat konten. Pada saat pertama kali membuka konten youtube, yang terpenting selalu diingat adalah harus mampu konsisten. Youtube akan mulai memonetisasi Google Adsense ketika sudah bisa dimonetisasi. Statusnya adalah memiliki 1000 pengikut dan 4000 jam tontonan.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel