Tips Terbaru 2023: Ini Cara Agar Baterai HP Anda Awet!

18 Aug 2023 19:40 968 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tips Agar Baterai HP Anda Awet

Dengan adanya mobilitas pemakaian Hp yang semakin meningkat, sebaiknya anda mengetahui cara agar baterai Hp menjadi awet dan tahan lama. Karena saat ini tidak sedikit orang-orang yang suka mengeluhkan baterai Hp mereka boros atau mudah habis padahal dalam kondisi baru. Hal ini bisa saja disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari penggunaan Hp yang kurang tepat, usia Hp yang sudah tua hingga pengaruh sistemnya. Maka dari itu anda wajib untuk mengetahui cara agar baterai Hp awet dan tahan lama.

Apalagi saat ini banyak Hp yang tersedia memiliki kemampuan untuk menyimpan berbagai aplikasi dengan kapasitas yang cukup besar. Aplikasi-aplikasi inilah yang bisa memberikan pengaruh terhadap penggunaan baterai harian Hp anda. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui bagaimana cara agar baterai Hp awet dan tahan lama.

Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1/ Hindari menggunakan Hp saat sedang mengisi daya (charge)

Memakai Hp saat sedang mengisi daya (charge) dapat meningkatkan temperatur pada baterai Hp. Diketahui bahwa temperature memberikan pengaruh terhadap daya hidup pada baterai, sehingga apabila temperatur tinggi maka akan meningkatkan tekanan pada baterai dan membuatnya kehilangan efektivitas lebih cepat. Maka dari itu cara agar baterai Hp awet salah satunya dengan menahan diri untuk tidak memainkan Hp saat sedang mengisi daya. Juga temperatur Hp bisa naik ketika menaruh Hp di bawah bantal atau material isolator lain ketika sedang mengisi daya, meletakkan Hp di dasbor mobil saat panas, serta meletakkan Hp yang sedang diisi daya di atas mesin atau alat elektronik lainnya.

2/ Menjaga siklus pengisian daya

Banyak sekali yang beranggapan bahwa baterai Hp cepat boros karena mengisi daya baterei semalaman. Padahal ini kemungkinan sudah tidak berlaku untuk sebagian besar smartphone karena saat ini smartphone sudah dibekali sistem yang akan menghentikan daya listrik secara otomatis ketika baterei telah terisi penuh. Sebagai gantinya, anda bisa melakukan cara agar baterei Hp awet dengan cara menjaga siklus pengisian daya secara teratur. Seperti bisa mengisi daya Hp saat baterainya sudah mencapai angka 40% dan cabut kabel charger ketika baterei sudah terisi sekitar 80%. Cara ini juga untuk menjaga siklus baterei Hp agar tidak merusak sistem di dalamnya.

3/ Gunakanlah low power mode atau battery saving mode

Saat ini Hp sudah dilengkapi dengan fitur yang dikenal dengan istilah low power mode atau battery saving mode yang berguna sebagai salah satu cara agar baterei Hp awet dan tahan lama. Fitur ini berfungsi untuk menghentikan aplikasi yang berjalan pada background Hp.Biasanya fitur tersebut perlu diaktifkan secara manual sehingga anda perlu memastikannya sendiri melalui pengaturan pada masing-masing Hp.

4/ Mematikan auto download atau update

Auto download adalah fitur yang secara otomatis dapat mengupgrade aplikasi saat ada update dari pusat dan hal tersebut akan menyedot daya baterai menjadi lebih besar. Maka dari itu sebagai salah satu cara agar baterei H panda awet maka sebaiknya nonaktifkan fitur auto download ini untuk mempertahankan daya baterei agar lebih tahan lama.

5/ Atur kecerahan layar Hp

Aturlah tingkat kecerahan layar Hp ke yang paling rendah. Karena visual yang muncul pada layar akan memberikan pengaruh terhadap daya baterainya, dimana agar menjadi semakin hemat baterei, anda bisa mengatur time sleep ke waktu yang sekiranya tidak terlalu lama misalnya 1 menit saja.

6/ Aktifkan mode pesawat jika tidak digunakan

Mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode juga efektif sebagai salah satu cara agar baterei Hp menjadi awet. Ketika anda menggunakan jaringan wi-fi maka anda bisa aktifkan mode pesawat atau airplane mode, terutama saat tidak membutuhkan fasilitas dari sim card seperti SMS atau telepon menggunakan pulsa.

7/ Jangan biarkan Hp overheat

Cara agar baterei Hp awet yang ketujuh adalah hindari membiarkan H panda dalam keadaan yang terlalu panas alias overheat. Hp akan menjadi overheat apabila digunakan secara terus menerus apalagi jika dibuat untuk bermain game dengan grafis HD yang cukup tinggi. Agar tidak overheat maka cobalah gunakan Hp dengan bijak.

8/ Lebih bijak menggunakan aplikasi lokasi

Pemakaian aplikasi lokasi secara terus-menerus berpotensi membuat baterei Hp cepat habis, sehingga anda menjadi sering mengisi ulang daya batereinya. Jika kebiasaan ini dilakukan dalam waktu yang lama maka baterei Hp akan lebih mudah menjadi boros, maka cara agar baterei Hp menjadi awet adalah dengan lebih bijak menggunakan aplikasi lokasi. Sebaiknya matikan fitur lokasi saat tidak menggunakannya.

Semoga bermanfaat.

Tags gadget

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel