Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan Kulit Wajah

11 Jul 2023 13:20 512 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Manfaat Ampas Teh Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Apakah anda adalah penyuka minuman teh ? Minuman ini bisa dinikmati hangat atau dijadikan es teh, rasanya segar. Teh merupakan salah satu minuman yang saat ini banyak disukai oleh semua kalangan di seluruh dunia. Biasanya teh diminum sebagai teman sarapan pagi dengan cara diseduh, di Indonesia, banyak orang memiliki kebiasaan setelah selesai menyeduh teh kemudian langsung membuang begitu saja ampas teh ke dalam tong sampah. Namun apakah anda mengetahui bahwa ampas teh ini memiliki banyak manfaat terutama yang ada hubungannya dengan kecantikan kulit wajah ? Teh selain nikmat untuk diminum, ampasnya bisa anda manfaatkan untuk menghaluskan kulit wajah. Ampas teh mempunyai kandungan anti inflamasi serta anti bakteri yang cocok untuk kesehatan kulit wajah. Dilansir dari hellosehat dan halodoc, beberapa manfaat ampas teh untuk kecantikan kulit wajah diantaranya adalah sebagai berikut :

1/ Mengobati peradangan jerawat

Zat katekin yang terdapat di pori-pori wajah mempunyai sifat anti bakteri. Inilah yang menjadi penyebab hormon di sekitarnya menjadi stabil karena membantu mengatur daya kerja yang optimal sehingga bisa menekan munculnya jerawat di wajah menjadi sedikit. Caranya sangat mudah dilakukan yaitu tempelkan saja ampas teh di permukaan kulit wajah yang berjerawat lalu diamkan selama 10 menit dan lanjutkan dengan membilas menggunakan air hangat-hangat kuku. 

2/ Menghilangkan kantong mata hitam

Ampas teh mengandung antioksidan serta zat tanin yang ampuh dimanfaatkan untuk melenyapkan kantong mata. Ampas teh memiliki kandungan vitamin K yang berguna untuk membantu menyamarkan lingkaran hitam yang muncul di area sekitar mata. Untuk menghilangkan kantong mata ini sangat mudah dilakukan dengan menggunakan ampas teh yaitu sebelumnya ampas teh disimpan di dalam lemari es atau freezer selanjutnya dalam keadaan dingin tempelkan ampas teh tersebut di atas kelopak mata yang tertutup oleh area kantong mata yang biasanya berwarna agak gelap dari warna kulit normal. Lakukan ini selama 15 menit saja dan rutin sebanyak 2 kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3/ Meremajakan kulit wajah

Dilansir dari hellosehat, penelitian menunjukkan hasil bahwa jika ampas teh hijau dapat dimanfaatkan untuk meremajakan kulit wajah sehingga sel-sel kulit mati akan terangkat serta ampuh menumpas flek hitam di area wajah. Untuk meremajakan kulit dengan menggunakan ampas teh, caranya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan ampas tteh hijau secukupnya dengan 2 sendok makan madu. Berilah sedikit perasan jeruk lemon lalu aduk-aduk hingga tercampur dengan rata kemudian oleskan sebagai masker di area leher dan wajah lalu diamkan selama 5 hingga 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan hal ini secara rutin selama 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

4/ Sebagai anti penuaan dini

Ampas teh mempunyai khasiat sebagai media untuk mencegah penuaan dini. Zat yang terkandung di dalam ampas teh ampuh untuk mencegah masalah penuaan dini pada kulit wajah dan leher seperti adanya kerutan, garis-garis halus, kulit kendur dan lain sebagainya. Untuk mencegah terjadinya proses penuaan dini ini caranya adalah anda cukup mencampurkan 3 sendok makan yogurt dengan 1 sendok makan ampas teh serta sejumput bubuk kunyit. Campurkan dengan cara mengaduk-aduk secara merata lalu oleskan ke area wajah dan leher selanjutnya diamkan selama 20 menit kemudian bilas. 

Itulah empat manfaat yang terkandung dalam ampas teh untuk menjaga kecantikan kulit wajah anda. Jika anda sudah mengetahuinya maka mulai saat ini jangan lagi membuang ampas teh karena di dalamnya banyak tersimpan kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kecantikan wajah. Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 68
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel