Mengenal Penyakit Sebagai Penyebab Bunda Susah Hamil

7 Apr 2023 16:08 797 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Penyakit Sebagai Penyebab Bunda Susah Hamil

Mempunyai anak setelah menikah tentulah menjadi impian bagi masing-masing pasangan suami istri (pasutri). Tetapi setiap pasutri memiliki waktu yang berbeda-beda. Ada pasangan yang cepat dikaruniai momongan, tetapi ada juga yang harus mencoba dan menunggu bertahun-tahun hingga akhirnya bisa mempunyai anak. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi sumber penyebab mengapa pasangan suami istri yang sudah menikah bertahun-tahun susah hamil, baik dari sisi suami maupun istri. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri anda ke dokter kandungan untuk dapat mengetahui secara pasti beberapa penyakit yang dapat menyebabkan anda susah hamil.

Penyebab Susah Hamil Karena Penyakit Ini

Kehamilan adalah bukan sebagai suatu hal yang bisa ditentukan waktunya. Apabila anda sudah rutin berhubungan seksual tetapi tak kunjung bisa hamil, maka anda dan pasangan harus segera mencari tahu apa penyebab anda susah hamil agar anda berdua bisa mencari solusi yang tepat. Ada banyak penyebab susah menjadi hamil, mulai dari faktor usia, kualitas sperma yang kurang bagus, pola hidup tidak sehat hingga masalah kesehatan tertentu. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang mungkin menjadi penyebab anda susah hamil, diantaranya adalah :

1/ Endometriosis

Yang dimaksud dengan endometriosis adalah salah satu penyebab ibu-ibu susah hamil yang saat ini cukup banyak terjangkit di masyarakat Indonesia. Melansir dari National Institute of Child Health and Human Development (NICHD) ada sekitar 25-50% wanita tidak subur mempunyai endometriosis sedangkan sisanya yaitu sekitar 30-40% wanita dengan endometriosis cenderung tidak subur. Endometriosis terjadi pada saat jaringan yang melapisi bagian dalam rahim (endometrium) tumbuh di luar rahim seperti perut dan saluran tuba (tuba falopii). Dalam kondisi normal, jaringan endometriosis ini akan luruh ketika ibu-ibu memasuki masa menstruasi. Tetapi karena terletak di luar rahim, darah menjadi terjebak di bagian luar rahim. Jaringan yang salah tempat ini akan dengan mudah berkembang menjadi lesi dan bisa mengganggu siklus menstruasi pada wanita. Juga, endometriosis dapat menyebabkan peradangan perdarahan dan ketika menstruasi terasa sangat menyakitkan hingga infertilitas pada ibu-ibu bersangkutan.

2/ Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik atau PCOS merupakan gangguan hormon yang paling rentan dialami oleh 1 daei 10 wanita usia subur di dunia. Ibu-ibu dengan PCOS cenderung mengalami kondisi susah menjadi hamil, sehingga ini tentu saja menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi anda para bunda yang ingin segera menimang momongan. Gangguan hormon sebaai akibat adanya PCOS akan mengurangi kemampuan ovarium untuk matang dan melepaskan sel-sel telur ke tuba falopii. Apabila tidak ada sel telur yang dilepaskan maka tentu sel-sel sperma tidak dapat membuahi sel telur hingga terjadi kehamilan. Beberapa gejala PCOS adalah siklus haid tidak teratur, hormone seks tidak seimbang, depresi hingga susah menjadi hamil. Jika anda mengalaminya maka segera konsultasikan ke dokter kandungan.

3/ Kerusakan pada saluran tuba

Apabila anda tidak juga hamil meskipun sudah lama menikah dan sudah berhubungan seks secara teratur maka bisa menjadi ada masalah pada bagian saluran tuba (tuba falopii). Masalah pada tuba falopii ini bisa diartikan sebagai penyumbatan sebagian atau kedua saluran tuba. Atau bisa juga karena adanya pertumbuhan jaringan parut di dalam area tuba falopii. Jika sudah diketahui bahwa saluran tuba tersumbat, sel-sel telur tentu saja tidak bisa bergerak dari ovarium menuju rahim. Maka sperma tidak bisa dengan meudah membuahi sel-sel telur sehingga kehamilan pun sulit terjadi. Penyakit penyebab susah hamil ini bisa diatasi dengan melakukan operasi rekonstruksi tuba untuk memperbaiki kerusakan pada saluran tuba. Namun apabila kondisi kerusakannya cukup parah maka dokter mungkin akan menyarankan program bayi tabung agar anda bisa cepat hamil yang sehat.

Semoga bermanfaat.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel