Cara Menarik Konsumen paling Efektif

8 Aug 2023 20:00 509 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Cara Menarik Konsumen Terefektif

Di era digital seperti saat ini persaingan di sektor retail semakin hari menjadi semakin ketat. Ada banyak orang lebih suka berbelanja melalui aplikasi e-commerce dimana mereka berpikir bahwa berbelanja online melalui desktop dan smartphone jauh lebih cepat, mudah dan nyaman dibandingkan pergi secara langsung ke toko-toko. Namun beberapa konsumen ada yang kurang mempercayai kualitas toko online dan karena itu cenderung meneliti produk-produk yang mereka inginkan lebih mendetail sebelum memutuskan untuk membeli. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa retail masih bisa berkembang di era digital.

Apa saja cara menarik konsumen mengunjungi toko anda di era digital saat ini ? Simak kiat-kiat berikut ini yang bisa menjadi pegangan anda agar tidak salah dalam berbelanja dan menemukan toko yang bagus.

1/ Buat toko anda membangkitkan rasa penasaran pelanggan

Anda bisa menarik perhatian pelanggan anda dengan mendekorasi toko anda supaya terlihat dekoratif. Bisa dimulai dengan mengganti background dinding toko dan menambahkan berbagai dekorasi dengan mengusung tema yang sesuai dengan konsep toko. Ini akan mendorong rasa ingin tahu para pengunjung anda untuk segera masuk ke toko anda dan membaca dengan teliti berbagai produk yang anda cari.

2/ Mengatur tata letak setiap produk di toko anda

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyentuh item meningkatkan kemungkinan pembelian produk sehingga pemilik toko cenderung memesan produk unggulan mereka dengan cara yang lebih mudah diakses oleh pembeli potensial. Nah dalam hal ini pernahkah anda memperhatikan berbagai macam produk yang dijual di beberapa supermarket ? Beberapa produk seperti bunga dan roti panggang contohnya sering dipajang di bagian depan agar lebih mudah diakses oleh semua pengunjung. Juga perlu diketahui ada beberapa alasan mengapa bunga dan juga roti panggang mesti dipajang di depan sebuah toko dan mudah untuk dijangkau oleh pelanggan. Pertama adalah keduanya mempunyai margin keuntungan yang lebih besar. Kedua adalah bunga dan roti memiliki aroma khusus yang dapat mengaktifkan kelenjar ludah anda dan inilah yang menjadi pendorong tangan anda untuk segera menambahkan kedua produk ke troli. Supermarket sering menyembunyikan produk-produk susu dan kebutuhan lainnya di belakang sehingga mereka secara tidak langsung akan memaksa pelanggan untuk berjalan melalui seluruh toko untuk menjangkaunya.

3/ Bersikaplah ramah terhadap pengunjung toko anda

Berikan setiap pengunjung yang masuk ke toko anda dengan sambutan hangat. Perlakukan mereka seperti teman dekat atau bahkan keluarga anda sendiri. Ini akan membuat para pengunjung toko akan merasa nyaman dan dihargai ketika mereka mengunjungi toko anda. Secara tidak langsung hal ini akan membuat mereka memandang toko anda secara positif. Anda juga bisa meniru layanan beberapa merek besar lainnya untuk menyambut para pembeli seperti menawarkan air, jus dan makanan ringan. Layanan ini bisa membantu para pelanggan merasa sangat nyaman dan betah menghabiskan cukup waktu di toko milik anda. Anda dapat membangun hubungan yang baik sehingga dapat mempercayai para pelanggan seperti anda mempercayai teman-teman anda sendiri.

4/ Buat database untuk pelanggan setia anda

Setelah melakukan transaksi, jangan langsung ditutup, anda bisa memberikan banyak informasi tambahan kepada pelanggan tentang toko anda atau merek produk yang hendak anda tawarkan. Anda juga bisa memberikan rekomendasi tentang berbagai produk yang mungkin dibutuhkan pengunjung. Untuk dapat memuaskan pengunjung, anda juga harus memahami berbagai kebutuhan pengunjung seperti merek, jenis dan model produk yang mereka sukai. Jika mereka mau, anda juga dapat menawarkan program loyalitas atau keanggotaan yang tersedia di aplikasi checkout toko. Dengan program ini maka anda dapat mengetahui jumlah pelanggan setia anda serta memberikan informasi tentang penawaran menarik dari database.

5/ Mengadakan acara menarik untuk pelanggan setia anda

Apabila anda hendak meluncurkan produk-produk baru, anda dapat mengadakan acara yang menyenangkan untuk memperkenalkan produk anda. Selain mempromosikan melalui website anda, anda juga bisa membangun database yang akan menjadi pelanggan setia melalui acara ini. Anda juga bisa mengadakan even dengan berbagai promosi serta undian berhadiah menarik untuk setiap pelanggan setia.

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel