Alasan Bumi Dikenal sebagai Planet Biru

8 Aug 2023 15:57 470 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Alasan Bumi Dikenal Sebagai Planet Biru

Seperti diketahui bahwa masing-masing planet yang termasuk dalam grup sistem tata surya mempunyai ciri khas serta julukan masing-masing seperti Planet Venus yang dikenal dengan nama Bintang Kejora atau Bintang Fajar, Planet Mars yang disebut juga sebagai planet merah serta Planet Saturnus yang terkenal karena mempunyai cincin. Nah bagaimana dengan Planet Bumi ? Tentu saja planet yang menjadi tempat tinggal anda ini memiliki julukan yaitu Planet Biru. Pemberian nama tersebut bukan tanpa alasan dan untuk yang ingin mengetahui lebih lanjut maka bisa membaca artikel ini.

Sebutan Planet Biru untuk Bumi diberikan berdasarkan pada penampakannya jika dilihat dari luar angkasa. Para ahli menjelaskan jika warna biru tersebut disebabkan karena Bumi mempunyai sekitar lebih dari 70% atau ¾ air yang menyebabkan planet ini terlihat berwarna biru.

Meskipun demikian warna biru pada laut kadang-kadang terlihat berbeda-beda tergantung dari seberapa tingkat kedalaman lautan. Contohnya adalah jika laut berada dekat dengan daratan maka warna biru yang dihasilkan tampak lebih cerah dan akan semakin berwarna biru tua jika berada di perairan dalam atau tengah samudera. Ada hal lain yang juga harus diketahui mengenai laut yang terlihat berwarna biru yaitu disebabkan karena adanya refleksi atau pantulan dari langit yang juga berwarna biru di atmosfer. Sama dengan mengapa langit berwarna biru karena sinar matahari khususnya gelombang biru atau gelombang pendek yang tersebar di atmosfer Bumi terjadi pada waktu siang hari.

Laut akan terlihat berwarna biru terutama pada waktu siang hari karena molekul-molekul air yang berjumlah sangat besar tersebut menyerap sinar matahari terutama gelombang biru yang mempunyai gelombang pendek. Inilah yang menyebabkan mengapa air laut berwarna biru terang pada waktu siang hari. Di samping itu peran sinar matahari juga memberikan penampakan pada Planet Bumi terlihat membiru jika dipantau dari luar angkasa. Ketika sinar matahari menyinari salah satu bagian dari Bumi, maka pada saat itu daerah yang mendapatkan sinar matahari sedang dalam kondisi siang hari yang panas sehingga penampakan Bumi berwarna biru dapat terlihat jelas dari luar angkasa. Tidak mengehrankan apabila hubungan Planet Bumi dengan atmosfer yang dimilikinya sangat erat terutama hubungannya dengan lautan yang terdapat di Bumi dalam jumlah besar.

Namun demikian pada kenyataannya Planet Bumi tidaklah sepenuhnya berwarna biru. Ada bagian lain yang dimiliki oleh Planet Bumi yaitu berupa daratan yang memberikan warna cokelat kehijauan jika dilihat dari luar angkasa. Jumlah air yang dimiliki oleh Planet Bumi termasuk paling banyak diantara semua planet di tata surya. Menurut para ahli salah satu keunggulan Planet Bumi dibandingkan dengan planet lainnya adalah karena kandungan air di dalamnya. Hal yang menarik dari air di Bumi yakni jumlahnya tidak pernah bertambah atau berkurang dengan kata lain kandungan airnya akan selalu konsatn atau sama. Penyebab mengapa air yang terdapat di Bumi selalu tetap yakni terdapat sebuah siklus khusus yang dikenal dengan nama siklus hidrologi. Adanya siklus hidrologi tersebut mempengaruhi pola kehidupan di Bumi bahkan para astronom saat ini sudah menemukan sebuah planet yang mirip dengan Bumi jyga mempunyai warna yang sama yaitu biru. Namun masih perlu penelitian lebih lanjut apakah planet tersebut benar-benar mirip dengan Bumi atau tidak.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel