Tepat Memilih Provider Internet, Berikut Inilah Tipsnya

18 Sep 2023 17:50 715 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tepat Memilih Provider Internet : Inilah Tipsnya

Apakah anda sudah menyadari bahwa di era serba digital ini teknologi internet menjadi semakin berkembang pesat dimana sudah tak dapat dipungkiri lagi jika internet merupakan kebutuhan esensial bagi masyarakat. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melaporkan bahwa penetrasi internet di Indonesia sudah mampu mencapai angka 78,19 persen pada tahun 2023 atau menembus 215.626.156 jiw dari total populasi yang sebesar 275.773.901 jiwa. Ini sudah dapat menunjukkan tingginya kebutuhan internet yang telah terbukti dari kalangan dewasa, remaja hingga anak-anak yang saat ini banyak mengonsumsi internet dalam kehidupan sehari-hari untuk berbagai kebutuhan. Meskipun demikian apakah anda sudah merasa yakin telah memilih provider tepat yang digunakan saat ini ? Tenag saja dan jangan terburu-buru merasa panik, bagi anda yang masih bertanya-tanya seperti apa cara memilih provider internet yang tepat maka wajib membaca berikut di bawah ini ulasan kami mengenai hal ini.

1/ Tes kecepatan internet

Kecepatan internet menjadi hal utama yang perlu diperhatikan dimana anda bisa mengecek kecepatan internet melalui laman Speedtest by Ookla atau Fast.com. Kecepatan internet ini sebenarnya sangat tergantung dari beberapa hal seperti seberapa banyak perangkat yang terkoneksi di rumah atau suatu hunian. Jika terdapat 3 orang pengguna aktif internetan di rumah dengan menggunakan 2-4 perangkat, maka kecepatan yang mencukupi bisa mencapai angka 30Mbps untuk melakukan streaming dan browsing tetapi jika terdapat lebih dari 4 perangkat, kecepatan akses internet yang lebih tinggi sangat dibutuhkan.

2/ Cek kestabilan koneksi

Kestabilan koneksi internet menjadi faktor yang harus dipertimbangkan. Anda bisa mulai menguji kestabilan koneksi internet secara mandiri dengan mencoba mengunduh file yang memiliki ukuran besar selama beberapa hari, minggu atau bahkan bulan, sembari meninjau apakah koneksi internet sering terputus atau tidak. Anda bisa melakukan test dengan memakai beberapa aplikasi seperti Ping dan Tracert atau situs-situs web seperti Internet Health test.

3/ Pertimbangkan pilihan produk dan biaya

Beberapa provider internet secara umum menyediakan berbagai jenis paket dengan menawarkan harga yang bervariatif. Anda dapat memilih provider internet dengan kualitas yang terjangkau disesuaikan dengan budget masing-masing.

4/ Cermat dalam menilai review konsumen

Membaca ulasan dari berbagai konsumen yang dituangkan dalam media sosial , forum-forum diskusi, dan review lainnya bisa membantu anda guna mendapatkan informasi secara lebih mendalam. Lakukan beberapa pertanyaan kepada orang-orang terdekat atau dengan mengunjungi website resmi masing-masing provider internet untuk bisa mendapatkan informasi yang lebih detail. Perlu diingat bahwa review konsumen pengguna internet bisa dipengaruhi oleh banyak faktor sehingga anda membutuhkan untuk melakukan cross check lalu mengecek sendiri sebelum memutuskan untuk berlangganan. 

Semoga bermanfaat.

Tags Internet

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel