Kompleks Urusan Memilih Makanan Kucing, dari Bolt Sampai Royal Canin

28 Feb 2023 18:50 714 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kompleks Urusan Memilih Makanan Kucing, Dari Bolt Sampai Royal Canin

 

Meskipun terlihat sepele, anda membutuhkan banyak pertimbangan dalam hal memilih makanan kucing peliharaan anda di rumah seperti dari faktor kecocokan sampai dengan urusan harga terutama untuk anda yang memiliki banyak kucing. Kucing yang banyak di rumah membutuhkan sebuah kesabaran yang luar biasa terutama dalam hal perawatan dan pemilihan makanan kucing yang sehat.

Kesukaan akan kucing biasanya muncul tanpa disadari seperti ketika secara tak sengaja ada seekor kucing mendadak datang ke halaman rumah anda dengan penampilan yang lucu, imut-imut dan menggemaskan lalu mudah akrab dengan anda. Meskipun yang sebenarnya anda adalah bukan tipe orang yang sangat menyayangi kucing, juga bukan membenci keberadaan kucing di sekitar anda, ketika mulai tumbuh rasa suka terhadap kucing maka ini bisa menjadi awal anda untuk mulai memperhatikan kucing dan lama-kelamaan akan tumbuh rasa ingin memelihara seekor hingga berkembang menjadi banyak dan pada akhirnya anda menjadi salah satu fans kucing. Anda akan membiarkan kucing-kucing tersebut bermain di halaman rumah bahkan sekali waktu menyediakan makanan khusus untuk mereka.

Sekali rumah anda kedatangan tamu tak diundang seperti seekor kucing dan jika dibiarkan begitu saja maka kucing ini bisa mengajak teman-temannya untuk mampir ke rumah anda. Kucing-kucing ini bisa berkembangbiak seperti beranak-pinak dari dua menjadi tiga lalu delapan dan pada akhirnya rumah anda akan dipenuhi oleh kucing sebagai hewan peliharaan. Untuk mencegah makin banyak kucing beranak di rumah maka sebaiknya kucing-kucing tersebut disterilkan saja. Ini akan membantu jumlah kucing berkurang atau mereka menjadi berkurang karena banyak faktor seperti mati karena penyakit, kalah kelahi antar sesama atau menghilang begitu saja. Meskipun demikian kucing akan terus berada dalam rumah karena aka nada kucing yang lainnya masuk.

Sebenarnya memelihara kucing tidak begitu merepotkan, yang terpenting adalah memperhatikan makanan yang akan diberikan kepada kucing-kucing tersebut agar sehat. Untuk orang awam biasanya memberikan makanan asal saja seperti potongan ikan pindang, kadang-kadang kepala dan ceker ayam atau dikasi telur rebus. Namun semakin banyaknya jumlah kucing yang anda pelihara maka mulailah mencoba untuk memberikan makanan khusus untuk mereka yaitu makanan yang benar-benar untuk kucing bukan makanan manusia yang kebetulan kucing juga doyan. Untuk langkah awal berikan Whiskas butiran. Merek makanan kucing ini banyak yang memilih karena mudah tersedia hampir di semua pet shop atau bisa membelinya di Indomaret dekat rumah anda. Tetapi saat ini harga Whiskas di pasaran mulai mahal, untuk kemasan Whiskas 1,2 kilo harganya sekitar 70 ribu rupiah padahal kemasan segitu bisa habis kurang dari satu minggu. Anda bisa membutuhkan sampai 300 ribuan per bulan hanya untuk membeli makanan kucing. Saran kedua adalah coba ganti makanan kucing anda dengan jenis yang lebih murah. Dengan penuh pertimbangan terutama dari faktor ekonomi, disarankan untuk mengganti Whiskas dengan Bolt. Ini bisa menjadi pilihan yang masuk akal karena Bolt ini harganya sangat murah yaitu hanya 20 ribuan per kilo, keduanya sama-sama berkelir ungu namun Bolt jauh lebih ekonomis dibandingkan Whiskas yang harganya tiga kali lipat. Dengan Bolt dijamin kucing-kucing anda akan doyan makan meskipun faktanya memiliki rasa yang kurang enak sehingga bisa membuat kucing-kucing anda ngambek makan. Jika ini yang terjadi maka jangan kuatir, makanan kucing bisa diganti lagi dengan merek yang lainnya seperti yang kami rekomendasikan yaitu makanan kucing merek Felibite dan Me-O. Menurut pendapat banyak orang, kedua merek ini banyak disukai oleh kucing peliharaan di rumah dan kelebihannya adalah dijual dengan harga lebih murah dari merek Whiskas. Keduanya dijual dengan harga 40 ribuan per kilonya. Dan jika diperhatikan, kucing akan cenderung menyukai merek Me-O dengan rasa yang sangat mirip dengan Whiskas. Anda bisa menggunakan merek Me-O selama berbulan-bulan untuk kucing-kucing peliharaan anda di rumah agar doyan makan dan sehat dengan melihat kondisi tubuh mereka yang terlihat lebih gemuk dan mempengaruhi pertumbuhan bulu-bulunya semakin lebat dan tampak berkilau.

Meskipun produk Me-O dikenal sebagai makanan kucing yang hampir memenuhi syarat sempurna untuk menjadi langganan kucing-kucing anda di rumah, faktanya adalah memasuki masa setahun anda memberikan merek ini kadang-kadang beberapa kucing menampakkan sikap enggan makan dengan lahap seperti biasanya. Untuk mengatasinya cobalah berikan makanan basah (wet food) karena makanan basah cenderung mudah disukai oleh kucing karena menonjolkan bau amis yang sangat disukai oleh kucing. Contohnya adalah Whiskas sachet yang harga ecerannya sekitar 7 ribu rupiah per 85 gram. Campur dengan Me-O butiran, dijamin kucing-kucing anda akan kembali bergairah makan dengan lahap. Dari kondisi ini bisa ditarik kesimpulan bahwa kucing perlu variasi makanan agar tidak mudah merasa bosan. Di beberapa pet shop atau di Indomaret di Indonesia biasanya dijual beberapa merek makanan kucing dengan harga jual dan rasa yang berbeda-beda. Anda bisa berkenalan dengan produk-produk Royal Canin kemasan 400 gram dihargai sekitar 58 ribu. Faktanya adalah Royal Canin bisa membantu membangkitkan semangat makan kucing-kucing khususnya kelompok kucing yang bermasalah dengan makanan lamanya karena banyak hal. Usut punya usut, jika kucing sudah terbiasa diberi makan makanan enak (yang pada umumnya lebih mahal), mereka akan secara otomatis mempunyai standar tinggi atas makanannya. Mereka akan menjadi kurang berselera ketika diberi makanan yang memiliki kualitas di bawah makanan yang biasa mereka makan. Inilah yang menyebabkan kucing menjadi agak kurang berselera. Untuk mengatasinya adalah dengan memberikan makanan selingan seperti makanan kucing basah versi kalengan dan bukan yang sachet. Harga makanan kucing basah versi kalengan di pasaran Indonesia lebih ekonomis dibandingkan yang sachet jika dihitung berdasarkan berat kemasan.

Makanan kucing basah benar-benar bisa menjadi andalan, karena selain harganya yang cukup ekonomis, anda juga bisa melakukan inovasi penghematan dengan mencampurkannya bersama nasi putih. Satu kaleng wet food harga 17 ribu bisa untuk makan empat hari dengan dicampur nasi. Memang memilih makanan kucing itu lebih ribet dan untung-untungan.

Semoga bermanfaat.

 

   

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel