Beda ChatGPT 4 dan GPT Pendahulunya

7 Apr 2023 21:20 1315 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Perbedaan GPT 4 daan GPT 3.5 pada ChatGPT terdapat pada fitur baru dan peningkatan kemampuannya. Empat diantaranya adalah fitur input dan output multimodal,peningkatan akurasi,dan peningkatan keamanan

Apa itu ChatGPT- 4?

ChatGPT-4 adalah versi terbaru dari sistem model bahasa OpenAI yang diluncurkan pada tanggal 14 Maret 2023 lalu. Versi sebelumnya,GPT-3.5,telah mendukung sistem chatbot ChatGPT dalam mendapatkanpopularitas yang tinggi saat diluncurkan pada bulan November 2022 lalu.

Apa itu ChatGPT- 3.5?

Chatbot ini dibuat berdasarkan GPT- 3.5,ssebuah model bahasa alami yang menggunakan proses pembelajaran deep learning. ChatGPT ini langsung menggemparkan industri teknologi dan internet. Pasalnya,chatbot ini bisa menjawab pertanyaan user dengan langkah yang sama seperti manusia namun dalam bentuk teks otomatis.

Perbedaan GPT 4 daan GPT 3.5 pada ChatGPT terdapat pada fitur baru dan peningkatan kemampuannya. Empat diantaranya adalah fitur input dan output multimodal,peningkatan akurasi,dan peningkatan keamanan.

Berikut rangkuman penjelasan lebih lanjut soal perbedaan ChatGPT versi GPT 4 dibandingkan versi GPT 3.5

  • GPT- 4 Usung Fitur Input dan Output Multimodal.

Kemampuan GPT- 4 untuk memproses tipe input dan output berbeda menjadi salah satu keunggulan chatbot seperti ChatGPT.

kemampuan ini memungkinkan chatbot merespon pertannyaan dengan video atau gambar alih-alih hanya sekedar teks. Ini tentu saja dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan meningkatkan interaksi lebih baik. Namun,sekedar catatan,kemampuan ini masih dalam pengembangan.

  • GPT- 4 Lebih Baik Menangani Tugas Multitugas.

OpenAI menyebut GPT- 4 memiliki kemampuan untuk mengerjakan berbagai  tugas secara berbarengan dengan lebih baik dibandingkan dengan versi GPT- 3.

Peningkatan ini membuat GPT- 4 dapat lebih baik membantu perusahaan atau organisasi yang mengandalkan teknologi AI. Misalnya, GPT- 4 dapat membuat layanan customer service secara otomatis dengan cara cepat. Ia misalnya,dapat menangani berbagai pertanyaan sekaligus dalam satu waktu dengan lebih baik.

  • GPT- 4 Lebih Akurat.

Open AI juga menyebut hasil GPT- 4 kini lebih akurat dari sebelumnya. Menurut mereka ini dapat membuat informasi yang dikumpulkan dari internet lebih reliabel dan terpercaya.

Aplikasi sepeerti mesin penelusuran yang mengandalkan GPT- 4 dapat menyediakan hasil lebih akurat dan krebidel,mengurangi penyebaran informasi keliru dan meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap aplikasi.

  • GPT- 4 Diklaim Lebih Aman.

OpenAi menyatakan telah melakukan pengembangan lebih dari enam bulan untuk memastikan GPT- 4 lebih aman dengan memperketat monitoring dan berkolaborasi dengan para pakar dibidang-bidang sensitif seperti pengobatan dan geopolitik untuk memastikan respons akurat dan aman.

Dalam pengalamannya,OpenAI menekankan bahwa sistem GPT- 4 akan "82 persen lebih mengurangi respons untuk konten terlarang dan 40 respons lebih baik dalam memberikan respons faktual dibandingkan GPT-3.5."

 

Fitur GPT- 3

GPT-3 (Generative Pre-trained Transformer 3) adalah model bahasa alami yang dilatih menggunakan deep learning dan teknologi transformer. Model ini memiliki beberapa fitur, antara lain:

  1. Kemampuan untuk melakukan tugas-tugas bahasa alami yang beragam: GPT-3 dapat melakukan berbagai tugas bahasa alami seperti menerjemahkan teks, menghasilkan teks baru, menyelesaikan kalimat, dan banyak lagi.
  2. Skala besar: GPT-3 memiliki lebih dari 175 miliar parameter, yang membuatnya menjadi salah satu model terbesar dan paling canggih saat ini.
  3. Kemampuan untuk belajar dari data yang luas: GPT-3 dilatih menggunakan sejumlah besar data bahasa alami yang beragam, termasuk buku, artikel, dan dokumen lainnya, yang memungkinkannya untuk memahami bahasa manusia dengan lebih baik.
  4. Fleksibilitas: GPT-3 dapat digunakan dalam berbagai aplikasi dan platform, termasuk chatbot, asisten virtual, dan aplikasi produktivitas.
  5. Kemampuan untuk menghasilkan teks yang berkualitas tinggi: GPT-3 dapat menghasilkan teks yang sangat mirip dengan teks manusia, yang membuatnya sangat berguna untuk menghasilkan konten, menjawab pertanyaan, dan memecahkan masalah lainnya.
  6. Kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi: GPT-3 dapat memahami konteks dan beradaptasi dengan situasi yang berbeda-beda, termasuk aksen, dialek, dan bahasa yang berbeda.
  7. Kemampuan untuk memperbaiki diri sendiri: GPT-3 dapat terus belajar dan memperbaiki diri sendiri berdasarkan penggunaannya dan data baru yang diambil.

Fitur GPT- 4

Berikut adalah beberapa fitur menarik yang dimiliki GPT-4:

  1. Kapasitas Memori yang Lebih Besar:GPT-4 memiliki kapasitas memori yang lebih besar daripada versi sebelumnya, yang memungkinkan sistem untuk belajar dari data yang lebih banyak dan lebih kompleks
  2. Kemampuan untuk Membaca dan Memahami Konteks:GPT-4 dilengkapi dengan kemampuan untuk membaca dan memahami konteks, yang memungkinkan sistem untuk lebih baik dalam menghasilkan teks yang berarti dan relevan.
  3. Peningkatan Kecepatan Proses:GPT-4 memiliki kecepatan proses yang lebih cepat daripada versi sebelumnya, yang memungkinkan sistem untuk menghasilkan teks dengan lebih cepat dan lebih efisien.
  4. Kemampuan untuk Menghasilkan Konten Multibahasa:GPT-4 juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan konten multibahasa, yang memungkinkan sistem untuk menghasilkan teks dalam berbagai bahasa dengan lebih mudah dan lebih efektif.
  5. Kemampuan untuk Menyesuaikan dengan Preferensi Pengguna:GPT-4 juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan dengan preferensi pengguna, yang memungkinkan sistem untuk menghasilkan teks yang lebih cocok dan relevan dengan kebutuhan dan preferensi pengguna.

 

Tags

About The Author

Mochamad Rafli Mahendra 22
Novice

Mochamad Rafli Mahendra

Mempelajari Dan Mengenal FOUR VISION MEDIA
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel