Tips Naik Bus Nyaman

10 Apr 2023 14:20 780 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Naik Bus Nyaman

Apa yang akan anda lakukan jika memiliki keperluan bepergian menuju ke suatu kota untuk kepentingan pribadi, wisata atau bisnis tetapi di rumah sedang tidak ada kendaraan pribadi yang akan digunakan seperti mobil atau sepeda motor ? Solusinya adalah dengan memanfaatkan salah satu moda transportasi darat bernama bus yang senantiasa menjadi favorit untuk bermobilitas antar kota maupun antar provinsi. Sejumlah rute bus maupun travel yang saat ini menjadi favorit di daerah Jabotabek adalah Jakarta-Bandung PP, Jakarta-Yogyakarta PP, Jakarta-Semarang PP dan lain sebagainya. Dengan didukung adanya pemenuhan protocol kesehatan yang berlaku saat ini maka anda tidak perlu lagi merasa khawatir untuk naik bus. Selama protocol kesehatan tersebut anda taati dengan baik maka niscaya perjalanan anda tetap sehat, aman dan nyaman sampai tujuan.

Tersebut di bawah ini kami berikan penjelasan mengenai beberapa tips naik bus nyaman sehingga perjalanan anda menyenangkan dilakukan dan juga aman. Yuk simak bersama-sama.

1/ Sebelum berangkat naik bus

Yang pertama adalah menentukan detail utama perjalanan anda contohnya adalah tujuan, tanggal pergi, jumlah penumpang dan bujet perjalanan. Anda perlu mengetahui tentang beberapa syarat perjalanan lainnya yang diberlakukan saat anda bepergian seperti sertifikat atau kartu vaksin, dan hasil tes rapid antigen. Karena saat ini usai era pandemi ada beberap syarat terbaru yang ada hubungannya dengan bepergian naik bus. Sebaiknya kurangi interaksi fisik dengan penggunaan uang tunai pada saat memesan tiket bus. Cara praktis yang dapat dilakukan tanpa perlu datang ke terminal atau agen adalah dengan cara memesan tiket yang dilakukan secara online atau daring. Anda bisa memesan langsung tiket bus melalui platform yang memudahkan anda bertransaksi seperti Traveloka. Jangan lupa untuk beristirahat secukupnya sebelum berangkat sehingga tubuh memiliki stamina atau kondisi prima. Persiapkan hal-hal lainnya seperti mengemas barang-barang bawaan dengan cara praktis dan ringkas juga jangan lupa barang-barang keperluan utama lebih diingat dan jangan sampai terlewatkan seperti menyiapkan starter pack di era pasca COVOD-19 yaitu masker utama serta masker cadangan, cairan pembersih tangan (hand sanitizer), sarung tangan, vitamin, obat-obatan dan lain sebagainya. Usahakan untuk menyiapkan bekal makanan dan minuman secukupnya sebelum berangkat. Kenakan jaket atau pakaian lengan panjang dari bahan yang tidak menyebabkan rasa panas. Ini bertujuan untuk mengurangi risiko kontak fisik secara langsung dengan orang lain. Perhatikan kondisi cuaca saat akan bepergian, jika kebetulan sedang musim hujan maka sebaiknya perhatikan tips berlibur yang aman dan nyaman di musim hujan seperti jangan lupa bawa payung atau jas hujan.

2/ Menuju dan saat di terminal bus

Usahakan untuk tiba lebih awal di area pool atau terminal bus yaitu setidaknya satu sampai dua jam sebelum jadwal keberangkatan. Siapkan e-tiket bus yang sudah anda pesan melalui Traveloka serta identitas diri seperti KTP untuk proses verifikasi atau check-in. Protokol kesehatan tetap dipatuhi yang telah disiapkan oleh pihak pengelola maupun operator bus misalnya adalah pengecekan suhu tubuh. Sebagai informasi, operator bus maupun travel yang mempunyai mitra resmi dengan Traveloka telah memastikan agar terlaksananya protocol kesehatan demi keamanan dan kenyamanan anda selama dalam perjalanan. Gunakan selalu masker (bila perlu pakai masker ganda yaitu jenis masker medis yang dilapisi dengan masker kain). Lalu tunggu bus dengan tetap menjaga jarak aman antar sesama penumpang lainnya minimal satu meter. Hindari menyentuh benda atau property yang ada di sekitar anda seperti pegangan kursi tunggu, tiang gedung, gagang pintu dan sebagainya. Bila lapar atau haus utamakan untuk makan bekal yang anda bawa dari rumah.

3/ Perjalanan dalam bus

Masuk ke dalam bus sesuai arahan petugas dan jangan lupa tetap menjaga jarak dengan penumpang lainnya (jangan berdesak-desakan). Letakkan koper atau tas besar di tempat yang tersedia. Pisahkan barang-barang pribadi (tas kecil, dompet, ponsel, earphone, powerbank, makanan dan minuman, masker cadangan dan lain sebagainya) untuk dibawa bersama dengan anda ketika duduk. Bersihkan tangan dengan memakai hand sanitizer yang telah disediakan oleh pengelola bus atau bisa anda bawa sendiri. Duduklah sesuai dengan kursi yang anda pesan dan pastikan ada jarak aman dengan penumpang lain. Selalu kenakan masker anda dan jangan melepas atau menurunkannya kecuali saat makan dan minum. Sebaiknya tidak berbicara saat perjalanan di dalam bus. Minimalkan kontak dengan permukaan benda dalam bus, sisihkan waktu untuk istirahat atau tidur selama perjalanan.

Beberapa Informasi Kontak Penting

Di samping selalu mematuhi pedoman protocol kesehatan naik bus sebelum berangkat hingga dalam perjalanan, tidak ada salahnya anda selalu menyimpan nomor kontak penting seperti :

1/ Call Center di Badan Nasional Penanggulangan Bencana / BNPM (117)
2/ Call Center Kementrian Kesehatan (119 ext 9).

3/ Situs Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Indonesia : https://covid19.go.id/

4/ Situs Provinsi DKI Jakarta : https://corona.jakarta.go.i/

5/ Situs Provinsi Jawa Barat : https://pikobar.jabarprov.go.id/#/

6/ Situs Provinsi Jawa Tengah : https://corona.jatengprov.go.id/

5/ Situs Provinsi Jawa Timur : https://infocovid19.jatimprov.go.id/

6/ Situs Provinsi DI Yogyakarta : https://corona.jogjaprov.go.id/

7/ Situs Provinsi Bali : https://infocorona.baliprov.go.id/

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel