Tutorial Memasang Akismet Anti-spam

20 Mar 2023 10:47 1112 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Komentar atau Pesan spam adalah tanggapan yang tidak diminta yang berasal dari bot otomatis dan spammer manusia. Masalah ini akan menjadi tak terelakan saat situs web Anda tumbuh dalam lalu lintas dan menarik perhatian yang tidak diinginkan.

Mengaktifkan komentar dan pesan formulir kontak di halaman Anda adalah salah satu cara yang baik untuk meningkatkan tingkat keterlibatan pengunjung pada website Anda. Namun sayangnya, mereka rentan terhadap pesan spam yang biasanya berisi iklan acak dan tautan mencurigakan yang mengarahkan Anda kepada situs web yang tidak relevan.

Jika dibiarkan tanpa pengawasan, spam dapat memengaruhi pengalaman pengguna secara negatif dan membahayakan upaya pengoptimalan mesin telusur (SEO) Anda.

Salah satu cara yang sangat efektif untuk mengatasi spammer adalah dengan memasang plugin anti-spam seperti Akismet Anti-Spam oleh Automattic. 

Apa Itu Akismet Anti-Spam?

Plugin Akismet Anti-Spam adalah aplikasi berbasis cloud yang menyaring spam di situs WordPress Anda. Plugin anti spam ini menawarkan beberapa fitur-fitur yang sangat berguna seperti:

  • Memindai sebuah blog, komentar, dan formulir kontak Anda.
  • Menampilkan URL di badan komentar untuk mengidentifikasi tautan yang menyesatkan.
  • Menetapkan riwayat status untuk setiap komentar yang berguna untuk mengidentifikasi apakah komentar tersebut dihapus oleh Akismet atau moderator.
  • Mengizinkan moderator mengonfigurasi parameter spam seperti kata kunci dan tautan.
  • Fitur pembuangan untuk pemblokiran pesan spam yang signifikan, menghemat ruang disk, dan mempercepat situs WordPress Anda.

Akismet mengidentifikasi komentar spam dari seluruh situs web menggunakan algoritme anti-spam. Setiap kali pengguna memposting komentar, Aksimet memeriksanya berdasarkan basiis datanya. Jika algoritme mengidentifikasi komentar sebagai spam, maka komentar tersebut akan dihapus dari situs web Anda.

Mengapa Harus Menggunakan Akismet?

Untuk mencegah spam komentator di situs web WordPress Anda dengan mempersingkat proses yang memakan waktu dan untuk menghindarkan terjadinya kesalahan. Untuk masalah inilah pemasangan plugin adalah alternatif tebaik .

Ada beberapa faktor yang menjadikan Akismet Anti-Spam menjadi plugin pemblokir spam terbaik diantaranya:

  • Andal - Plugin ini telah memblokir lebih dari 500 juta komentar spam. Dengan database yang sangat luas yang menjadikan plugin ini semakin baik dalam membedakan mana komentar dan spam.
  • Integarasi Jetpack dan Formulir Kontak 7 - dengan manggabungkan kedua platform ini. Layanan ini dapat meningkatkan keamanan situs Anda dan memblokir spam dari pengiriman formulir kontak.
  • Monitor statistik - fitur ini menyediakan data dan aktivitas spam situs Anda. Ini menampilkan grafik spam bulanan dan tahunan.
  • Mudah digunakan - Plugin ini hadir sebagai plugin default untuk situs web WordPress ini memungkinkan Anda untuk mengatur dan mengaktifkannya pun mudah.

Cara Setting Plugin Anti Spam Akismet

Berikut ini cara cara yang sanga mudah untuk menyiapkan Akismet dan menjalankannya di situs Anda.

1. Instal dan Aktifkan Plugin Anti-Spam Akismet

Jika plugin belum terinstal di situs WordPress Anda, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Akses Dasboard WordPress Anda dan buka menu plugin
  2. Pilih opsi Add New dan ketik "Akismet Spam Protection" di bilah pencarian.
  3. Kemudian Instal dan aktifkan plugin tersebut
  4. Setelah aktivasi, perangkat lunak akan meminta Anda untuk mengisi kunci API dikolom yang disediakan.
  5. Biarkan jendela ini tetap terbuka dan ikuti langkah langkah berikutnya di bawah ini untuk mendapatkan kunci API agar dapat mengakses plugin Akismet.

2. Dapatkan Kunci API Akismet

Kunci API berfungsi sebagai kata sandi untuk akun Akismet Anda, dan ini membantu server mengenali Anda sebagai pengguna resmi.

Dengan mengingat hal itu, penting untuk menjaga kemanan kunci API Anda untuk mencegah kesalahan apapun.

Untuk mendapatkan mendapatkan kunci API Anda dapat mengunjungi situs resmi akismet https://akismet.com/

  1. Klik tombol Sign Up untuk memulai mengatur akun.
  2. Pilih paket berlangganan. Tetapi saya disini menggunakan paket gratis karena sebagai contoh.
  3. Isi informasi Anda di kolom yang tersedia. Kemudian, centang semua kotak. Setelah selesai, klik Lanjutkan Dengan Langganan Pribadi.
  4. Akismet akan mengirimkan kode verifikasi pada email Anda. Lalu masukan kode tersebut lalu klik Continue.

3. Tambahkan Kunci API Aksismet

Setelah email terverifikasi, aksismet kemudian akan mengirimkan pesan yang berisis kunci API Anda. Ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk menghubungkan situs WordPress Anda dengan Aksismet.

  1. Kembali ke halaman Aksismet yang tadi
  2. Isi kunci API Anda dan klik Connect with API key.
  3. Konfigurasi preferensi Anda dan simpan perubahan.
  4. Akismet Anti-Spam berhasil ditabahkan ke situs Anda.

Melacak Spam dengan Akismet

Plugin ini memungkinkan Anda dapat memantau aktivitas spam di situs WordPress Anda. Dengan versi gratisnya. Anda akan melihat statistik dasar, seperti jumlah total spam, spam yang terlewatkan, dan positif palsu.

Tags

About The Author

dahlan 24
Novice

dahlan

berbagi ilmu dan pengalaman pkl di Four Vision Media
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel