Sukses Membangun Bisnis Ala Erick Thohir

26 Apr 2023 10:52 657 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Sukses Membangun Bisnis Ala Erick Thohir

Apakah anda mengenal sosok yang cukup populer di Indonesia bernama Erick Thohir ? Semua orang pastilah pernah mendengar nama ini. Kesuksesannya dalam mengelola beberapa bidang bisnis sudah tidak diragukan lagi karena sangat cerdas. Kiprahnya adalah sebagai seorang pengusaha yang handal menghantarkannya menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia yang ke-9, bekerja di bawah periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo. Tentunya tokoh inspiratif ini tidak serta merta didapuk menjadi seorang Menteri BUMN, Erick Thohir pada awal karirnya adalah seorang pengusaha yang mengelola bisnis keluarga. Ayah Erick bernama Teddy Thohir merupakan pengusaha Astra Internasional Tbk. Membawahi beberapa lini bisnis. Usai menyelesaikan pendidikannya, Erick dipercaya untuk menangani beberapa diantara bisnis-bisnis milik sang ayah seperti Hanamasa dan Pronto. Namun tak lama selanjutnya Erick Thohir memutuskan untuk keluar dari bisnis keluarga untuk membangun bisnis miliknya sendiri.

 

Bisnis Pertama Erick Thohir

Pertama kali berniat menekuni sebuah bisnis besar, ia mulai dengan bermain saham. Erick kemudian mendirikan Mahaka Group bersama dengan 3 teman-temannya dimana diketahui bahwa awalnya, perusahaan ini bergerak di bidang pertambangan, keuangan dan juga media. Seiring dengan waktu yang berjalan ke masa depan, bisnis yang ia kelola mengalami perkembangan yang mumpuni, Erick memberanikan diri merambah bidang-bidang lainnya khususnya di bidang media dengan mengelola stasiun TV lokal yaitu JakTV serta sejumlah stasiun radio seperti GEN 98.7 FM, Prambors FM, Delta FM dan FeMale Radio.

Dalam hal pengembangan bisnis, Erick Thohir sama dengan sang ayah yaitu memiliki tangan dingin terutama di bidang media telah dibuktikan dengan keberhasilannya mengangkat kembali pamor harian Republika yang pada saat itu sedang dalam kondisi kurang bagus. Tokoh inspiratif dunia media ini juga semakin mengukuhkan kiprahnya dengan menjabat sebagai Direktur utama PT. Visi Media Asia Tbk merupakan induk usaha dari TVOne. Kecerdasannya tak berhenti sampai di sini, ia kemudian merambah dunia olahraga dengan sukses menjadi pemilik beberapa klub olahraga. Mulai dari basket hingga sepakbola, baik di dalam maupun di luar negeri. Pengalaman bisnisnya yang cukup mumpuni inilah membuatnya dipercaya untuk menangani badan usaha milik negara sebagai seorang menteri.

Meskipun terdengar mudah, perjalanan Erick tentu saja tidak selamanya lancar. Dimana posisi yang didudukinya saat ini adalah sebagai buah dari ketekunan dan keuletannya sebagai seorang pengusaha. Mengagumkannya lagi, meskipun berasal dari keluarga yang terbilang mampu, Erick tidak sepenuhnya bergantung kepada kesuksesan bisnis keluarganya. Keputusan yang dibuatnya untuk keluar dari bisnis keluarga untuk membangun usahanya sendiri merupakan bentuk kemandirian yang wajib ditiru. Kekayaan keluarga yang dimiliki dimanfaatkan secara optimal efisien dan efektif yang menjadi modal dasar untuk membangun bisnisnya saat ini.

Di samping modal yang dimilikinya, kesuksesan Erick Thohir juga dipengaruhi oleh keuletannya dalam mencari celah-celah bisnis dan karakter dasar dari pribadi yang tidak mudah puas dengan apa yang telah diperoleh menghantarkannya menduduki kursi jabatan yang cerah di masa depannya. Keuletannya membuatnya tak segan-segan untuk membuka koneksi baru agar bisnisnya yang sudah tumbuh besar dapat berkembang lebih maju. Usaha-usaha yang dilakukannya tersebut berbuah manis. Kini Erick bisa dibilang sebagai salah satu pengusaha yang patut diperhitungkan dalam industri tanah air.

Semoga bermanfaat.

 

Tags Biografi

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel