Marketing Bisnis untuk Kost-an? Disini Tempatnya!

8 Aug 2023 17:00 644 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Cara Melakukan Marketing Bisnis Kost

Dalam melakukan sebuah bisnis, tentu saja pemasaran menjadi hal utama yang mendapat perhatian serius. Dengan melakukan pemasaran yang optimal maka produk bisnis anda akan menjadi lebih banyak dikenal oleh para calon konsumen sehingga ini akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pelanggan. Hal tersebut tentunya berlaku ketika anda menjalankan bisnis kost. Dengan melakukan strategi marketing bisnis kost yang tepat maka bisnis kost anda dapat lebih dikenal dan mudah terisi oleh para calon penghuni baru.

Cara Melakukan Marketing Bisnis Kost

Meskipun terlihat mudah, menjalankan bisnis kost tidak bisa dilakukan asal-asalan. Membutuhkan beberapa cara dan strategi yang dapat anda terapkan agar kost mendapatkan banyak peminat dan terisi penuh. Berikut ini adalah beberapa cara yang biasa dilakukan untuk marketing bisnis kost.

1/ Word of mouth

Salah satu cara pemasaran yang paling umum dilakukan adalah word of mouth atau pemasaran dari mulut ke mulut. Meskipun tergolong konvensional, tetapi cara ini masih menjadi hal yang paling sering dilakukan oleh para juragan kost. Cara pemasaran dari mulut ke mulut ini masih menjadi andalan karena cara pemasaran ini tergolong murah dan tidak perlu mengeluarkan modal lebih untuk melakukan promosi. Namun sayang sekali cara ini belum bisa menjangkau target pasar secara luas karena target pasar yang dilakukan dengan marketing bisnis kost dari mulut ke mulut terbatas kepada calon konsumen yang datang secara langsung atau berada di sekitar lokasi saja.

2/ Promosi di area sekolah atau kampus

Cara kedua bisa anda lakukan guna memaksimalkan bisnis kost anda supaya terisi penuh adalah dengan melakukan promosi. Salah satunya adalah dengan melakukan promosi di area sekolah atau kampus terutama jika anda menargetkan siswa/wi atau mahasiswa/wi sebagai marketnya. Sebelum melakukan cara ini maka pastikan loksai bisnis kost anda dekat dengan sekolah atau kampus karena promosi jenis ini terbatas ditujukan kepada siswa/wi dan mahasiswa/wi yang sedang mencari kost di dekat kampus. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan misalnya adalah dengan menyebarkan brosur di beberapa tempat yang menjadi pusat kebutuhan siswa/wi atau mahasiswa/wi seperti kantin, warung makan hingga warnet.

3/ Marketing bisnis kost lewat koran atau radio

Cara ketiga yang dapat dilakukan adalah dengan memasang iklan di Koran atau radio. Sama halnya dengan melakukan pemasaran dengan cara lain, beriklan di Koran atau radio mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satu kelebihan yang anda peroleh adalah potensi brand awareness yang tinggi. Jangkauan Koran dan radio cukup tinggi sehingga bisa sampai kepada para calon konsumen yang lebih luas. Di sisi lain target pasar yang dimaksud tidak spesifik kepada kelompok tertentu sehingga lebih acak. Namun biaya-biaya yang dikeluarkan untuk beriklan juga lebih banyak. Nah buat anda yang terkendala biaya maka bisa melakukan dengan cara lain seperti mencoba pemasaran digital atau digital marketing.

Cara Marketing Bisnis Kost Dengan Digital Marketing

Pemanfaatan digital marketing kini bisa dilakukan dengan beberapa cara dimana modal utama yang dibutuhkan adalah internet, komputer pribadi serta waktu luang untuk memasarkan kost anda di beberapa media berikut ini.

1/ Melalui media sosial

Cara Melakukan Marketing Bisnis Kost

Media sosial menjadi salah satu media marketing bisnis kost termudah dan termurah bisa anda lakukan. Di samping tidak menggunakan modal, memasarkan kost di media sosial pastinya sangat mudah dilakukan karena anda sudah terbiasa mengoperasikan akun pribadi. Ada banyak media sosial bisa dimanfaatkan supaya bisnis kost anda mendapatkan banyak peminat mulai dari Instagram, TikTok, Twitter, Facebook bahkan WhatsApp. Jika anda masih bingung untuk memulainya maka anda bisa melakukan pemasaran bisnis kost dengan konten yang sederhana seperti mulailah menggunakan video atau unggahan foto yang memancing calon konsumen untuk menaruh minat tinggal di kost-kostan anda.

2/ Google My Business

Seperti yang anda ketahui bahwa Google merupakan salah satu mesin pencari yang saat ini banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan Google sebagai salah satu media marketing bisnis kost anda. Salah satu yang bisa andacoba adalah Google My Business merupakan fitur listing yang dimiliki oleh Google guna menyediakan berbagai informasi bisnis kepada para pelanggan. Dengan menggunakan fitur ini maka jangkauan pemasaran bisnis kost anda pastinya menjadi lebih luas dan berpotensi untuk menarik konsumen lebih banyak. Sebab saat ada yang mencari kost di Google Search maka kost anda mempunyai kemungkinan besar untuk muncul dan dilihat oleh calon konsumen. Namun kalau anda tidak mau ribet guna memasarkan bisnis kost tentunya masih ada cara lain yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan mengiklankan bisnis kost anda di lain yang bisa dilakukan. Salah satu yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengiklankan bisnis kost anda di beberapa web site yang khusus menyediakan layanan ini bisa anda temukan di internet.

Cara Melakukan Marketing Bisnis Kost

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel