Tips Seimbangkan Penggunaan HP Agar Kesehatan Tubuh Tetap Terjaga

6 Sep 2023 17:50 401 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Tips Seimbangkan Penggunaan HP Agar Kesehatan Tubuh Tetap Terjaga

Belakangan ini handphone menjadi salah satu benda yang seakan-akan tidak bisa lepas dari kehidupan manusia sehari-hari dimana gadget menjadi benda penting seperti wajib ada untuk semua kelompok usia bahkan anak-anak pun saat ini menggandrunginya. Dengan tersedianya handphone yang semakin canggih vmaka anda seperti bisa melakukan berbagai hal mulai dari berkomunikasi hingga mengakses apapun tanpa batas. Namun tak sadarkah anda bahwa jika semakin sering anda menggunakan handphone maka semakin sulit anda terlepas dari benda kecil tersebut. Padahal penggunaan smartphone secara berlebihan akan mempengaruhi tingkat kesehatan tubuh yang erat hubungannya dengan kondisi kejiwaan. Kejiwaan erat kaitannya dengan kondisi otak yang rentan mengalami masalah kesehatan jika anda salah dalam melakukan hal seperti terlalu berlebihan menggunakan gadget sehingga memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan jiwa dan otak.

Berikut ini kami berikan beberapa tips agar anda bisa menyeimbangkan penggunaan handphone sehari-hari.

1/ Batasi sendiri

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di China (Chinese Academy of Science) ternyata kecanduan handphone dan internet mampu merubah susunan otak seseorang. Hal ini sama seperti yang terjadi pada orang-orang yang kecanduan rokok dan narkoba. Maka dari itu disarankan sebaiknya mulai dari sekarang anda membatasi penggunaan sosial media dan handphone untuk keperluan yang penting saja. Hanya anda sendiri yang tahu batasnya dan mulai melakukan pembatasan tersebut. Jika sudah menjelang atau tiba waktunya untuk tidur terutama pada waktu malam hari, sebaiknya batasi waktu anda memegang gadget untuk memudahkan mata dan pikiran anda istirahat (tidur dengan lelap di waktu malam hari).

2/ Jangan main handphone sebelum tidur

Sebagai makhluk hidup anda membutuhkan waktu yang cukup untuk tidur. Oleh karena itu, jauhkan handphone kurang lebih 1 jam sebelum tidur. Dimana kondisi ini diperkuat dengan sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa seseorang akan mengalami kesulitan untuk tidur dan terserang insomnia jika sebelum tidur ia bermain HP terlebih dahulu.

3/ Jangan terlalu menunduk saat mengoperasikan handphone

Selain kedua tips tersebut di atas, cara ketiga ini juga bisa menjadi sesuatu yang penting agar anda tetap sehat dan tak mengalami dampak negatif dari kehadiran handphone yang belakangan ini sedang trendy. Usahakanlah untuk melihat gadget dalam kondisi sejajar dengan mata dan jangan terlalu merunduk.

4/ Nikmati momen

Sebagian besar orang-orang saat membawa smartphone cenderung ingin terus-menerus mengabadikan momen yang sedang dijalaninya. Padahal cara ini tak sepenuhnya benar, seharusnya anda lebih bisa menikmati momen yang sedang berlangsung tanpa harus menggunakan HP anda.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel