Tips Mereda Perang Dingin di Kost

11 Apr 2023 18:50 410 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Mereda Perang Dingin Di Kost

Ketika anda memutuskan untuk menjadi anak kost, kemungkinan besar anda akan menemukan beragam jenis karakter di lingkungan kost dimana anda tinggal untuk sementara waktu. Ada karakter bijaksana, pendiam hingga orang-orang yang mudah tersulut emosi. Apabila secara kebetulan anda bertemu dengan teman yang gampang emosi, anda harus berhati-hati dalam bersikap. Karena kadang-kadang konflik sepele yang terjadi diantara anak-anak kost bisa saja ujung-ujungnya menjadi berantem heboh ! Hingga mengundang orang-orang sekitar menjadi ikut terbawa emosi. Nah ketika ada teman kost anda yang sedang berantem, inilah yang menyebabkan suasana kost mendadak menjadi mencekam dan terciptalah suasana yang kurang nyaman di dalam rumah sebagai akibat adanya perang dingin. Bicara pun haruslah berhati-hati supaya tidak ada yang tersinggung atau disangka memihak salah satu orang.

Hal Yang Harus Dihindari Ketika Teman Kost Berantem

Berikut di bawah ini ada beberapa hal yang seharusnya anda hindari ketika mengetahui ada teman dekat di tempat kost yang bertengkar dengan teman lainnya masih dalam satu rumah kost. Jika anda melakukan hal tersebut di bawah ini maka masalah yang terjadi diantara teman kost pasti bisa diredam supaya kemarahan tidak sampai memuncak dan berkeliaran hingga keluar rumah.

1/ Jangan memperkeruh suasana

Pada saat secara tidak langsung anda mengetahui ada dua teman kost bertengkar karena sesuatu hal, tentu kondisi ini bisa bikin pusing kepala. Nah agar tidak semakin heboh, hindarilah memperkeruh suasana dengan memanas-manasi kedua teman kost anda sehingga mirip dengan sebuah kompor yang sedang menyala disiram dengan bensin ! Suasana akan menjadi semakin rumit dan terciptalah kondisi tempat tinggal yang tidak sehat untuk ditempati. Teman kost yang curhat kepada anda tentunya sulit untuk dihindari. Dengarkan saja tetapi kalai pembicaraan sudah menjurus kepada masalah prinsip yang sedang mereka hadapi masing-masing maka sebaiknya anda tidak perlu ikut-ikutan memihal salah satu lalu menyudutkan yang lainnya. Jadilah penengah dalam hal ini, tugas anda adalah untuk mengontrol agar pembicaraan tidak melebar kemana-mana.

2/ Jangan membuat pertengkaran menjadi berlarut-larut

Jika anda sudah mengetahui ada masalah diantara dua teman kost anda lalu membiarkan begitu saja masalah menjadi berkepanjangan tentulah akan membawa dampak negatif bagi teman-teman yang lainnya. Dimana diketahui bahwa teman yang sedang berantem dalam satu rumah kost bikin suasana dalam kost menjadi kurang nyaman. Dalam hal ini berusaha menjadi orang yang bijak dengan cara menjadi penengah yang baik, anda bisa membantu mereka dalam menyelesaikan masalah sehingga perang dingin tidak berlangsung terlalu lama. Berusahalah memberikan pendapat yang sifatnya objektif terhadap permasalahan yang sedang mereka hadapi. Nah kalau anda merasa kurang mampu menyelesaikan seorang diri maka boleh mengajak teman kost lainnya untuk membantu melerai pertengkaran.

3/ Jangan memihak salah satu teman

Ketika anda mengetahui ada dua teman kost sedang bertengkar, pastilah aka nada momen dimana salah satu dari mereka akan curhat dengan anda (jika secara pribadi anda dekat dengan mereka). Usahakan terus berada di posisi netral terhadap kedua teman anda tersebut. Kalau anda sampai memihak salah satu dari mereka, bisa-bisa teman anda yang lain akan merasa jengkel. Alhasil pertengkaran keduanya menjadi semakin tajam dan membutuhkan waktu lama untuk mendamaikan mereka karena akan muncul permasalahan baru yang datangnya dari anda. Tugas anda dalam hal ini adalah sebagai penengah konflik yaitu dengan memberikan penjelasan yang sifatnya rasional kepada masing-masing teman yang sedang bermasalah agar masalah yang ada bisa terselesaikan dengan baik. Ambil tindakan yang bijaksana tanpa memihak salah satu teman jika asudah mengetahui teman kost sedang berantem. Sekarang saatnya beraksi sebagai penengah untuk meredakan konflik.

Lakukan kega cara tersebut di atas yang praktis membantu membuat perang dingin antar teman kost cepat mereda. Bantulah agar emosi diantara keduanya cepat mereda. Ngobrol masalah ringan dengan mereka agar konflik terselesaikan. Dimana pun anda tinggal pasti saja ada masalah. Tidak terkecuali saat memutuskan untuk menjadi anak kost dank an bertemu dengan teman-teman yang mempunyai latarbelakang karakter berbeda-beda. Pastilah suatu saat bakal terjadi konflik. Kalau ada teman kost yang berantem, anda bisa mencoba cara di atas sebagai penengah.

Semoga konflik cepat selesai.

Tags News

About The Author

Utamii 64
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel