Fungsi Lingkungan Hidup Untuk Manusia

2 Mar 2023 13:15 762 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fungsi Lingkungan Hidup Untuk Manusia

Lingkungan hidup adalah segala hal yang erat hubungannya dengan hal-faktor yang berada di sekitar kehidupan manusia dimana keberadaannya secara langsung atau tidak langsung memberikan pengaruh besar terhadap kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup lainnya. Lingkungan hidup merupakan semua hal yang berada di sekitar kehidupan manusia yang keberadaannya secara langsung maupun tidak langsung sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup lainnya. Lingkungan hidup bisa juga merujuk kepada suatu sumber daya yang keberadaannya turut serta dalam menjamin kelangsungan hidup makhluk hidup di sekitarnya baik itu manusia maupun makhluk hidup yang lainnya.

Dikenal 3 unsur lingkungan yaitu : 

1/ Unsur hayati / biotik adalah unsur-unsur lingkungan hidup yang di dalamnya terdiri dari segala jenis makhluk hidup mulai dari manusia, hewan, tumbuhan maupun organisme atau jasad renik lainnya.

2/ Unsur fisik / abiotik adalah segala unsur dari lingkungan yang di dalamnya terdiri dari benda-benda mati seperti air, udara dan lain sebagainya.

3/ Unsur sosial budaya adalah unsur dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh manusia dimana di dalamnya terdapat nilai, gagasan, norma, keyakinan, serta perilaku manusia sebagai makhluk sosial atau makhluk yang tidak dapat hidup mandiri.

Ketiga unsur tersebut di atas satu dengan yang lainnya saling mempunyai keterkaitan atau hubungan erat sekali. Contohnya adalah keberadaan unsur-unsur fisik seperti air dan udara merupakan faktor penting guna keberlangsungan hidup makhluk hidup.

Dari definisi lingkungan hidup di atas, anda dapat menyimpulkan bahwa lingkungan hidup merupakan tempat atau pusat kehidupan manusia dimana keberadaan lingkungan hidup telah banyak menyumbangkan fungsi untuk keberlangsungan kehidupan khususnya manusia, antara lain sebagai berikut :

1/ Sebagai tempat untuk bertahan hidup

Lingkungan hidup merupakan sebuah tempat dimana di dalamnya ada unsur-unsur yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya seperti :

  • Tersedianya udara yang sangat dibutuhkan untuk melakukan sistem pernafasan yang optimal bagi manusia maupun makhluk hidup lainnya. Udara dalam hal ini memiliki tujuan untuk membantu proses fotosintesis pada kelompok tumbuh-tumbuhan.
  • Tersedianya sinar matahari yang berguna sebagai sumber energi cahaya.
  • Tersedianya air yang bisa dimanfaatkan untuk minum, mandi, irigasi, pembangkit listrik dan lain sebagainya.

2/ Sebagai tempat untuk bersosialisasi

Manusia adalah salah satu mahkluk sosial dimana mereka tidak mampu hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari sesamanya. Lingkungan hidup dalam hal ini menjadi tempat yang strategis bagi manusia untuk menciptakan tempat tinggal yang baik dimana dalam satu lingkungan tersebut terdiri dari sekumpulan manusia yang hidup saling berdampingan, bekerja sama dan saling membantu.

3/ Sebagai tempat untuk mencari kekayaan

Ada banyak kekayaan alam yang ada dalam lingkungan hidup seperti keberadaan barang-barang tambang yaitu emas, perak, batu bara, nikel, minyak bumi dan barang tambang lainnya. Barang-barang tambang tersebut adalah sebagai salah satu sumber utama bagi pendapatan manusia dimana nantinya bisa diolah menjadi berbagai jenis produk seperti perhiasan, bahan bakar dan lain sebagainya. Barang-barang tambang tersebut seperti halnya hewan dan tumbuhan turut serta mendukung perekonomian manusia seperti untuk peternakan, pertanian, nelayan maupun sebagai bahan baku serta bahan mentah untuk industri.

4/ Tempat untuk mendapatkan hiburan

Dalam hidup ini manusia tidak hanya membutuhkan makanan, pakaian maupun tempat tinggal saja akan tetapi mereka juga memerlukan hiburan agar terhindar dari rasa jenuh dan stres. Di lingkungan sekitar anda ada banyak hal yang mampu menyediakan sarana atau prasarana untuk tujuan mencukupi kebutuhan tersebut seperti tersedianya danau, gunung-gunung, taman, peternakan, pantai dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel