Pasang Alat Ini untuk Live Di TikTok dan Instagram

6 Sep 2023 20:55 1574 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pasang Alat Ini Untuk Live Di TikTok Dan Instagram

Live streaming merupakan salah satu kegiatan online yang keberadaannya saat ini sangat populer di media sosial dan semakin ngetren belakangan ini seperti fasilitas yang ditawarkan dalam TikTok dan Instagram. Ada banyak orang yang merasa tertarik untuk melakukan live streamer karena dengan cara ini mereka bisa berinteraksi secara langsung dengan banyak penonton sekalian membagikan konten-konten menarik, berjualan untuk mendapatkan atau mengumpulkan penghasilan tambahan adalah hal menarik yang bisa anda lakukan hanya di dalam rumah saja (yang penting tersedia layanan internet).

Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih maka untuk bisa melakukan live streaming yang sifatnya berkualitas tentu saja dibutuhkan beberapa alat yang mendukung agar memperoleh hasil yang cemerlang. Dengan memanfaatkan perangkat-perangkat tersebut maka anda sudah bisa melakukan live streaming dengan lebih mudah, nyaman dan profesional.

Nah apa saja perangkat yang dibutuhkan untuk live TikTok dan Instagram ? Berikut penjelasan singkat dari kami tersebut di bawah ini. Yuk baca bersama-sama.

1/ Anda wajib memiliki Handphone / HP

Handphone / HP adalah seperangkat utama alat yang berguna untuk membuat live streaming di TikTok dan Instagram. Maka dari itu pastikan HP yang anda miliki dan gunakan menyimpan spesifikasi yang bagus digunakan untuk menjalankan fasilitas ini seperti kamre adepan yang jernih, baterai yang awet, memori yang besar dan koneksi internet yang stabil. Kami sarankan untuk menggunakan aplikasi tambahan yang bertujuan untuk dapat meningkatkan kualitas live streaming seperti aplikasi filter, efek, musik atau editing.

2/ Anda wajib mempunyai Tripod atau Tongsis

Yang dimaksudkan dengan Tripod atau Tongsis di sini adalah seperangkat alat pendukung yang memiliki manfaat untuk menempatkan HP anda agar terjaga dalam posisi yang ideal saat memulai live streaming. Dengan menggunakan Tongsis atau Tripod ini maka anda bisa mengatur sudut pandang, jarak dan ketinggian HP sesuai dengan keperluan anda. Di samping itu anda juga bisa dengan lebih leluasa bergerak tanpa harus memegang HP secara terus-menerus. Sehingga dari sini akan tersedia banyak pilihan Tongsis atau Tripod yang dapat anda beli dengan harga yang terjangkau dan berkualitas di pasaran.

3/ Anda wajib memiliki Ring Light

Yang dimaksudkan dengan Ring Light adalah sejenis lampu bundar yang berfungsi memberikan pencahayaan secara optimal ketika sedang berlangsung live streaming. Dengan memakai atau memanfaatkan fasilitas Ring Light ini maka wajah anda akan terlihat lebih cerah, bersih dan menarik ketika sedang live streaming. Dengan menggunakan Ring Light maka wajah anda akan terlihat cantik secara alami di kamera sehingga yang menonton akan terpikat.
Ring Light juga mempunyai fungs lain yaitu membantu mengurangi bayangan-bayangan atau kondisi silau karena banyak sinar dari luar (di luar ruangan) yang bisa mengganggu kualitas visual live streaming. Anda tinggal memilih Ring Light yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan anda mulai dari Ring Light Mini yang dapat anda tempel di HP hhingga Ring Light besar yang dapat disambungkan dengan Tripod.

4/ Anda wajib memiliki Mikrofon

Mikrofon adalah perangkat penting yang dapat menentukan kualitas suara ketika anda sedang live streaming meskipun saat ini rata-rata HP sudah mempunyai mikrofon bawaan tetapi kadang-kadang kualitasnya mungkin tidak sebaik mikrofon eksternal. Dengan memanfaatkan layanan mikrofon ekstrenal, maka suara anda akan terdengar lebih jelas, keras dan nyaman di telinga para penonton. Anda bisa memilih mikrofon yang disesuaikan dengan jenis konten live streaming anda misalnya adalah mikrofon clip-on untuk konten berbicara, mikrofon headset untuk konten bernyanyi atau mikrofon condenser untuk konten ASMR.

5/ Wajib untuk mempunyai Headset atau Earphone
Headset atau earphone adalah seperangkat tambahan yang berfungsi untuk dapat membantu anda mendengar suara-suara dengan lebih bagus ketika melakukan live streaming. Dengan menggunakan headset atau earphone maka anda bisa menghindari gangguan-gangguan suara dari luar atau feedback suara dari smartphone. Anda bisa menjadi lebih fokus dan konsentrasi saat sedang live streamin tanpa terganggu oleh hal-hal di sekitar anda. Pilihlah headset atau earphone yang nyaman digunakan dan mempunyai kualitas suara yang bagus.

Semoga bermanfaat.

Tags Teknologi

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel