Trik Kembangkan Potensi Anak Anda dengan Metode Montessori

3 Oct 2023 20:45 751 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Trik Kembangkan Potensi Anak Anda Dengan Metode Montessori

Metode Montessori adalah salah satu pendekatan pendidikan yang dilakukan oleh para pendidik termasuk orang tua kepada anak-anak yang keberadaannya saat ini sangat populer di seluruh dunia. Pendektan ini dikembangkan oleh seorang dokter dan pendidik asal Italia, Dr. Maria Montessori dimana pada awal abad ke-20 berfokus kepada pengembangan potensi alam dan kreativitas anak dengan memberikan lingkungan belajar yang merangsang mereka untuk mengembangkan kemampuan secara mandiri. Dalam metode Montessori ini para pendidik memegang peranan sebagai pengamat dan fasilitator yang bisa membantu anak-anak dalam mengembangkan keterampilan dan kemampuan mereka secara mandiri tanpa melakukan pengajaran secara langsung. Metode ini dianggap sebagai salah satu trik pendekatan holistik yang tujuannya adalah untuk mengembangkan seluruh potensi anak baik secara kognitif, fisik maupun emosional dan telah diadopsi di banyak sekolah dan lembaga pendidikan di seluruh dunia.

Apa Kelebihan Metode Montessori Pada Anak ?

Sudah menjadi metode pola asuh yang sangat terkenal, tidak aneh jika metode Montessori memiliki beberapa keunggulan jika mulai diterapkan pada anak-anak. Nah untuk membuat anda lebih mudah memahaminya, berikut di bawah ini kami berikan beberapa keunggulan pola asuh metode Montessori yang dapat menjadi pertimbangan bagi para orangtua dalam memilih pendekatan pendidikan untuk anak-anak.

1/ Memberikan kesempatan anak untuk belajar mandiri

Metode Montessori memiliki kelebihan yang pertama yaitu memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar secara mandiri dengan memilih kegiatan dan materi yang diminati sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Hal ini membantu anak-anak mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas.

2/ Mengembangkan tanggung jawab kepada anak-anak

Pendekatan Montessori membantu anak anda mengembangkan kemandirian dan tanggung jawab dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Anak-anak diajarkan untuk merencanakan dan menyelesaikan tugas-tugas dengan mandiri serta mempertanggungjawabkan tindakan mereka.

3/ Mendukung pembelajaran anak

Metode montessori akan menempatkan pentingnya lingkungan yang mendukung pembelajaran. Lingkungan yang disediakan didesain secara khusus untuk menginspirasi kreativitas, eksplorasi dan kemajuan anak.

4/ Mendorong kebebasan anak

Dalam metode ini anak-anak diberikan kebebasan untuk dapat mengeksplorasi dan belajar sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Hal ini bisa membantu anak-anak mengembangkan kemandirian dan menghargai diri mereke sendiri sebagai individu.

Tips Kembangkan Potensi Anak Dengan Metode Montessori

Bagaimana cara menerapkan metode Montessori untuk anak ? Berikut ini adalah beberapa tips dan saran yang dapat membantu orang tua dan pendidik dalam menerapkan pendekatan ini untuk anak.

1/ Ciptakan lingkungan belajar yang menstimulasi

Salah satu prinsip dasar metode montessori adalah memberikan lingkungan belajar yang mampu mendukung anak untuk belajar secara mandiri. Lingkungan belajar yang ideal harus menyediakan bahan belajar yang mampu merangsang minat dan kreativitas anak serta mudah dijangkau dan digunakan. Lingkungan belajar haruslah aman dan ramah anak sehingga anak merasa nyaman dan merasa bebas untuk bereksplorasi dan belajar.

2/ Berikan kebebasan dan tanggung jawab pada anak

Metode montessori cenderung menekankan terhadap pengembangan kemandirian dan kepercayaan diri anak. Maka dari itu penting bagi orang tua dan para pendidik untuk memberikan kebebasan dan tanggung jawab pada anak untuk bisa mengambil keputusan dan bertindak sesuai dengan kemampuan dan minat mereka. Misalnya memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk memilih bahan belajar dan kegiatan yang ingin mereka lakukan sambil memberikan panduan dan bantuan jika dibutuhkan.

Semoga bermanfaat.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel