Apa itu FTP?

22 Feb 2023 18:20 900 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
FTP atau yang sering disebut juga File Transfer Protocol adalah layanan servis internet yang dirancang untuk membuat sambungan ke server internet maupun komputer dengan tujuan untuk mengirimkan atau menukar data berupa file.

Pengertian FTP

FTP atau yang sering disebut juga File Transfer Protocol adalah layanan servis internet yang dirancang untuk membuat sambungan ke server internet maupun komputer dengan tujuan untuk mengirimkan atau menukar data berupa file.

Di servis ini terdapat 2 istilah yang harus diketahui yaitu user yang mengirimkan file ke server sering disebut dengan upload, sedangkan user yang mengirimkan file ke komputer disebut download.

Selain itu, didalam FTP terdapat FTP server dan FTP client. Apa itu? FTP server adalah server yang memberikan service penukaran file dari permintaan FTP client. Sedangkan FTP Client adalah komputer yang Anda gunakan ketika melakukan pertukaran data.

Berikut adalah contoh-contoh aplikasi FTP:

1. FileZilla

FileZilla adalah salah satu aplikasi FTP Client yang sering digunakan oleh banyak orang. Fungsi dari FileZilla adalah melakukan koneksi remote di berbagai sistem operasi seperti Linux dan Windows.

Inilah yang menjadikan FileZilla sangat fleksibel dan juga FileZilla dapat melakukan transmisi simultan. Adapun kekurangannya memerlukan waktu yang cukup lama untuk melakukan upload file jika dibandingkan dengan jenis-jenis FTP lainnya.

2. WinSCP

WinSCP sering digunakan oleh user yang menggunakan perangkat windows. Keunggulan dari FTP ini adalah dengan adanya dukungan SSH password, public key, otentikasi Kerberos, dan juga memliki keyboard interaktif.

3. FTP GPTF

FTP jenis ini hanya dapat dijalankan pada sistem operasi Linux. FTP ini telah mendukung beberapa protokol seperti FTP, HTTP, FSP, FTPS, SSH, dan HTTPS. Namun, FTP GPTF hanya dapat digunakan antar jaringan lokal saja.

Fungsi Utama FTP

Fungsi utama dari FTP adalah untuk memudahkan pengguna mengirim atau mengunduh data antar komputer melalui koneksi internet. Adapun fungsi lain dari FTP antara lain:

  1. Dapat melakukan transfer 2 arah
  2. Dapat melakukan transfer dengan mudah bahkan dengan ukurang yang besar
  3. Dapat melakukan backup
  4. Dapat melakukan upload halaman website pada server hosting
  5. Dapat melakukan download file dari publik

Cara Menggunakan FTP

Berikut ini langkah-langkah untuk menghubungkan komputer dengan FTP server:

  1. Ketikan ftp://ftp.namadomain.com menggunakan web browser Anda. Kemudaian ubah nama domain dengan URL website yang ingin Anda gunakan.
  2. Gunakan command prompt untuk windows dan terminal untuk Mac/Linux.

Setelah Anda lakukan perintah diatas, langkah selanjutnya adalah menggunakan FTP Client. Disini kita akan menggunakan aplikasi yang sering digunakan oleh banyak orang yaitu FileZilla. Berikut adalah cara menggunakan FileZilla:

  1. Buatlah akun FTP di cPanel melalui FTP accounts.
  2. Isilah dengan detail FTP akun yang ada.
  3. Kemudian Create FTP Account.
  4. Jika sudah terbuat, klik Configure FTP Client untuk melihat informasi koneksi FTP.
  5. Lakukan koneksi FTP server dengan FileZilla melalui fitur Quickconnect atau Site Manager.
  6. Jika Anda melakukan menggunakan Quickconnect anda hanya perlu mengisi kolom Host, Username, Password, dan Port kemudian klik tombol Quickconnect di tampilan awal FileZilla
Tags

About The Author

dahlan 24
Novice

dahlan

berbagi ilmu dan pengalaman pkl di Four Vision Media
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel