15 Cara Meningkatkan Keamanan pada WordPress

16 Mar 2023 14:30 774 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
keamanan adalah bagian yang sangat penting dari sebuah website. Ada banyak cara mengamankan sebuah website WordPress yang bisa Anda lakukan agar website Anda terhindar dari serangan cyber crime ataupun virus malware yang mengakibatkan website bermasalah.

Tahukah Anda kalau keamanan adalah bagian yang sangat penting dari sebuah website. Ada banyak cara mengamankan sebuah website WordPress yang bisa Anda lakukan agar website Anda terhindar dari serangan cyber crime ataupun virus malware yang mengakibatkan website bermasalah.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengamankan website Anda.

1. Gunakan Web Hosting Terpercaya

Cara mengamankan WordPress yang pertama adalah memilih layanan hosting dengan fitur keamanan yang lengkap. Hosting ibarat rumah yang menyimpan semua data untuk website Anda. Kalau rumah itu aman, tentu akan jadi lebih baik.

2. Pasang SSL

Jika hosting yang Anda gunakan menyediakan layanan SSL secara gratis, pastikan Ansa mengaktifkannya. Dengan mengaktifkan SSL, komunikasi data akan terenkripsi. Ini merupakan cara mengamankan WordPress yang ampuh karena dapat mencegah peretas mencuri informasi Anda.

3. Gunakan Versi WordPress dan Plugin Versi Terbaru

Sangat penting untuk menggunakan versi WordPress dan versi plugin terbaru karena dapat meningkatkan keamanan website Anda. Karena beberapa bug pada versi sebelumnya sudah di perbaiki dengan begitu hacler akan kesulitan untuk mencari celah.

4. Gunakan Tema dan Plugin dari Website Resmi

Selain menggunakan versi terbaru Anda juga harus memastikan bahwa tema dan plugin WordPress Anda dari pihak website resmi. dengan menggunakan tema dan plugin yang ilegal. Keamanan website Anda dapat teracam.

5. Hapus Plugin dan Tema yang Tidak Dibutuhkan

Jika Anda memiliki tema atau plugin yang tidak digunakan, maka sebaiknya Anda menghapusnya karena tema atau plugin tersebut dapat mempunya celah untuk para peretas.

6. Gunakan Plugin Keamanan Pada WordPress

Untuk meningkatkan keamanan website Anda, pastikan Anda mengintsall plugin kemanan yang tepat untuk memperkuat keamanan website Anda.

Berikut beberpa plugin kemanan terbaik yang dapat Anda install.

  • iThemes Security, plugin ini mampu mendeteksi plugin berbahaya yang Anda pasang, software yang tidak update, dan password yang lemah.
  • Wordfence Security, plugin ini memiliki firewall canggih, monitor website secara real time, scan plugin berbahaya.
  • SecuPress Free, plugin ini mempunyai fitur seperti anti brute force, blokir ip mencurigakan, scan malware, dan segudang fitur lainnya.

7. Lakukan Backup Rutin

Jika memiliki file backup, Anda dapat mencegah terjadinya kerusakan website yang tidak diinginkan dengan melakukan restore ke versi terakhir yang Anda simpan.

Anda juga dapat melakukan backup menggunakan bantuan dari plugin seperti BackupBuddy atau BlogVault.

8. Gunakan Versi PHP Terbaru

Sebagai komponem utama WordPress, pastikan PHP yang Anda pakai mrnggunakan versi terbaru untuk memberikan dukungan kemanan dan mengatasi masalah bug yang bisa saja muncul.

9. Gunakan Username dan Password yang Sulit

Username dan password adalah alses utama untuk membuka sebuah website, jadi Anda harus memastikan bahwa username dan password Anda sulit ditebak oleh orang agar aman.

Username dan password yang benar dan sulit itu terdiri dari huruf kapital, angka, simbol, dan berisi 8 huruf lebih.

10. Gunakan Two-Factor Authentication

Seperti namanya, Two-Factor Authentication merupakan sebuah metode keamanan login dengan dua langkah. Bagusnya kini WordPress telah mendukung fitur kemanan berlapis ini dengan adanya plugin 2FA di WordPress.

11. Berikan Pertanyaan Saat Login

Selain menambahkan password yang unik dan 2FA, Anda dapat menambahkan pertanyaan saat login. Alhasil jika password Anda bocor peretas masih harus mengtahui jawaban dari pertanyaan yang Anda berikan.

Untuk menambahkan fitur ini pada WordPress, Anda hanya perlu menginstall plugin WP Security Question.

12. Batasi Percobaan Login

Secara default, WordPress tak membatasi percobaan login Anda. Efeknya, para peretas dapat dengan bebas melakukan percobaan login dengan password yang berbeda beda sampai menemukan kombinasi yang benar.

Anda dapat mengamankan login Wordpress dengan cara menginstall plugin Limit Login Attempts Reloaded.

13. Terapkan Logout Otomatis

Kemanan website Anda dapat terancam ketika Anda sering meninggalkan komputer dalam keadaan sedang login. Akibatnya siapapun dapat menggunakan komputer tersebut dan mengotak atik WordPress Anda.

Mala dari itu sebaiknya Anda menerapkan logout otomatis jika tak ada aktivitas dalam waltu tertentu. Anda dapat menerapkan logout otomatis menggunakan plugin Inactive Logout.

14. Sembunyikan Versi WordPress Anda

Ternyata menyembunyikan versi WordPress cukup ampuh untuk meningkatkan keamanan, sebab jika para peretas mengetahui bahwa WordPress Anda belum di update itu akan bahaya. Jadi Anda perlu menyembunyikan versi WordPress Anda agar lebih aman.

15. Pasang Anti Virus Pada Perangkat Anda

Cara teralhir mengamankan WordPress Anda adalah dengan menginstall sebuah antivirus di dalam perangkat Anda. Tujuannya untuk mencegah file file berbahaya tak sengaja di upload ke website Anda. Misalnya file terinfeksi virus , file malware, dan sebagainya. Jadi semua file yang Anda upload akan aman dari semua virus malware.

Tags

About The Author

dahlan 24
Novice

dahlan

berbagi ilmu dan pengalaman pkl di Four Vision Media
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel