FTP? Apa itu?

22 Feb 2023 15:20 535 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
dengan adanya FTP bisa memudahkan dalam mengunggah data
  • Apa itu FTP.

Protokol Transfer Berkas adalah protokol komunikasi standar yang digunakan untuk mentransfer berkas komputer dari sebuah peladen ke sebuah klien pada jaringan komputer.

  • Sejarah.

Spesifikasi dari Protokol Transfer Berkas ditulis oleh Abhay Bhushan di publikasikan sebagai RFC 114 pada 16 April 1971,sampai 1980, FTP berjalan pada NCP, pendahulu dari TCP/IP,protokolnya diganti oleh sebuah versi TCP/IP, RFC 765 (Juni1980) dan RFC 959 (Oktober 1985), spesifikasi saat ini.ada beberapa standar yang diusulkan diubah RFC 959, sebagai contoh RFC 1579 (Februari 1994) mengaktifkan FTP Ramah-Dinding api (mode pasif), RFC 2228 (Juni 1997) mengusulkan ekstensi keamanan, RFC 2428 (September 1998)yang menambahkan dukungan untuk IPv6 dan mendefinisikan jenis mode pasif baru.

  • Kelebihan dan Kekurangan.

Kelebihan dari FTP

  1.  FTP bisa memudahkan dalam mengunggah data
  2. FTP bisa mentransfer data
  3. Pada FTP online terdapat fasilitas untuk mengupload data ke server dalam jumlah banyak sekaligus jadi tidak satu persatu dalam penguploadan.
  4. Pada FTP bisa melayani menukar file
  5. FTP merupakan versi paling gres juga dilengkapi dengan seperangkat program audit dan penanganan account.

Kekurangan dari FTP

  1. FTP adalah cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file karena file dikirimkan tanpa di enskripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear teks,mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format binary.
  2. Keamanan dan kemudahan penggunaan sering kali bentrok dan menjadi dilema bagi para administrator sistem.
  3. Desain FTP masih lemah sehingga mengakibatkan tidak terinformasinya bagi para administrator sistem mengenai risiko yang mereka hadapi.

Cara kerja.

  1. Port standard FTP adalah 21 (pada server).
  2. Pada sisi server, FTP server menunggu incoming connection di port 21 (default).
  3. FTP client mencoba connect ke FTP server dengan memasukan user password nya (biasanya FTP memiliki sistem autentikasi tersendiri.)
  4. FTP server melakukan pengecekan apakah user dan passwordnya valid,jika valid maka akan berlanjut ke tahap selanjutnya, jika tidak valid maka akan diminta memasukan user atau password yang lain beberapa kali, jika tetap invalid maka koneksi pasti akan diputuskan.
  5. Setelah user tervalidasi maka FTP client dapat mengunduh atau mengupload ataupun menghapus file yang terdapat di server, tergantung dari hak akses yang dimiliki.

PROSES PADA FTP

  1.  Upload Proses transfer data dari komputer local ke komputer server yang menyediakan akses FTP.
  2. Download Proses transfer data dari komputer server ke komputer local.

Jenis-jenisnya

  1. FTP User FTP user adalah FTP yang dapat di akses dan memiliki permisi hanya di batasi hanya untuk user tertentu,karena FTP user disertakan suatu autentifikasi bila kita akan mengakses ke dalam nya,format dari FTP user: ftp://user@host.domain.
  2. FTP Anonymous FTP anonymous artinya FTP yang disediakan secara anonymous/ tanpa nama, dengan kata lain FTP tersebut dapat di akses oleh siapapun dan biasanya tanpa password ataupun bila diminta password,biasanya server meminta alamat email kita sebagai password nya untuk verifikasi,format dari FTP anonymous: ftp://ftp5.freebsd.org.

Secara Global:

  1. FTP server adalah komputer server yang memberikan akses FTP ke jaringan local maupun Internet,berbagai software pembangun FTP server antara lain adalah FTPd, Pro-FTPd, Wu-FTPd, FTPX, Troll-FTPd .
  2. FTP client adalah komputer yang meminta koneksi ke FTP server untuk tujuan menukar file,ada beberapa macam jenis FTP client.
Tags

About The Author

Mochamad Rafli Mahendra 21
Novice

Mochamad Rafli Mahendra

Mempelajari Dan Mengenal FOUR VISION MEDIA
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel