BAHAYA!!! Hindari Tidur Dekat Smartphone

2 Oct 2023 14:33 238 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Hindari Tidur Dekat Smartphone

Saat ini keberadaan smartphone atau ponsel pintar sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat. Namun ada salah satu masalah yang paling sering dibahas seputar keberadaan ponsel pintar ini adalah radiasinya yang cukup tinggi jika anda bandingkan dengan telepon genggam zaman dahulu.

Kondisi tersebut di atas menjadi perhatian Resprotrebnadzor atau Lembaga Hak dan Kesejahteraan Konsumen Rusia. Dalam tim penelitian mereka menjelaskan bahwa radiasi yang dikeluarkan dari semua smartphone berbahaya bagi kesehatan manusia. Oleh karenanya, perangkat tersebut haruslah digunakan dengan hemat. Pernyataan ini sekaligus menanggapi spekulasi bahwa Pemerintah Rusia akan mengikuti jejak Pemerintah Perancis yang melarang penjualan iPhone 12.

Seperti diketahui bahwa telepon genggam atau sering disebut dengan istilah handphone (HP) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang memiliki kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun bisa dibawa kemana-mana dengan mudah, selain berfungsi untuk mempermudah komunikasi, HP juga dapat dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan, belanja, dan sebagai sarana hiburan yang erat hubungannya dengan aktivitas manusia.

HP saat ini sudah menjadi ketergantungan bagi setiap orang terlebih ada banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari dapat diakses akan diselesaikan melalui layar HP, tidak jarang orang terus-terusan menggunakan HP hingga lupa waktu dari bangun tidur hingga menjelang tidur. Banyak orang yang begitu saja meletakkan HP mereka di bawah bantal saat tidur atau tidur berdampingan dengan HP menyala, dimana diketahui bahwa tidur dekat dengan ponsel memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh, perlu anda sadari sejak dini bahwa teknologi bukan hanya memberikan impact yang positif tetapi banyak juga impact negative yang muncul.

Radiasi yang dipancarkan oleh ponsel dapat mempengaruhi kesehatan tubuh anda, meskipun efek buruk tersebut tidak bisa anda rasakan seketika, namun jika kebiasaan ini dilakukan terus-menerus selama bertahun-tahun maka dampaknya menjadi sangat buruk.

Resiko paparan radiasi yang berlebihan dapat menimbulkan efek tidak menyehatkan bagi tubuh anda antara lain sebagai berikut :

  • Mendapatkan gangguan insomnia atau susah tidur terutama pada waktu malam hari.
  • Bisa merusak konsentrasi pikiran terutama bagi anak-anak bisa mengganggu pola belajar mereka.
  • Menurunkan kualitas tidur seseorang.
  • Meningkatkan risiko seseorang terkena kanker.
  • Menyebabkan mudah terkena sakit kepala.
  • HP yang diletakkan dekat bantal terlebih sambil mengisi baterei sangat tidak disarankan karena mudah terbakar atau meledak.
  • Bisa merusak sel-sel otak terutama rentan menyerang anak-anak.

Demikian dampak bahaya tidur dekat HP maka alangkah baiknya anda mencegah daripada mengobati, oleh karena itu meletakkan handphone dengan jarak yang terlalu dekat pada saat anda sedang tidur sangatlah tidak dianjurkan dan anda harus bisa membatasi penggunaan alat komunikasi tersebut serta menjadikan tempat tidur sebagai zona bebas HP sehingga bisa meminimalkan gangguan-gangguan kesehatan. Mulai sekarang stop kebiasaan tidur di dekat HP, karena akan memberikan dampak negative bagi kesehatan tubuh anda.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel