Tips Membuat Anak Gemuk

28 Mar 2023 16:15 631 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tips Membuat Anak Gemuk

Apakah anda mengetahui alasan kenapa tiba-tiba anak anda malas makan ? Bagaimana cara membujuk anak anda agar suka makan banyak sehingga menjadi gemuk ? Ini adalah pertanyaan yang kerap muncul di kepala para orang tua dimana mereka pastilah merasa khawatir dengan kondisi si kecil yang terlihat kurus dan layu jika dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Perlu diingat bahwa melalui makanan sehat dengan gizi seimbang adalah faktor penting yang memegang peranan besar dalam mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak. Konsultasikan dengan dokter anak tentang beberapa cara untuk menaikkan berat badan anak dimana dokter anak akan melakukan pemeriksaan lebih mendalam berhubungan dengan faktor penyebab anak menjadi susah gemuk. Misalnya adalah apakah anak-anak mempunyai alergi terhadap makanan tertentu, memiliki gangguan pada bagian saluran pencernaan hingga adanya risiko gangguan kesehatan lainnya. Anak juga perlu mengetahui bahwa makan adalah menjadi sebuah kebutuhan dan bukan kewajiban sehingga mereka tidak melakukannya karena terpaksa melainkan karena memang sudah merasa lapar dan ingin makan.

Cara Membuat Anak Mudah Gemuk

Melalui artikel ini kami berikan tentang beberapa tips membuat anak mudah gemuk, antara lain sebagai berikut :

1/ Membiasakan anak makan dengan teratur

Penyebab pertama anak susah gemuk adalah karena adanya jadwal makan yang tidak teratur sehingga anak-anak perlu dibiasakan makan dengan menggunakan jadwal yang teratur baik itu untuk sarapan pagi, makan siang dan juga makan malam. Jadwal makan yang teratur akan membantu menaikkan berat badan anak secara sehat serta membuat anak memperoleh asupan kalori yang cukup guna melakukan aktivitas sehari-hari di dalam maupun di luar rumah.

2/ Siapkan makanan berkalori tinggi

Yang perlu diperhatikan pada langkah kedua adalah anda dapat menyiapkan beberapa makanan berikut yang membantu membuat anak menjadi cepat gemuk karena makanan ini banyak mengandung kalori tinggi diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Alpukat yang mengandung nutrisi kalori dan lemak sehat bisa untuk membantu memenuhi kebutuhan kalori anak-anak. Penyajiannya mudah yaitu dengan cara menghaluskannya menjadi bubur lalu mencampurkan susu atau ASI ke dalamnya.
  • Keju mempunyai kalori tinggi yang bagus dicampurkan ke dalam telur orak-arik atau pasta. Bisa juga dengan menambahkan parutan keju ke dalam beberapa jenis sayuran yang direbus setengah matang saja seperti brokoli, bayam atau wortel.
  • Pisang mengandung energi dan karbohidrat dapat menjadi makanan wajib bagi si kecil diberikan setiap hari. Pisang ini disajikan dengan cara menghaluskan dan mencampurkannya dengan susu atau ASI.
  • Ubi atau kentang adalah makanan berkalori tinggi dan menjadi salah satu makanan yang berfungsi menaikkan berat badan anak. Ubi mengandung gula dan beta karoten dalam jumlah besar sedangkan kentang kaya akan kandungan karbohidart yang bisa membantu menambah berat badan anak. Campurkan ubi atau kentang yang telah dihaluskan ke dalam sup ayam atau bubur.
  • Telur mengandung nutrisi dalam jumlah tinggi yang dapat membantu mencukupi kebutuhan kalori anak anda. Sehingga akan membantu membuat anak mudah menjadi gemuk serta membantu perkembangan otak anak.

3/ Lengkapi asupan nutrisi dalam makanan sehari-hari anak

Supaya anak anda menjadi lebih mudah gemuk, anda perlu melengkapi nutrisi anak dalam hal beragam jenis makanan yang diberikan haruslah mengandung karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan mineral. Ganti bahan makanan yang setiap hari anda buat dengan bahan yang mengandung lemak tinggi contohnya adalah sereal oatmeal bisa ditambahkan dengan susu segar sebagai pengganti air putih. Gunakan minyak zaitun dan kanola, mentega atau mayonais sebagai bahan pelezat masakan serta menambahkan saus krim atau keju pada nasi atau pasta yang akan diberikan kepada anak-anak. Selain lemak, karbohidrat juga merupakan sumber gizi yang kaya kalori dimana anda bisa mendapatkannya dalam campuran bahan dengan menambahkan kismis, buah-buahan kering atau granola sebagai cemilan untuk membuat puding segar, yoghurt madu atau sereal. Berikan juga makanan dengan asupan kalori yang kaya akan vitamin dan mineral yang terkandung dalam beberapa jenis minuman seperti jus buah, susu, yoghurt dan smoothies sehingga anak-anak menjadi lebih tertarik untuk mengkonsumsinya.

Semoga bermanfaat.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel