Lagi Viral, Apa Itu ChatGPT-4? Apakah Lebih Hebat Dibanding ChatGPT-3?

6 Apr 2023 10:06 1550 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
ChatGPT-4 adalah model bahasa baru yang dibuat oleh OpenAI yang dapat menghasilkan teks yang mirip dengan manusia. Ini merupakan kemajuan teknologi yang digunakan oleh ChatGPT-3.5. 

Dalam beberapa waktu terakhir, ChatGPT telah menjadi salah satu topik hangat yang ramai dibicarakan oleh setiap orang. ChatGPT dapat digunakan dengan gratis oleh siapapun dengan cara sebatas sign up dan login akun saja.

Namun, tahukah kamu bahwa pada 14 Maret 2023, ChatGPT baru saja resmi merilis ChatGPT-4? GPT versi 4 ini merupakan versi terbaru ChatGPT yang hanya bisa didapatkan melalui ChatGPT Plus.

Pada artikel ini, kitaakan membahaslebih rinci mengenai ChatGPT-4, mulai dari pengertiannya hingga perbandingannya dengan ChatGPT-3. Tapi, sebelum ke ChatGPT-4 kita harus mengetahui lebih dahulu tentang ChatGPT-3.

Apa Itu ChatGPT-3?

ChatGPT-3 (Generative Pre-trained Transformer 3) adalah model bahasa alami berbasis kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan oleh OpenAI. Ini adalah salah satu model bahasa terbesar dan paling canggih yang pernah dibuat, dengan 175 miliar parameter, yang memungkinkannya untuk memahami bahasa manusia dengan sangat baik dan menghasilkan teks yang menyerupai teks manusia.

ChatGPT-3 telah dilatih pada berbagai tugas bahasa alami, termasuk pemrosesan bahasa alami, penerjemahan mesin, dan penghasilan teks. Ini juga memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas seperti menghasilkan teks kreatif, menjawab pertanyaan, menerjemahkan bahasa, dan bahkan menghasilkan kode sederhana. ChatGPT-3 dapat digunakan dalam berbagai aplikasi yang membutuhkan pemahaman bahasa alami, seperti chatbot, analisis sentimen, dan asisten virtual, di antara banyak aplikasi lainnya.

Apa yang Baru di ChatGPT-4?

ChatGPT-4 adalah model bahasa baru yang dibuat oleh OpenAI yang dapat menghasilkan teks yang mirip dengan manusia. Ini merupakan kemajuan teknologi yang digunakan oleh ChatGPT-3.5. 

Menurut OpenAI, model bahasa generasi ini lebih maju dalam tiga bidang utama yaitu: kreativitas, masukan visual, dan konteks yang lebih panjang. 

  • Dalam hal kreativitas, OpenAI mengatakan ChatGPT-4 jauh lebih baik dalam berkreasi dan berkolaborasi dengan pengguna dalam proyek yang lebih kreatif. Contohnya termasuk musik, skenario, penulisan teknis.
  • Konteks yang lebih panjang juga berperan dalam hal ini. ChatGPT-4 kini dapat memproses hingga 25.000 kata teks dari pengguna. Anda bahkan dapat mengirimkan tautan web dan meminta GPT-4 untuk berinteraksi dengan teks halaman itu.
  • Dalam masukan visual kini ChatGPT-4 dapat menerima gambar sebagai dasar interaksi. Contohnya Chatbot diberi gambar beberapa bahan makanan dan ditanya apa saja yang di buat dengan bahan bahan itu.

Bahkan, OpenAI juga mengatakan bahwa GPT-4 secara signifikan lebih aman untuk digunakan dibandingkan generasi sebelumnya. Selama beberapa minggu sejak di luncurkan ChatGPT-4 telah banyak menerima ulasan yang sangat luar biasa dari para pengguna karena kemampuannya.

Keterbatasan

Saat membahas kemampuan baru ChatGPT-4, OpenAI juga mencatat beberapa keterbatasan model bahasa baru ini. Seperti versi sebelumnya, OpenAI mengatakan model terbaru ini masih memiliki masalah.

  • Memiliki pemahaman yang masih terbatas
  • Tidak memiliki emosi
  • Rentan terhadap bias
  • Dan, tidak selalu akurat

Perbedaan GPT-4 VS GPT-3

Untuk mengetahu lebih detail mengenai GPT-4 dan GPT-3,simak perbedaan dari keduannya berikut ini.

Keterangan GPT-3 GPT-4
Tanggal Perilisan November 2022 Maret 2023
Penggunaan Chatbot menjawab pertanyaan peringkasan teks Pemrosesan gambar dan teks Chatbot menjawab pertanyaan peringkasan teks
Aksesibilitas Variasi yang tersedia di OpenAI Playground. Tersedia untuk penggunaan komersial melalui paket harga Tersedia melalui langgan ChatGPT Plus.
Informasi Keterbatasan pengetahuan tentang peristiwa setelah tahun 2021 Keterbatasan pengetahuan tentang peristiwa setelah tahun 2021
Bahasa ChatGPT terbatas pada bahasa tertentu GPT-4 didesain untuk memahami bahasa yang lebih luas
Proses ChatGPT bersifat unimodal. Aplikasi ini hanya menerima input dalam satu bentuk, yaitu teks. GPT-4 bersifat multi-modal. Aplikasi ini dapat menghasilkan informasi dari teks dan gambar.
Jawaban ChatGPT dapat salah pada waktu tertentu GPT-4 lebih baik dalam menjawab dari pada GPT-3
Konteks GPT-3 dapat mengani hingga 4.096 tokens atau lebih dari 8.000 kata

GPT-4 dapat mengani hingga 32.000 tokens atau lebih dari 64.000 kata

 

Tags

About The Author

dahlan 24
Novice

dahlan

berbagi ilmu dan pengalaman pkl di Four Vision Media
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel