Mengenal cPanel

22 Feb 2023 12:20 565 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
sebuah panel kontrol yang akan memudahkan pengguna dalam kegiatan mengelola situs web
  • Mengenal cpanel hosting.

Pada dasarnya cPanel adalah sebuah panel kontrol yang akan memudahkan pengguna dalam kegiatan mengelola situs web maupun server.
Dengan adanya alat ini maka sebagai pengguna kita bisa dengan mudah mempublikasikan situs web, mengatur file di website, mengelola domain dan hosting, serta berbagai macam lainnya.

  • Fungsi dari cPanel Hosting.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, panel kontrol memiliki peran yang sangat penting,Karena bisa memudahkan penggunanya dalam mengelola situs web, mengelola file di situs web hingga menambahkan beberapa aplikasi yang akan membuat performa website semakin optimal. adapun fungsi dari cPanel Hosting adalah seperti berikut:

  1. Melakukan backup file pada situs web dan dapat memudahkan pengelolaannya.
  2. Membuat pengaturan file dan memudahkan manajemen cloud.
  3. Memudahkan pengaturan software pada situs web.
  4. Untuk pengaturan konfigurasi PHP dan database.
  5. Dapat memudahkan pemasangan software CMS seperti WordPress, Drupal, Joomla dan lain sebagainya.
  6. Membuat serta mengelola domain maupun subdomain.
  7. Pengaturan password dan keamanan situs web dan melakukan analisis statistik metrik.
  • Fitur cPanel dan Kegunaannya.

Fitur yang tersedia di cPanel cukup banyak dan tentunya sangat penting bagi kamu untuk mengetahuinya.karena fitur tersebut memiliki kegunaan yang cukup beragam sehingga akan mengoptimalkan fungsi cPanel.
Berikut adalah fitur cPanel:

  1. File Manager.Sesuai dengan namanya, fitur ini berfungsi untuk pengaturan file pada website kamu, sehingga memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai macam aktivitas,seperti memposting atau upload, membuat atau menghapus file, serta edit file tanpa perlu FTP atau aplikasi lainnya.
  2. Fitur ini juga akan memudahkan kamu dalam menghapus data maupun cache yang kurang penting,bahkan ada pula menu image yang akan memudahkan kamu mengelola gambar di dalam situs web.
  3. Site Publisher.Kalau fitur yang satu ini akan sangat berguna buat kamu yang ingin membuat situs web dengan cepat melalui berbagai jenis template yang sudah tersedia,jadi kamu bisa dengan mudah membuat situs web tanpa perlu bingung menentukan desainnya akan seperti apa.
  4. Disk Usage.Fungsi dari cPanel hosting yang cukup penting juga tidak terlepas dari fitur Disk Usage yang disematkan pada panel kontrol ini,dengan adanya fitur ini maka kamu bisa mengetahui besaran kapasitas yang masih tersedia pada setiap folder,bukan hanya itu saja, melalui fitur ini kamu  lebih mudah untuk mengetahui aplikasi apa saja yang ukurannya besar sehingga dapat menyebabkan ruang database cepat penuh.
  5. Bandwidth.Fitur yang satu ini tidak kalah penting dari ketiga fitur yang telah dijelaskan sebelumnya,karena dengan adanya fitur Bandwith ini kamu bisa mengecek penggunaan bandwith serta berbagai macam aktivitas seperti POP, FTP hingga HTTPs,dengan kata lain, fitur ini akan memberikan kemudahan pada aktivitas pengaturan serta pengelolaan kebutuhan di web hosting.
  6. Backups.Fitur ini biasanya disediakan oleh penyedia layanan hosting, bahkan yang murah sekalipun,fungsi dari cPanel hosting backup sangat penting karena memungkinkan kamu untuk melakukan backup semua data sehingga akan lebih aman,apalagi bisa diatur sesuai kebutuhan.
  7. TP Session Control.Kalau fitur TP Session Control akan sangat berguna untuk mengetahui siapa saja yang login ke situs kamu melalui FTP,jadi jika ada yang tidak izin terlebih dahulu untuk mengakses bisa langsung dihentikan dengan cara yang mudah.
  8. FTP Accounts.Melalui fitur ini kamu bisa membuat akun FTP dan nantinya bisa dengan praktis membuat maupun membatasi aktivitas,sehingga hanya bisa upload dan download dari direktori tertentu saja,namun untuk menggunakannya diperlukan aplikasi dari pihak ketiga.
  9. Remote MySQL.Fitur lainnya adalah Remote MySQL yang akan memungkinkan kamu untuk mengakses database secara langsung tanpa perlu login terlebih dahulu ke cPanel,dalam hal ini kamu juga bisa memanfaatkan program lain dari pihak ketiga seperti MySQL, Navicat dan HeidiSQL.
Tags

About The Author

Mochamad Rafli Mahendra 21
Novice

Mochamad Rafli Mahendra

Mempelajari Dan Mengenal FOUR VISION MEDIA
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel