Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Kucing Persia

1 Mar 2023 21:10 1014 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pertimbangkan Ini Sebelum Membeli Kucing Persia

 

Anda pasti sudah mengenal yang namanya Kucing Persia ? Kucing Persia adalah salah satu jenis ras kucing yang saat ini banyak diperjual-belikan di petshop, pasar hewan dan tempat-tempat lainnya di area kota. Karena Kucing Persia adalah salah satu jenis kucing yang memiliki bentuk wajah imut-imut menggemaskan sehingga mampu memikat hati siapa saja untuk membeli lalu memeliharanya di rumah sebagai hewan kesayangan.

Apabila anda berencana untuk membeli seekor Kucing Persia dan merawatnya di rumah, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal agar tidak membuat anda terkejut di kemudian hari karena faktanya adalah Kucing Persia memiliki beberapa karakteristik yang berbeda dengan jenis kucing lainnya terutama bagi anda yang terbiasa memelihara kucing kampung yang datang begitu saja ke rumah lalu anda beri makan dan kucing-kucing ini beranak menjadi semakin banyak jumlahnya.

Dilansir dari Pet Helpful, Sabtu (15/10/2022), berikut di bawah ini ada delapan hal yang perlu dipertimbangkan sebelum anda membeli Kucing Persia.

1/ Perhatikan biaya yang akan dikeluarkan untuk membeli

Perlu anda ketahui bahwa harga jual Kucing Persia di pasaran sejak dulu cukup mahal. Seorang penjual Kucing Persia dapat saja memberikan harga tinggi untuk anak-anak Kucing Persia yang sehat, mulai dari ratusan ribu hingga belasan juta rupiah.

2/ Kesulitan dalam mendapatkan warna yang diinginkan

Untuk bisa mendapatkan warna anak kucing yang paling anda inginkan, kemungkinan hal ini bisa sangat sulit. Umumnya warna yang beredar di pasaran saat ini adalah abu-abu dank rem tampaknya menjadi warna yang paling populer. Apabila anda ingin Kucing Persia yang memiliki warna-warna lain yang lebih istimewa maka harus bersabar. Untuk jangka waktu singkat mungkin anda tidak mendapatkan warna Kucing Persia yang sempurna.

3/ Perlu sering disisir

Kucing Persia perlu disisir lebih sering dan teratur atau disikat setiap hari. Jadi jika anda memutuskan untuk memelihara ras Kucing Persia maka harus meluangkan waktu senggang guna menyisir bulu-bulu halusnya setiap hari. Jika Kucing Persia milik anda berbulu kapas (adalah jenis bulu yang sangat lembut), rutin menyisirnya sangat penting untuk dilakukan. Jangan biarkan bulunya melilit di sekitar perut atau di bawah lengan dan kaki, bulu-bulu kotor dan gimbal bisa saja menarik kulit lembut mereka sehingga kucing bisa merasa gatal atau kesakitan.

4/ Kucing Persia perlu dimandikan secara rutin

Idealnya Kucing Persia membutuhkan untuk mandi bulanan. Dalam beberapa kasus, degreaser (jenis sampo untuk kucing) perlu diperhatikan mereknya agar cocok dengan kulit kucing peliharaan anda. Mandi bulanan sangat penting untuk dilakukan guna menjaga bulu kucing tetap dalam kondisi bersih dan bebas dari kusut dan gimbal.

5/ Perhatikan biaya grooming

Bahkan jika anda sudah rutin menyisir bulu-bulunya setiap hari, kemungkinan anda masih harus membawanya ke groomer yaitu setiap enam bulan hingga satu tahun. Nah dalam hal ini apakah anda sudah siap untuk menghabiskan tidak sedikit uang untuk grooming Kucing Persia anda ?

6/ Perhatikan Kucing Persia berwajah datar vs berwajah tradisional

Di pasaran dijual dua jenis Kucing Persia yaitu yang memiliki wajah datar dan tradisional. Untuk bisa memilih Kucing Persia yang tepat biasanya merujuk pada preferensi pribadi.

7/ Masalah yang berhubungan dengan mata dan saluran hidung

Rata-rata Kucing Persia yang berwajah datar lebih lucu tetapi mereka sangat rentan mengalami drainase di bagian mata yang cukup serius di sekitar wajah mereka serta hidung tersumbat. Beberapa Kucing Persia berwajah datar dapat menghadapi masalah kesehatan dalam jangka panjang. Sedangkan Kucing Persia tradisional mempunyai struktur hidung yang memungkinkan saluran yang tepat sehingga memiliki kondisi kekebalan tubuh yang lebih kuat. Semakin datar wajah maka semakin tinggi kemungkinan untuk mengalami alergi dan pilek. Kucing Persia tradisional perlu dibersihkan di area mata karena mereka cenderung rentan terhadap kotoran mata.

8/ Kucing Persia adalah kucing dalam ruangan

Kucing Persia adalah salah satu jenis kucing rumahan yang paling mudah jinak dibandingkan dengan semua jenis kucing lainnya. Mereka seharusnya bukan dijadikan sebagai kucing luar ruangan seperti yang dilakukan oleh kucing kampung. Seperti diketahui bahwa Kucing Persia pernah dimiliki oleh para raja dan selir di seluruh dunia sehingga sampai saat ini jenis kucing ini layak mendapatkan kehidupan yang tenang, merupakan kehidupan dambaan mereka dibesarkan di dalam ruang rumah yang aman dan nyaman. Meskipun kadang-kadang ada Kucing Persia yang bisa hidup di luar ruangan, ini sebenarnya bukan sesuatu yang sejalan dengan konstitusi alami mereka.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel