Tutorial Mengganti Tema di WordPress

7 Mar 2023 14:40 533 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
WordPress merupakan salah satu CMS yang paling mudah digunakan bagi pemula, bahkan cara upload tema WordPress pun dapat dilakukan dengan mudah, baik secara otomatis maupun manual. Anda bisa mengganti tema WordPress sesuai dengan keinginan ataupun kebutuhan.

Apa Itu WordPress?

WordPress sistem manajemen konen (CMS) yang biasa digunakan untuk membuat dan mengelola website atau blog. Sistem WordPress berjalan menggunakan PHP dan database MySQL atau MariaDB. Beberapa fitur unggulan WordPress antara lain adalah plugin dan tema, yang ampu menambahkan berbagai fungsi pada platform ini.

Menurut W3Tech, WordPress sudah menguasai 60% pengguna CMS di belahan dunia seperti Shopify, Drupal, Joomla dan Magento. Itu artinya bahwa pasarwebsie diseluruh dunia hampir semuanya menggunakan WordPress sebagai platformnya.

WordPress merupakan salah satu CMS yang paling mudah digunakan bagi pemula, bahkan cara upload tema WordPress pun dapat dilakukan dengan mudah, baik secara otomatis maupun manual. Anda bisa mengganti tema WordPress sesuai dengan keinginan ataupun kebutuhan.

Cara Install Themes atau Tema Baru di WordPress

Wordpress merupakan platform CMS yang paling banyak memiliki themes atau tema gratis maupun berbayar dengan kualitas yang benar benar bagus. Anda dapat menemukannya dengan mudah di internet, pada library WordPress.org sudah terdapat ratusan hingga ribuan tema gratis.

Jika saat ini Anda ingin membuat website atau blog dengan WordPress jangan khawatir mengenai desain website Anda, karena Anda dappat dengan mudah mendapatkan tema dengan desain-desain menarik baik gratis maupun berbayar. Jadi pada Artikel yang akan saya tulis ini saya akan memberitahukan kepada Anda cara memasang tema pada WordPress.

1. Masuk ke Website Anda

Langkah pertama adalah masuk ke website wordpress Anda dengan cara mengetikan domain web, contohnya di sini nama domain website saya homit.000webhostapp.com.

2. Masuklah Ke Menu Dasbhoard

Masuklah ke menu dashboard wordpress Anda agar bisa mengedit wordpress Anda.

3. Masuklah ke Menu Tema

Masukalah ke munu tema dengan memilih menu tampilan lalu klik tema.

4. Tambah Tema Baru

Disana sudah tersedia banyak tema yang bisa Anda langsung pakai, tetapi disini saya akan menambahkan tema baru agar website saya kelihatan lebih menarik.

5. Pilih Tema

Pilihlah tema yang Anda inginkan, saya menyrankan agar tema website Anda sesuai dengan isi dari website Anda contohya wesite Anda berisi tentang teknologi maka Anda harus menginstall template yang berbau teknologi. Lalu klik Install untuk memasang.

6. Aktifkan Tema

Anda hanya perlu mengklik Aktifkan saja untuk mengaktifkan tema yang sudah Anda install tadi.

7. Pratinjau

Untuk melihat hasil tema yang telah Anda pasang Anda bisa bisa melihatnya dengan cara mengujungi situs Anda.

 

Tags

About The Author

dahlan 24
Novice

dahlan

berbagi ilmu dan pengalaman pkl di Four Vision Media
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel