Tips Membeli Perlengkapan Bayi yang Aman

5 Apr 2023 12:45 534 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Membeli Perlengkapan Bayi Yang Aman

Membeli atau memilih perlengkapan bayi sama pentingnya dengan memilih makanan yang tepat untuk bayi bersangkutan. Apa yang anda kenakan dibagian kulit luar dari si kecil memiliki efek yang sama dengan makanan yang akan dicerna oleh si kecil. Produk-produk perawatan kulit bayi mempunyai kandungan yang memiliki fungsi untuk memudahkan terserap oleh kulit si kecil lalu masuk ke dalam sistem peredaran darah. Hal inilah yang menjadi faktor terpenting untuk diperhatikan karena tubuh bayi masih berada dalam tahap perkembangan yang kondisinya cukup rapuh. Belum lagi adanya kebiasaan bayi yang suka memasukkan tangan bahkan kakinya ke dalam mulut, sehingga apa yang bunda oleskan ke kulitnya dapat ikut tertelan olehnya. Nah sebagai orangtua, anda perlu mengetahui berbagai jenis bahan-bahan kimia yang berbahaya terkandung dalam produk perawatan si kecil lalu berusaha meminimalisir interaksi si kecil dengan bahan-bahan kimia berbahaya tersebut. Pisahkan mana produk yang tidak dibutuhkan oleh si kecil lalu batasi penggunaannya sehari-hari. Berhati-hatilah karena ada banyak bahan kimia yang diterima tubuh si kecil dapat mengakibatkan kemungkinan terkena asma, gangguan pertumbuhan bahkan kanker menjadi tumbuh membesar.

Sedikit pekerjaan rumah untuk para bunda di rumah, sebelum anda memutuskan membeli suatu produk bagi bayi seperti sampho, sabun, bedak, krim anti matahari hingga losion sekalipun cobalah baca terlebih dahulu bahan-bahan apa saja yang terkandung di dalamnya yang biasanya tertera di kemasan. Jika anda menemukan nama yang belum dikenal, sedikit riset akan membuat para ibu merasa lebih tenang. Jangan sampai produk yang anda berikan berdampak buruk bagi kesehatan si kecil nantinya.

Dalam memilih produk-produk perawatan dan perlengkapan bayi, hindari produk-produk yang mengandung pewangi tambahan. Mulailah menggunakan produk perawatan yang mengandung sebagian besar bahan-bahan natural dari alam yang bisa dengan mudah ditemukan di toko-toko obat.

Harus Dihindari Nama Bahan Kimia Berbahaya Untuk Bayi Dalam Produk Perlengkapan Bayi

Tersebut di bawah ini kami berikan beberapa nama bahan kimia berbahaya untuk bayi dalam produk perlengkapan bayi yang anda beli sebagai berikut :

  • Parabens.
  • Phthalates (DEHP, BBP, DBP, DMP, DEP).
  • DMDM Hydantoin.
  • Triclosan.
  • Sodium Lauryl/Laureth Sulfate.
  • DEA (Diethanolamine).
  • TEA (Triethanolamine).
  • Formaldehyde.
  • PEGs (Polyethylene Glycol).
  • Apa saja yang bertuliskan Glycol/Methyl.

Berbagai jenis bahan-bahan kimia tersebut di atas memiliki dampak medis seperti reaksi alergi dan kerusakan kulit hingga kerusakan saraf dan bisa mengganggu keseimbangan hormone jika digunakan dalam jangka panjang. Hal lain yang perlu bunda waspadai adalah adanya label yang tidak tertera sebagaimana adanya. Maksudnya adalah kemasan produk mungkin dapat menipu. Tulisan-tulisan seperti telah diuji coba oleh dokter, telah diuji coba oleh ahli kulit, tidak beracun, tidak mengandung bahan sintetis dan masih banyak tulisan lain kadang-kadang belum tentu benar adanya. Untuk mengetesnya maka pakikan sedikit olesan bahan ke tubuh si kecil lalu lihat reaksi yang terjadi. Jika bunda tidak ingin mencoba-coba, maka hilangkan produk yang tidak jelas kandungan serta kebenarannya dari daftar perlengkapan bayi anda.

 

Semoga bermanfaat.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel