Langkah Mudah Menanam Tanaman Stroberi di Halaman Rumah

2 Mar 2023 17:40 603 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Langkah Mudah Menanam Tanaman Stroberi Di Halaman Rumah

Tidak hanya banyak mengandung vitamin C, buah stroberi adalah salah satu jenis buah yang memiliki daging mengandung antioksidan, kalsium dan magnesium dalam jumlah seimbang yang bagus untuk menjaga kebugaran tubuh jika dikonsumsi setiap hari secara teratur. Kandungan dalam daging buah stroberi memiliki fungsi seperti membantu mengobati iritasi kulit sehingga bagus digunakan sebagai media kecantikan kulit wajah, mencegah peradangan, membantu memperlancar pencernaan dan menjaga kesehatan jantung terutama diberikan kepada kelompok lansia. Karena memiliki banyak manfaat disertai rasa yang lezat menyebabkan buah stroberi disukai oleh banyak orang sehingga mereka tertarik untuk menanam tanaman stroberi di halaman rumah yang sekaligus bisa difungsikan sebagai tanaman hias.

Untuk menanam tanaman stroberi tidak harus membutuhkan tanah yang luas seperti sebuah kebun atau ladang buah, halaman rumah yang seadanya bisa dijadikan sebagai lahan yang bagus untuk menanam stroberi. Terlihat gampang-gampang susah tetapi jika dilakukan dengan kesungguhan hati maka anda bisa memiliki kebun stroberi mini dalam pot-pot cantik di halaman rumah.

Bagimana Cara Menanam Tanaman Stroberi Di Dalam Pot Halaman Rumah ?

Tanamn buah stroberi tidak harus dibudidayakan di hamparan tanah seperti ladang yang biasanya dibuat dalam skala besar. Karena tanaman buah yang memiliki banyak peminat ini juga bisa dikembangkan sebagai tanaman hias di halaman rumah yang ditata dalam pot sehingga terlihat menarik ketika sedang berbuah dan tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas tetapi bisa menghasilkan buah yang besar dan lebat.

Bagi yang memiliki hobi bercocok tanam tanaman hias, maka bisa mencoba mengembangkan tanaman buah stroberi dalam pot, caranya ternyata sangat mudah dilakukan, simak beberapa langkah yang kami berikan tersebut di bawah ini sebagai panduan agar hobi anda berjalan sukses.

1/ Pertama adalah menyiapkan bibit tanaman buah stroberi unggul yang bisa anda beli di toko buah atau meminta ke petani buah stroberi.

Mulailah untuk mngembangkan hobi bercocok tanam anda dengan cara yang sangat mudah dilakukan yaitu mulai mencari dan menemukan bibit tanaman stroberi, salah satu cara yang umum dilakukan adalah dengan metode transplantasi atau melalui mahkota akar telanjang. Metode ini akan membantu tanaman tumbuh dengan cepat dan subur (terlihat indah) terutama jika dikembangkan dalam wadah berupa pot (meskipun dalam beberapa kasus anda membutuhkan waktu untuk menunggu mahkota akar telanjang dari tanaman ini mulai tidak aktif yang bertujuan untuk merimbunkan atau mempercepat pertumbuhan daun. Selanjutnya perhatikan media tanam, hindarkan tanaman stroberi dari pepohonan lainnya karena pada dasarnya bibit baru tanaman stroberi kurang suka kondisi ramai yang sesak sehingga dalam hal ini berikan jarak untuk meletakkan tanaman ini meskipun sudah dalam pot-pot cantik.

2/ Menemukan tanah yang gembur dan subur, pilih tanah dari ladang, kebun atau dekat sawah.

Mulailah untuk membeli atau mengumpulkan tanah yang kondisinya subur untuk dimasukkan ke dalam wadah berupa pot. Isilah wadah hingga penuh dengan tanah yang sudah anda peroleh tetapi jangat dipadatkan (longgarkan) yang bertujuan untuk dapat menahan kondisi lembab sekitar pot namun tetap memberikan kesempatan dengan cepat untuk mengalirkan kelebihan air melalui lubang-lubang kecil yang ada di bagian bawah pot. Pilihlah wadah berupa pot yang berukuran sedang dilengkapi dengan lubang-lubang drainase di bagian bawahnya.

3/ Mulailah melakukan kegiatan bertanam bibit stroberi yang telah anda pilih dari toko tanaman hias atau ladang pak tani.

Jika pot sudah terisi oleh tanah yang subur dan telah terkumpulkan bibit tanaman stroberi pilihan maka langkah ketiga adalah memulai untuk menanam tanaman stroberi. Yang perlu diperhatikan adalah agar ada pertemuan antara tajuk tanaman stroberi dengan batang yang telah ditumbuhi akar supaya berada tepat di permukaan tanah dalam pot. Lalu bentuk sebuah gundukan tanah berukuran kecil di bagian atas pot dan pastikan akar tanaman tertancap ke dalam tanah dan menyebar di area gundukan tersebut. Tutupi akar-akar yang masih terlihat dengan sisa tanah lalu siram dengan air bersih secukupnya saja (jangan terlalu becek). Jumlah tanah harus disesuaikan dengan besar kecilnya bibit yang dikembangkan asalkan jangan sampai menutupi bagian mahkota tanaman dengan tanah karena menyebabkan bibit kesulitan dalam bernapas dan mengikat makanan dari air dan sinar matahari.

4/ Selanjutnya adalah meletakkan pot-pot yang telah terisi oleh tanaman stoberi pada tempat yang agak luas dan banyak mendapatkan sinar matahari di waktu pagi hari untuk melancarkan proses fotosintesis pada bibit.

Jika pekerjaan menanam bibit-bibit stroberi sudah selesai anda kerjakan dengan benar dan rapi maka selanjutnya adalah meletakkan pot-pot ini di area halaman rumah yang agak luas terhindar dari rimbunnya pepohonan lainnya yaitu disarankan memilih lokasi yang mendapatkan sinar matahari secara berkesinambungan selama delapan sampai dengan dua belas jam dari pagi hari ketika matahari terbit setiap hari yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan tanaman menjadi gemuk, lekas berbunga dan pada akhirnya menghasilkan buah yang berukuran besar dengan rasa manis. Usahakan keseluruhan pot dan bibit yang sudah ditanam mendapatkan sinar matahari supaya pertumbuhan bibit bisa sempurna. Jangan lupa untuk memberikan perlindungan terutama untuk daun dan bunga yang baru tumbuh dari jangkauan hama karena tanaman stroberi yang dikembangkan dalam pot rentan sekali terkena hama seperti gangguan burung gereja, serangga dan hewan pengerat yang berasal dari lingkungan sekitar. Hama ini biasanya akan tertarik dengan tanaman stroberi anda dalam pot karena melihat kehijauan daun stroberi muda yang segar, harumnya bunga stroberi dan kecantikan buah stroberi yang telah matang dengan warnanya yang merah menyala. Maka dari itu berikan pelindung berupa pagar atau jarring-jaring kecil sehingga hama susah menyerang.

5/ Disarankan untuk menyiram tanaman stroberi yang sudah tumbuh dengan baik secara rutin dengan air yang mencukupi (jangan berlebihan) bisa dilakukan pada waktu pagi atau sore hari.

Setiap kali kondisi tanah dalam pot terlihat kering maka segera siram dengan air bersih secukupnya saja yang dapat anda lakukan setiap hari pada waktu pagi atau sore hari terutama ketika kondisi tanah dalam keadaan kering. Penyiraman bisa dilakukan selama dua kali dalam seminggu jika sedang musim hujan karena tanah masih dalam keadaan lembab / basah. Kondisi tanah yang bagus adalah sedikit lembab atau tidak terlalu kering atau basah. Ini juga berlaku terhadap lingkungan sekitar tanaman stroberi diletakkan agar senantiasa lembab guna memberikan buah stroberi yang bagus yaitu besar, berwarna cerah, berair dan rasa manis. Biasanya tanah dalam pot lebih mudah mengering jika dibandingkan tanah biasa di halaman rumah dikarenakan cuaca panas pada waktu siang hari sehingga membutuhkan penyiraman yang rutin dilakukan setiap hari (musim kemarau) pada waktu pagi atau sore hari.

6/ Jika tanaman stroberi sudah memasuki usia remaja maka inilah waktu yang tepat untuk memberikan pupuk.

Berilah asupan makanan tambahan kepada tanaman stroberi dalam pot anda seperti pupuk cair yaitu setiap 3 atau 4 minggu ketika bibit sudah memasuki usia remaja terlihat dari banyaknya daun yang tumbuh. Berikan pupuk dalam takaran yang seimbang terutama ketika memasuki musim gugur karena pada musim ini tanaman stroberi mulai membentuk tunas-tunas perennate yang tumbuh di sekitar mahkota yang kelak akan menjadi bunga dan bakal buah di tahun selanjutnya.

7/ Jika proses tersebut di atas telah dilakukan dengan tepat maka langkah terakhir adalah memberikan perlindungan untuk tanaman stroberi yang telah berhasil tumbuh dengan baik.

Tanaman stroberi yang memasuki usia dewasa akan mulai berbunga dan menghasilkan buah jika dibiarkan dalam kondisi tidak aktif ketika keadaan cuaca di luar rumah sedang memasuki musim dingin. Akar tanaman yang berukuran pendek bisa saja mengalami pembekuan terutama untuk daerah yang beriklim sangat dingin seperti di daerah pegunungan dan daerah-daerah yang memiliki musim salju (musim dingin). Beberapa pot bisa mengalami keretakan jika dibiarkan terlalu membeku karena tanah sebagai bahan membuat pot tidak kuat menahan rasa terlalu dingin tersebut. Langkah perlindungan yang bisa diberikan adalah memindahkan pot-pot ini ke dalam garasi mobil atau ke dalam ruang dapur yang tidak dipanaskan secara buatan atau dalam teras rumah guna melindungi tanaman dari cuaca yang terlalu dingin. Jangan lupa untuk menyiram tanaman stroberi hanya jika terlihat kondisi tanah yang sangat kering dan sekaligus menaburkan mulsa di sekitar pot dalam jumlah seimbang.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel