Mengenal Karakteristik, Sejarah dan Cara Perawatan Kucing Bengal

28 Feb 2023 10:43 1136 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Karakteristik, Sejarah Dan Cara Perawatan Kucing Bengal

 

Kucing Bengal adalah salah satu ras kucing domestik yang memiliki keunikan dibandingkan dengan jenis kucing lainnya yaitu mempunyai pola bulu seperti pada macan tutul atau jaguar. Kucing Bengal pertama kali dikembangkan di Amerika Serikat pada tahun 1970-an dan hingga saat ini sudah banyak dipelihara di seluruh dunia karena memiliki karakter penyayang majikan. Meskipun memiliki tampilan fisik yang terlihat ganas, Kucing Bengal ternyata mempunyai temperamen yang lemah lembut.

Karakteristik Kucing Bengal

Dilansir dari The Spruce Pets, Kucing Bengal adalah termasuk ras kucing yang memiliki otak pintar serta memiliki penampilan menarik dari warna bulunya namun liar. Bengal adalah ras kucing hibrida yang dikembangkan dengan cara mengawinkan Kucing Asian Leopard (Felis Bengalensis) dengan kucing domestik seperti Abyssinian, Egyptian Mau atau American Shorthair.

Meskipun Kucing Bengal memiliki penampilan liar, mereka biasanya memiliki ukuran tubuh tidak lebih besar dari kucing rumahan biasa atau kucing kampung. Mereka akan tumbuh menjadi dewasa dalam waktu sekitar satu tahun sehingga membutuhkan kesabaran dalam memelihara anak-anak Kucing Bengal. Kucing ini juga diketahui mempunyai kepribadian pemuh kasih sayang, suka bermain dan bisa bergaul dengan orang-orang serta hewan peliharaan lain seperti anjing dan babi. Ras Bengal adalah jenis kucing yang berkarakteristik penuh energik dan sangat menyukai ruangan berukuran luas yang bersih dan nyaman untuk bermain.

Sejarah Kemunculan Kucing Bengal

Diketahui bahwa pernah ada upaya untuk mengawinkan Kucing African Leopard dengan ras kucing domestik tetapi perkembangan selanjutnya yang lebih menonjol adalah dari hibrida Kucing Bengal yang pertama kali dikenalkan oleh Jean Sudgen Mill pada tahun 1970-an. Dia mendapatkan seekor kucing ini dari seorang peneliti genetika bernama Dr. Willard Centerwall yang memelihara jenis kucing ini untuk tujuan mempelajari genetika mereka. Jean Mill membiakkan kucing hibirida dengan kucing rumahan guna menghasilkan ras yang memiliki sifat dan kepribadian sebagai kucing rumahan tetapi di sisi lain memiliki tampilan beda yaitu lebih eksotis. Kemudian beberapa orang mulai berani berskperimen dengan cara mengawinkan Kucing African Leopard dengan Egyptian Mau untuk mendapatkan jenis Bengal yang berkarakteristik kuat.

Kucing Bengal pertama kali diakui sebagai ras percobaan oleh Asosiasi Kucing Internasional (TICA) pada tahun 1983, dan baru mendapatkan pengakuan penuh oleh dunia pada tahun 1993. Pertama kali Kucing Bengal mendapatkan pengakuan dari kelompok lainnya seperti Cat Fancier’s Association, American Cat Fancier’s Association, Canadian Cat Association, United Feline Organizations dan Governing Council of the Cat Fancy.

Tips Perawatan Kucing Bengal

Ras Kucing Bengal sama seperti kucing rumahan pada umumnya yang tidak memerlukan perawatan khusus tetapi tetap saja harus memperhatikan kebutuhannya akan kebersihan dan perawatn lainnya agar bisa tumbuh sehat. Perhatikan penjelasan kami tersebut di bawah ini.

1/ Perawatan umum

Anda mulai bisa merawat Kucing Bengal setiap minggu dengan cara menyisir bulu-bulu mereka untuk tujuan menghilangkan bulu rontok yang sudah mati sekaligus membantu mencegah hairball. Perhatikan juga kondisi kuku mereka, potonglah kuku kucing anda setiap beberapa minggu sekali. Juga pastikan kotak pasir kucing dalam keadaan selalu bersih.

2/ Perhatikan untuk menyediakan mainan mereka

Kucing Bengal aktif dan suka melompat-lompat, jadi sebaiknya anda sediakan pohon panjat lalu beri kesempatan bagi kucing-kucing ini untuk menemukan tempat bertengger agar mereka bisa mengamati ruangan dan isinya. Pilihkan mainan interaktif yang berfungsi sebagai media untuk bisa melibatkan Kucing Bengal secara aktif dan lebih bebas. Habiskan waktu bermain bersama-sama dengan cara melatih kucing untuk bisa mengambil dan menangkap titik-titik laser.

3/ Kucing Bengal sangat menyukai air

Tidak seperti jenis kucing lainnya, Kucing Bengal menyukai air, ini adalah salah satu sifat yang tidak dimiliki oleh kebanyakan kucing rumahan. Maka dari itu anda harus berhati-hati agar akuarium di dalam rumah anda atau kolam ikan di halaman rumah tidak menjadi objek mainan mereka. Seperti kucing rumah lainnya, ras Bengal paling cocok dipelihara di dalam ruangan yang luas dan bersih serta jarang ada furnitur. Hal ini dilakukan untuk melindungi mereka dari tertular penyakit dari hewan peliharaan lain yang sedang sakit, berkelahi atau ditabrak kendaraan jika keluar ruangan.

Semoga bermanfaat.

 

    

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel