Mengenal Kisah Sukses Sri Prakash Lohia di Indonesia

11 May 2023 10:06 1256 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Kisah Sukses Sri Prakash Lohia Di Indonesia

Apakah anda mengenal tokoh bernama Sri Prakash Lohia ? Semua orang terutama di Indonesia pastilah pernah mendengar nama Sri Prakash Lohia. Ia adalah orang terkaya yang menduduki peringkat kelima di seluruh Indonesia dan berhasil masuk daftar Forbes 2016 sebagai kategori orang-orang kaya di Asia. Pria keturunan China ini pindah ke Indonesia pada tahun 1973, kemudian perjalanan karirnya menuntun dia menjadi seorang Direktur di perusahaan petrokimia dan memiliki beberapa pabrik tekstil. Sebagai pengakuan atas segudang prestasinya, dia diberikan ‘Pravasi Bhartiya Samman Award’ atau Penghargaan India Rantau oleh Presiden India pada tahun 2012. Sri Prakash Lohia adalah pendiri dan pemilik dari Indorama Corporation (induk perusahaan yang bergerak di bidang petrokimia dan tekstil). Perusahaan yang dinaungi adalah sejenis perusahaan pembangkit tenaga listrik petromimia yang membuat beragam jenis produk industri dan saat ini telah berkembang menjadi produsen bahan baku tekstil terbesar dan mempunyai fasilitas manufaktur yang sukses tersebar di seluruh Indonesia kemudian berkembang ke Uzbekistan dan Thailand. Indorama menjadi hasil perpaduan dari suku kata Indo dan Rama dimana Indo singkatan dari Indonesia dan Rama berasal dari Dewa Rama. Perjalanannya hingga menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia adalah dimulai hampir empat dekade yang lalu, dimana diketahui bahwa pria ini dilahirkan di Kolkata pada tahun 1952 dan belajar perdagangan di Universitas Delhi sebelum lulus pada tahun 1971.

Sri Prakash Lohia sekarang tinggal di London untuk keperluan mengurus bisnis internasionalnya tetapi dia tercatat masih sebagai orang Indonesia/WNI. Di Jakarta dia sukses membuka sekolah Politeknik bernama Politeknik Sekolah Teknik Indorama. Banyak modal yang diinvestasikannya di sekolah ini yang hampir setiap tahun menjadi favorit remaja di Indonesia. Dia juga sukses mendirikan beberapa perusahaan asing di Turki dan Nigeria. Perusahaan yang dimiliki juga berkembang pesat berkat bantuan tangan-tangan dingin anak-anaknya yang membantunya menangani beberapa bisnisnya.

Bagaimana Perjalanan Orang Terkaya Ketiga Di Indonesia Ini ?

Pria berdarah China ini lahir di India pada tahun 1956 yang selanjutnya bersama dengan seluruh keluarga besarnya pindah ke Indonesia pada tahun 1973. Ayahnya bernama Mohan Llal Lahia yang sejak masa muda sudah sukses mengelola bisnia garmen. Terinspirasi dari sang ayah, Sri Prakash Lohia kemudian memulai mengelola sebuah perusahaan baru bernama Indorama Synthetics pada tahun 1976. Pada awalnya, perusahaannya hanya memproduksi benang sintetis kemudian ia dan salah seorang saudaranya bernama Anil Prakash mulai mengembangkan produk mereka seperti serat polyester dan PET (polyester grade botol). Kemudian pada tahun 1995, perusahaannya juga memproduksi resin dan dari sinilah dia berhasil mengumpulkan banyak keuntungan yang mengaliri seluruh perusahaan di bawah kepemimpinannya yang sangat signifikan. Dari satu perusahaan, dia kemudian mengembangkan bisnis di bawah bendera Indorama Shebin, ISIN Lanka dan Indorama IPLIK dimana masing-masing menghasilkan beragam jenis produk yang ada hubungannya dengan seat sintetis seperti polypropylene, resin PET, polietilen dan semacamnya. I juga berhasil membangun Medisa Technologies yang khusus memproduksi sarung tangan medis yang produknya menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia.

Semoga bermanfaat.

Tags Keluarga

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel