Cek Kesehatan Baterai Smartphone Anda Agar Awet

5 Oct 2023 13:25 373 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Cek Kesehatan Baterai Smartphone Anda Agar Awet

Apakah anda pernah merasa baterai smartphone anda boros ? Dari semula 100 persen baru dipakai 10 menit sudah tinggal 70 persen. Nah jika anda mengalami kejadian seperti itu maka sebaiknya segera cek kesehatan baterai smartphone anda. Tetapi bingung bagaimana caranya melihat kapasitas baterai smartphone anda ? Melalui artikel kami kali ini akan kami berikan beberapa cara untuk mengecek kesehatan baterei smartphone anda. Simak ya.

1/ Melalui pengaturan baterai

Cara yang paling mudah untuk mengecek kesehatan baterai smartphone anda adalah dengan melalui pengaturan baterai. Caranya adalah dengan membuka pengaturan lalu pilih osi battery atau baterai. Di sini anda dapat melihat persentase baterai yang tersisa, waktu penggunaan baterei dan aplikasi yang paling banyak menggunakan baterai.

2/ Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Selain melalui pengaturan baterai, anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga guna mengecek kesehatan baterei smartphone anda. Aplikasi yang dapat anda gunakan adalah AccuBattery. Aplikasi ini dapat memberikan informasi lebih detail tentang kesehatan baterai, seperti kapasitas baterei, suhu baterei dan waktu penggunaan baterei.

3/ Umur baterei dan waktu yang tepat untuk ganti baterai

Rata-rata umur baterei smartphone adalah sekitar 2 tahun. Tetapi umur baterei dapat berbeda-beda tergantung pada penggunaan dan perawatan yang dilakukan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi umur baterei smartphone antara lain sebagai berikut : kebiasaan buruk seperti menggunakan smartphone saat diisi daya dan mengisi daya berulang-ulang dapat merusak sel-sel baterei dan mengurangi umur baterei. Kedua adalah penggunaan aplikasi yang memakan daya baterei secara berlebihan dapat mempercepat penurunan kapasitas baterei. Suhu yang ekstrem baik itu terlalu panas atau terlalu dingin dapat mempengaruhi kualitas dan keawetan baterai.

Ada beberapa tanda yang bisa digunakan sebagai petunjuk bahwa baterei smartphone perlu diganti antara lain sebagai berikut :

1/ Kapasitas baterei yang semakin menurun dan tidak bisa bertahan lama.

2/ Smatrphone sering mati mendadak meskipun baterei masih terisi.

3/ Baterei mengalami pembengkakan atau adanya kerusakan fisik lainnya.

Dalam beberapa kasus baterei smartphone dapat bertahan lebih lama dari 2 tahun tergantung pada penggunaan dan perawatan yang dilakukan. Namun jika anda mengalami tnda-tanda bahwa baterei perlu diganti maka sebaiknya segeralah ganti baterei untuk menghindari kerusakan yang lebih parah pada smartphone.

Dengen mengecek kesehatan baterei smartphone secara rutin, anda juga dapat mengetahui kondisi baterei secara real time dan tahukalau anda harus segerea mengganti baterei smartphone agar tidak boros. Ini akan memberikan pengaruh positif terhadap keawetan mesin smartphone anda menjadi tahan lama dan kondisi smartphone terjaga keawetannya meskipun sudah berusia tua.

Semoga bermanfaat.

 

Tags gadget

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel