Kegunaan Dari Melakukan Analisa SWOT Untuk Keperluan Evaluasi Bisnis

30 Mar 2023 17:27 848 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kegunaan Dari Melakukan Analisa SWOT Untuk Keperluan Evaluasi Bisnis

SWOT adalah singkatan dari strengths, weakness, opportunities dan threats atau masing-masing diterjemahkan sebagai kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman dimana metode ini merupakan salah satu cara yang sederhana dilakukan guna membantu menganalisa kebutuhan bisnis. Anakisa SWOT sendiri pada mulanya dikenalkan oleh Albert S. Humphrey sekitar tahun 1960, dimana Albert memperkenalkan analisa ini ketika memimpin sebuah proyek riset di Stanford Research Institute. Secara umum, analisa SWOT bertujuan untuk membantu seseorang dalam perancangan strategi bisnis agar menjadi lebih sukses di masa mendatang. Tak hanya itu saja, metode ini juga mempunyai kemampuan untuk menemukan kelemahan yang bisa menghambat perkembangan bisnis.

Berikut ini adalah beberapa manfaat analisa SWOT yang lebih mendetail guna kesuksesan perusahaan meraup keuntungan.

1/ Membantu bisnis dalam penentuan strategi

Ketika sebuah perusahaan melakukan analisa SWOT maka secara otomatis anda juga akan mengetahui kondisi perusahaan ditinjau dari empat aspek yang dianalisa. Bermula dari titik tersebut maka perancangan strategi sudah bisa dilakukan. Secara tidak langsung akan muncul peluang dalam pengambilan keuntungan maupun pencegahan pesaing baru yang hendak memasuki pasar. Analisa SWOT dapat digunakan untuk strategi mengoptimalkan kekuatan maupun pengelolaan ancaman atau kelemahan.

2/ Membantu menghindar dari kerugian

Tidak hanya memperketat anggaran, manfaat analisa SWOT yang kedua adalah dapat membantu menghindarkan perusahaan dari kerugian. Meskipun diketahui bahwa keuntungan tidaklah selalu ada dan berbagai macam kendala bisa saja datang dengan tiba-tiba lalu menghambat laju sebuah perusahaan. Pada titik inilah analisa SWOT penting untuk dilakukan guna membantu mengurai kelemahan dan ancaman tersebut. Sebuah analisa SWOT dapat menjadi metode untuk mengamati potensi perusahaan, kelemaha, memproyeksi peluang, mewaspadai ancaman serta merumuskan konsep dan strategi yang relevan untuk menghindarkan perusahaan dari kerugian.

3/ Membantu membangun relasi bisnis

Sebaiknya untuk sebuah perusahaan dalam menjalin relasi dengan perusahaan lain haruslah sejalan dalam hal visi dan misi serupa. Kolaborasi ini akan menjadi salah satu step lanjutan guna memperkuat eksistensi masing-masing perusahaan dalam menghadapi persaingan yang semakin sengit di masa depan. Analisa SWOT dapat diterapkan guna membantu perusahaan dalam memproyeksikan kerjasama dengan pihak-pihak lain. Dimana diketahui ada berbagai macam tingkatan dalam strategi bisnis akan dapat mempertemukan berbagai perusahaan yang mempunyai visi dan misi sejalan tetapi tetap dapat berpegang terhadap visi dan misi masing-masing.

Tujuan Analisa SWOT

Beberapa tujuan dilakukannya analiasa SWOT sesuai dengan manfaat yang akan diperoleh oleh perusahaan antara lain adalah sebagai berikut :

  • Untuk memudahkan pemetaan faktor internal perusahaan yang memegang peranan penting sekaligus faktor eksternal seperti peluang atau ancaman.
  • Untuk memprediksi berbagai varian masalah yang berpotensi muncul.
  • Untuk mengetahui keberadaan posisi perusahaan di tengah arus persaingan antar bisnis dengan cara memanfaatkan informasi tentang perubahan guna mendapatkan keunggulan kompetitifnya.

Fungsi Analisa SWOT

Keberhasilan dalam melakukan eksekusi strategi dalam usaha pengembangan perusahaan merupakan salah satu indikator dari kesuksesan manajemen sebuah perusahaan. Sebaliknya adalah kegagalan dapat dikatakan sebagai tidak adanya relasi dan titik temu diantara faktor strategis lingkungan internal yang ada di dalam lingkungan eksternal serta hubungannya dengan visi misalnya adalah tujuan dan sasaran perusahaan bersangkutan. Untuk itulah dibutuhkan analisa SWOT yang berfungsi untuk memudahkan pengambilan keputusan setelah melalui perencanaan strategi dan penyelesaian masalah. Analisa SWOT merupakan tugas pokok terhadap tingkatan-tingkatan atas sebelum mendelegasikan pekerjaan ke tingkat bawah. Juga tingkat bawah perlu mempertajam analisa SWOT dengan melakukan pengumpulan data.

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel